• hello@ibig.id
5 Alasan Dibalik Content Marketing Hype Menurut Digital Consultant
Konten Digital, Strategi Digital

5 Alasan Dibalik Content Marketing Hype Menurut Digital Consultant

Harleta Nityaningrum, 11/09/2019

Pernahkah Anda duduk berbincang dengan rekan bisnis atau menguping pembicaraan tetangga dan mendengar istilah ‘konten adalah raja’? Menurut digital consultant iBiG, konten hanyalah jalan untuk membedakan dari kompetitor sehingga isi website menjadi kebutuhan pokok untuk brand modern apa saja.

Pemasaran menggunakan konten adalah jiwa setiap kampanye pemasaran digital. Dibalik setiap brand yang besar terdapat kekayaan aset konten yang berharga dan relevan dengan konsumer perusahaan tersebut. Tapi, bisa saja Anda masih ragu kenapa konten sedemikian penting?

5 Alasan Content Marketing sangat Penting untuk Bisnis
Demi membantu Anda memahami pentingnya pemasaran konten, kami telah membuat daftar keuntungan dari pemasaran konten bisa membuat perbedaan besar untuk bisnis Anda:

1. Meningkatkan reputasi merek menggunakan content marketing
Salah satu keuntungan terbesar yang benar-benar menunjukkan manfaat content marketing adalah membangun kualitas konten yang baik. Di masa ramainya digital marketplace sangatlah penting agar bisnis mampu membangun kepercayaan dengan calon pelanggan maupun konsumen setia. Adanya kepercayaan akan membantu bisnis Anda memiliki reputasi positif.

Telah dijelaskan bahwa konten yang sangat baik bisa membantu Anda membangun kepercayaan dengan calon konsumen dan pelanggan setia. Digital Consultant iBiG telah melihat pola dimana setiap kali konsumen membaca artikel di situs Anda, mereka akan membentuk opini seputar merek Anda. 

Konsumen yang menilai konten Anda memikat, edukatif, dan bernilai, maka tingkat minat terhadap produk atau jasa yang Anda jual akan meningkat pula. Intinya, semakin tinggi nilai konten yang Anda sediakan maka semakin mudah pula untuk memperoleh kepercayaan target pasar Anda.

Ditambah lagi, ketika calon konsumen Anda melihat situs Anda mempublish konten secara konsisten di semua platform (web, media sosial, dan media lain), mereka dapat mengira perusahaan Anda adalah yang terbaik di bidang jasa atau produk Anda. Selain itu, menerbitkan konten melalui publikasi partai ketiga atau membagi konten dengan influencer dapat mempercepat perolehan percayaan di kalangan target pasar Anda. 

  1. Konten yang Bagus Merangsang Konversi
    Jika Anda benar-benar menggaruk kepala kenapa pemasaran konten memang penting, maka statistik konversi adalah jawaban paling utama. Berikut beberapa statistik yang membuktikkan pentingnya pemasaran konten ketika membahas konversi website:
  • ABG Essential mendapatkan konversi 6 kali lebih tinggi lewat konten dibanding metode pemasaran lain.
  • Setelah membaca rekomendasi pada blog, 61% konsumen online terdorong untuk membeli produk atau menggunakan jasa. 
  • Dilansir curata Menurut 74% perusahaan, pemasaran konten telah meningkatkan jumlah calon konsumen, baik dari segi kualitas dan kuantitas. 
  • Konten video dapat membantu ROI dan secara signifikan meningkatkan konversi, menurt 72% bisnis yang termasuk peserta survey CrazyEgg.

Kenapa pemasaran konten dapat meningkatkan konversi? Hal ini dikarenakan konten yang baik membantu Anda terkoneksi dan edukasi konsumen baik pelanggan setia maupun yang masih berstatus prospek. Tidak hanya Anda bekerja untuk membangun kepercayaan dan hubungan, Anda juga mendorong konversi dengan memberikan konsumen informasi yang mereka butuhkan dalam proses keputusan pembelian. 

Pastikan dalam optimasi konversi, pastikan Anda menambahkan elemen call to action (CTA). CTA pada konten memberitahu pembaca Anda apa yang harus dilakukan selanjutnya, membimbing mereka ke langkah konversi selanjutnya. Entah konversi dalam artian membeli produk, memakai jasa, mendapatkan informasi lebih, menghubungi tim sales, intinya adalah penting bagi Anda untuk memberikan arahan jelas ke konsumen untuk proses selanjutnya. 

  1. Konten yang Teroptimasi Membantu SEO Anda
    Kebutuhan konten dalam pemasaran semakin mendesak ketika melihat peran konten dalam membantu bisnis Anda membangun dan meningkatkan SEO (Search Engine Optimization). SEO memainkan peran penting dalam menguatkan posisi bisnis Anda di internet. Meskipun, jika Anda memang ingin meningkatkan SEO, Anda butuh konten yang mengandung teknis SEO yang hanya dapat dilakukan Digital Consultant iBiG.

Dilansir dari Tech Client, membuat konten adalah langkah SEO efektif secara teknis. Bahkan, situs web yang mempublikasikan artikel secara konsisten memiliki paling tidak 434% page terindeks oleh mesin pencari dibanding situs web yang tidak. Semakin banyak konten yang Anda miliki, semakin banyak pula kesempatan untuk muncul di laman pertama.

Ditambah lagi, semakin banyak konten yang Anda miliki di situs, semakin besar alasan pengunjung untuk kembali mengunjungi web Anda. Artinya semakin tingga pula tingkat kunjungan di web, yang tentunya berpengaruh positif terhadap optimasi search engine, karena Google menilai apabila pengunjung kerap kembali dan berada di situs untuk waktu yang lama pastilah konten yang Anda sediakan memang bagus.

Jadi Kapan Anda harus Mulai Melakukan Pemasaran Konten?
Sebenarnya masih banyak alasan kenapa content marketing diperlukan untuk bisnis yang tentunya pakar iBiG Digital Consultant akan membahas lebih lengkap di artikel selajutnya. Namun, kapan Anda harus mulai melakukan pemasaran konten? Jawabannya adalah secepat mungkin. Sekarang. Jangan menunda terlalu lama karena semakin lama Anda menunda semakin besar kemungkinan Anda akan kalah dari kompetitor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *