Tahukan ada YouTube Ads Indonesia yang suka berlalu-lalang di video Anda. Nah, kali ini YouTube merilis daftar iklan bumper terpopuler versi Indonesia. Eits, tunggu dulu, apa sih bedanya iklan bumper dengan iklan lainnya? Ini dia penjelasannya!
Iklan bumper adalah iklan video berformat enam detik untuk membantu meningkatkan jangkauan dan frekuensi brand. Format ini tersedia melalui Google Ads sebagai tambahan dari kampanye iklan tradisional mereka dan ditawarkan dalam basis CPM. Manfaatnya, iklan bumper bisa meningkatkan jangkauan kampanye yang sudah ada, sekaligus memberi nilai tambah dari pesan yang lebih besar. Well, pada dasarnya banyak orang suka kejutan.
Sekarang Anda tahu kan, apa itu bumper Ads? Berikut ini 10 daftar iklan bumper YouTube Ads Indonesia terpopuler 2018:
- Iklan Oreo Cookie
“Selalu ceria dengan Oreo THIN”, jingle tersebut adalah andalan dari Oreo. Biskuit dengan krim coklat yang sudah populer di Indonesia sejak 2 dekade mengeluarkan varian barunya yaitu Oreo Thin. Bentuknya lebih mini dan pipih dibandingkan produk Oreo biasanya. Tapi, rasanya tetap khas biskuit Oreo. Iklan Oreo Thin dikemas dengan jingle yang earworming dan animasi bergerak yang sangat eyecatching. Saking “thin” nya, Oreo terbang setelah ditiup sebuah sketsa hidup yang fashipnable. Melewati sketsa-sketsa lain yang sepertinya mereka berada di ruangan seorang desainer fashion. Hingga sampailah Oreo Thin yang menggelinding setelah ditiup ketangan wanita bertopi Fedora dalam sketsa, yang akhirnya berakhir dikunyah wanita tersebut. - Iklan Google Indonesia
“Mau langsung tau skor walau kemarin molor? Cek di Google aja!” itulah tagline yang digunakan Google. Yap, waktu lagi ramai-ramainya persepak bolaan dunia, Google menawarkan dirinya untuk kemudahan informasi seseorang. Melalui sebuah fenomena ‘begadang nonton bola’. Tidak cuma hanya menampilkan hasil skor, tapi kita juga bisa mengecek statistik pertandingan semalam. Pokoknya, semua lebih gampang dengan Google. Setuju gak nih? - Iklan Tanya Pepsodent
Pepsodent dengan kampanye #SenyumSatuIndonesia berhasil memasuki jajaran daftar iklan bumper terpopuler. Dengan mengusung tema keberagaman Indonesia dan langkah simpel menularkan kebahagiaan untuk orang lain dengan cara tersenyum. Di akhir iklan, muncul produk Pepsodent hadir dengan tampilan baru. Pasta gigi tersebut memiliki desain yang berbeda dari biasanya, ada sentuhan batik berwarna merah dengan tulisan ‘Senyum!’ berwarna biru (Biasanya tulisan tersebut menunjukkan nama brand Pepsodent). - Iklan Ayam Spicy McDonald’s ID
Duh, saya memang paling suka deh kalau iklan makanan begini. Apalagi iklan McD yang satu ini memang menggugah selera dengan tampilan ayam yang merah -menunjukkan kepedasan dan hasrat laper mata- dan pelanggannya yang sangat khidmat menikmati ayam pedas khas McD. Tampilan yang cukup sederhana namun dengan pesan menggoda yang sangat kuat. Tahu kan video kreatif YouTube yang sedang populer belakangan? ASMR? Itu loh, video orang yang sedang makan dan merekam suaranya sementara kita yang mendengar bisa merasakan sensasinya. ASMR sendiri merupakan singkatan dari Autonomous Sensory Meridian Response, yang merupakan suatu sensasi yang dirasakan pada saat mendengar, melihat, atau merasakan sesuatu. Nah, iklan McD ini menggunakan kekuatan audio untuk menggoda iman para customernya. Seberapa kuat kamu tidak tergoda dengan iklan ayam ini? Berikan komentarnya di bawah! - Iklan Sirup ABC
Siang-siang, matahari lagi terik-teriknya, minum sirup dingin pakai es batu. Gleek… glek… glek… iklan sirup memang bikin nelen ludah sendiri, apalagi kalau ditayangin pas bulan puasa. Yap, itu menjadi godaan tersendiri bagi anak-anak Sekolah Dasa (SD) yang ikut -belajar- menjalankan puasa. Tampilan iklannya pun hanya botol sirup ABC yang sedang di tuang, dengan efek goyangan air yang aduhai. Tapi, botol ini bukan sembarang botoh. Ada sentuhan yang sangat murni dan warna yang berfungsi menyuruh otak Anda meyakini bahwa ‘sirup ABC SEGAR’ , ‘sirup ABC SEGAR’ , ‘sirup ABC SEGAR’, yang terus menerus berulangkali terngiang di kepala. - Iklan Resep Buavita
Merah dan kuning diyakini sebagai warna yang mampu mengunggah selera seseorang yang melihatnya. Apalagi jika diperuntukkan dengan makanan. Makanan yang berwarna merah akan terlihat sedap, pedas, dan mantap. Sementara minuman yang berwarna kuning cerah akan menunjukkan kesegaran, adem, dan sedikit asam yang bikin ‘mata melek’. Nah, Iklan dari Buavita ini berbeda dari iklan yang lain. Dalam waktu yang sesingkat mungkin, mereka memberikan petunjuk, resep, cara, menikmati Buavita dengan cara yang berbeda. Yakin, ga mau pengen nyobain Giant Manggo Buavita? - Iklan JD.ID
Bisnis e-commerce ini dari awal memang sudah meng-klaim bahwa barang yang mereka jual sudah dipastikan orisinil. Mereka memiliki kurir sendiri yang akan mengantarkan barang Anda sampai ke depan pirntu rumah. Janji adalah janji, JD.ID merepresentasikan jaminan barang ori untuk para pelangggannya dengan simbol kelingking persahabatan. Eits, bukan simbol ‘kelingking keren’ milik Patrick yang diusulkan waktu SpongeBob bertandang ke rumah Sandy pertama kali. - Iklan Koko Krunch Nestlé
Iklan ini memperkenalkan produk baru dari Koko Krunch dalam bentuk snackbar. Lazimnya, koko krunch yang terbuat dari -ledakan coklat di ladang gandum- pilihan gandum utuh di sajikan dengan semangkuk susu sebagai sereal sarapan untuk anak-anak. Iklan ini secara praktis menunjukkan perubahan wadah atau cara menyajikan Koko Krunch yang tidak perlu repot lagi. - Iklan Chips Ahoy
Produk biskuit yang dipadu dengan chocochip ini menampilkan iklan yang cukup unik. “Love at the first chip”, katanya. Jadi, ada seorang biskuit (?), ya, biskuit yang hidup sedang mencari pasangan melalui aplikasi seperti media sosial yang entah Instagram atau Tinder. Semakin banyak coklat, wanita biskuit akan memilihmu. Yeahhh!! - Iklan Sambal Raja
Iklan ini hadir dengan sederhana, tapi tidak luput menimbulkan kesan kemewahan. Pesan yang ingin di sampaikan pun secara jelas tertera. Tanpa bridging dan konsep yang macam-macam, iklan ini mampu berada di deretan 10 Bumper Ads Indonesia terpopuler di YouTube 2018.
Nah, itu dia ke sepuluh iklan bumper yang populer di tahun 2018. Mungkin iklan ini bisa menjadi inspirasi iklan buatan Anda. Dari ke-10 iklan di atas, kita bisa menyimpulkan rumus iklan populer = sederhana+unik+tidak biasa+elegan. Jika Anda ingin diskusi lanjut mengenai iklan dan strategi marketing lainnya, hubungi secara personal ke hello@ibig.id. Kami akan memberikan strategi jitu yang cocok untuk pemasaran produk Anda.