Tidak ada salahnya untuk bermimpi jadi YouTuber, apalagi jika Anda memiliki talenta dan karya yang bermanfaat untuk orang banyak. Masukkan ke bucket list atau daftar keinginan Anda sekarang juga. Tidak ada yang tidak mungkin, jalan untuk menjadi YouTuber dapat dimulai dari mana saja.
Meski syarat untuk memonetisasi video semakin ketat karena peraturan dari YouTube, tapi tidak menutup kemungkinan untuk Anda menghasilkan pundi-pundi rupiah dan kepopuleran. Asal tekun posting video dan komitmen. Memang, di awal perjalanan Anda YouTube tidak akan menjadi apa-apa lebih dari sekedar menyalurkan hobi. Namun, siapa sangka kalau nantinya channel Anda menjadi salh satu jajaran channel teratas.
Seperti 10 daftar YouTuber dengan subscriber terbanyak di bawah ini. Sebagian dari mereka memang berasal dari kalangan artis yang telah memiliki basis fans tersendiri. Tapi, sebagian lainnya bisa dibilang memulanya dari ‘nol’. Bisa jadi, mereka sekarang berada di posisi Anda saat memulai. Lalu, mengapa Anda tidak bisa berjajar diantara mereka?
Jika Anda telah yakin dengan tekad untuk membangun channel YouTube dan berada di jajaran 10 YouTuber dengan subscriber terbanyak se-Indonesia -bahkan sedunia. Intip dulu orang-orang yang berada di daftar tersebut, pelajari apa yang mereka lakukan dan belum mereka lakukan. Ini dia 10 daftar YouTuber yang memiliki subscriber terbanyak menurut SocialBlade 2019.
- Atta Halilintar
Anak pertama dari keluarga Gen Halilintar, yang melejit karena kesuksesan buku Kesebelasan Gen Halilintar: My Family My Team, berhasil menjadi King of YouTube di Asia Tenggara. Atta mencetak sejarah pertama di Asia Tenggara yang tembus 14 juta subscriber. Banyak beredar isu tak sedap terkait pencapaiannya ini. Namun, dari YouTube sendiri tidak memberikan sanksi apapun. Bisa jadi memang tidak ada kecurangan atau YouTube perlu memperketat peraturannya kembali?
Keluar dari pembahasan tersebut, Atta berhasil membuat netizen menonton videonya hingga mencapai 1 milyar tayangan dalam 454 konten. Total grade yang diberikan SocialBlade adalah A. Apa itu yang dimaksud GRADE ? Grade merupakan alat ukur matrik dari SocialBlade yang menujukkan sebarapa pengaruhnya channel Anda. Jadi, ketika Anda mulai memiliki lebih banyak penayangan, waktu menonton, komentar, suka, tidak suka, dan semakin banyak orang mulai terlibat ke saluran Anda, akan semakin tinggi pula Total Grade Anda.
Konten yang sering dibagikan Atta Halilintar adalah Prank! atau mengerjai seseorang. Ia juga sering berkunjung ke rumah-rumah orang penting untuk melihat apa isi di dalam rumahnya dan bertanya berbagai hal mengenai orang tersebut. Misalnya saat Atta berkunjung ke Istana Presiden dan berbincang dengan Presiden Joko Widodo. Kebanyakan yang menonton videonya adalah anak-anak. Terlihat dari para subscriber dan kolom komentar Atta, tentu saja anak-anak adalah sasaran target market yang bagus. Mereka rela untuk tidak melewatkan detik demi detik tanpa perlu memikirkan kuota atau berpikir hal itu akan membuang waktunya. Mereka menonton bahkan untuk menghabiskan waktunya!
Makanya, anak-anak juga jadi sasaran empuk bagi para pelaku kejahatan di dunia maya. Banyak konten yang tidak senonoh dengan tema-tema yang sangat dekat dengan anak-anak. Biasanya mereka memanipulasi tokoh kartun yang banyak digemari anak-anak dan melakukan adegan kekerasan, seksual, dan penyimpangan lainnya. Fenomena ini dikenal dengan istilah Elsagate. Oleh karen itu, YouTube telah mengupayakan platform YouTube Kids dan Anda juga perlu mendampingi putra-putri-adik kandung-adik tetangga dan anak-anak dilingkungan Anda saat menonton YouTube.
- Ria Ricis
Jika Atta Halilintar adalah King of YouTube, maka Ria Ricis adalah Queen of YouTube di Asia Tenggara. Menyusul Atta Halilintar, Ria Ricil memiliki 12 juta subscribers dengan total tayangan 1,4 triliyun dalam 514 postingan konten. Grade yang di raih pun adalah A. Keduanya sama-sama menyasar anak-anak sebagai penonton mereka.Ricis, sapaan akrabnya, sering mengunggah konten mengenai Squishy dan slime. Ia juga berkolaborasi dengan banyak YouTuber lainnya dengan konten challange ataupun talkshow Ricis Kepo. Kehidupannya seakan bisa dijadikan daya tarik penonton sehingga vlog mengenai kehidupan sehari-harinya itu pun laku tonton. - Calon Sarjana
Nah, berbeda dengan Ria Ricis dan Atta Halilintar yang menjual kehidupan mereka. Channel YouTube ini berisi informasi peringkat seperti di artikel ini misalnya. Cuma, Calon Sarjana memang unggul secara visual dan audio. Narasi yang dibacakan pas dengan pengisi suaranya. Banyak orang dari berbagai kalangan menyukai informasi yang dikemas oleh Calon Sarjana makanya mereka tidak ragu untuk like, comment, atau subscribe di Channel ini.Calon Sarjana berhasil menjadi 3 teratas dengan 8,8 juta subscriber dan 1,7 triliyun tayangan video. Mereka juga aktif mempostis konten yang mencapai 844 postingan. Apakah Anda salah satu penonton Calon Sarjana? - Gen Halilintar
Gen Halilintar memiliki 8,6 subscriber dan 1,4 triliyun tayangan video dengan jumlah konten 455 video. Secara penayangan masih berada di atas Atta Halilintar yang hanya mencapai 1,1 triliyun tayangan video. Channel ini rajin mengunggah kebersamaan 11 anak Halilintar dan kedua orangtuanya. Mulai dari daily vlog sampai penampilan cover yang totalitas. Kita tahu bahwa bukan cuma channel ini saja yang dimiliki keluarga Gen Halilintar. Ada pula channelnya Saih Halilintar yang serupa dengan Atta. Kira-kira sudah berapa keuntungan yang keluarga ini raup dari YouTube ya? Super sekali! - Rans Entertainment
Rans Entertainment adalah channel milik keluarga kecil Raffi Ahmad. Bersama Nagita Slavina Sang Istri dan tingkah Rafathar yang menggemaskan. Channel ini laku diburu para wanita dan ibu-ibu muda. Mereka berhasil mendapatkan grade A dengan total subscriber 6,7 juta dan 843 juta waktu tayang.
Isi kontennya beragam mulai dari dapur Mama Gigi dan bincang-bincang dengan tamunya, vlog perjalanan ke luar negeri, sampai perkembangan Rafathar yang lagi lucu-lucunya. Tingkahnya polos dan natural seperti anak-anak kebanyakan dan suka mengekspresikan rasa sayangnya ke Mama Gigi dengan cara-cara yang sederhana tapi hangat. - Raditya Dika
Komika yang satu ini berhasil mendapatkan 6,5 juta subscriber dan 834 juta tayangan. Padahal, Raditya Dika adalah orang Indonesia pertama yang mendapatkan Gold Play Button. Tapi, kesuksesannya berhasil di susul oleh King of YouTube, Atta Halilintar. Grade yang diberikan dari SB Rank untuk Bang Radit adalah B+. Masih cukup bagus.
Konten Bang Radit apalagi kalau bukan berisi komedi-komedi kocak, stand up, bincang-bincang ngerjain tamunya, dan yang paling laku “Paranormal Experience”. Konten dengan pengalaman-pengalaman yang bersinggungan dengan makhluk astral banyak mengundang interaksi dari netizen YouTube. Sehingga komedian ini cukup rajin menyimpang juga, sebenarnya tidak terlalu menyimpang dengan profesinya. Sebab, semua orang sepertinya sudah tahu bahwa rumah yang ditinggali penulis Kambing Jantan ini memang berhantu. Jadi, awalnya Radit memang menceritakan kisahnya sendiri yang sering diteror penghuni tak kasat mata. - Indosiar
Salah satu cara bisnis untuk bertahan di dunia digital adalah beradaptasi, itulah yang dilakukan para instansi pertelevisian. Merger ke social media. Jadi, sebagian besar konten di Indosiar adalah konten yang sudah pernah ditayangkan di televisi. Wow, cara baru untuk mencari keuntungan korporat.Luar biasa bukan? Ternyata di YouTube pun Indosiar dengan serial drama kehidupan dan variety show-nya. Mereka bisa mendapatkan 6,5 juta langganan dan 3,8 triluyun tayangan. Total postingannya saja hampir 26 ribu. Angka yang fantastis ya untuk media swasta yang beralih ke media sosial.
- The Shiny Peanut
Nah ini adalah channel saingannya Calon Sarjana. Dengan konsep yang sama mereka berhasil masuk jajaran daftar 10 besar YouTuber dengan subscriber terbanyak. Si Kacang Mengkilap ini mendapatkan 6,2 juta subscriber dan 955 juta tayangan. Grade dari SB rank adalah A-. Ayo sedikit lagi Kacang Mengkilap!! - Trans7 Official
Selain Indosiar, televisi swasta yang konvergensi ke media sosial adalah Trans7. Tayangannya lebih edukatif daripada Indosiar tapi masih dikemas dengan bahasa millenials. Tak heran mereka mendapatkan 6 juta subscriber dan 2,3 triliyun tayangan. - YtCrash
Channel YtCrash memiliki konsep yang sama dengan Calon Sarjana dan The Shiny Peanut. Namun, kalau putra-putri-adik kandung-sepupu-tetangga Anda yang masih di bawah umur ikut menonton YtCrash rasanya tidak pantas. Kalau ada rating program YouTube, mungkin ada beberapa konten dari YtCrash berlabel “D” atau 18+. Beberapa judul juga ditulis secara clickbait dan thumbnail dengan gambar-gambar nyeleneh.
Baiklah, itu dia 10 daftar channel YouTube dengan subscriber terbanyak di Indonesia. Anda bisa mempelajari bentuk konten yang sesuai degan karakter Anda dan penonton Anda nantinya. Sudah terpikir untuk membuat konten apa? Saran saya, mulai saja dengan peralatan yang ada. Hal yang penting adalah konsisten dan komitmen. Kalau sudah keduanya, barulah cicil peralatan yang lebih serius. Well, content is a king bro! Kalau pakai alat yang sudah profesional tapi kontennya bisa di bilang ‘gak bagus-bagus amat’ ya, sama aja butuh waktu lama untuk menggapai bintang.
Ingin mendapatkan saran? Berkonsultasi saja dengan hello@ibig.id atau kunjungi Instagram dan Facebook kami @ibigdigital. Selamat mencoba!