• hello@ibig.id
5 Langkah Mencari Ide Konten Marketing yang Bagus
Konten Digital

5 Langkah Mencari Ide Konten Marketing yang Bagus

Chindy Salsabillah, 11/12/2018
Katanya, kalau cinta datangnya dari mata turun ke hati. Lalu, dari mana sih datangnya ide buat bikin materi pemasaran online?

Sebelumnya kita telah membahas bentuk konten marketing yang cocok untuk digital marketing.

Dari bentuk tersebut, isi konten dikemas secara kreatif dan memiliki nilai jual. Konten kreatif bersifat luwes, tidak terikat dengan apapun asalkan sesuai dengan norma budaya target audience.

Anda juga harus membuat konten untuk berada di laman paling atas search engine seperti Googel. Sudah pasti ada ribuan konten dari kompetitor yang melalang buana di internet. Hal yang dapat Anda lakukan adalah menunjukkan konsistensi, selain menghasilkan produk yang berkualitas.

Memang tidak mudah menggaet audience pada tahun-tahun pertama. Tetapi usaha tidak akan mengkhianati, bukan?

Dalam pembuatan konten pemasaran online, biasanya ide datang begitu saja seperti air mengalir. Namun, apabila Anda sedang bertemu jalan buntu ada jalan alternatif yang bisa Anda lakukan untuk menemukan ide.

Mencari ide konten marketing

(Sumber: https://www.pexels.com/)

 

  1. Perhatikan apa yang sedang terjadi di sekitar Anda

Hal yang paling dasar untuk menemukan ide adalah di dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa saja mendapatkan ide dari pengalaman buruk. Mungkin, tidak hanya Anda yang mengalami pengalaman tersebut, tetapi audience juga pernah merasakan.

Sharing dengan orang di lingkungan Anda. Pengalaman dari orang lain juga dapat memberikan anda ide untuk membuat sebuah konten kreatif.

Tuangkan permasalahan tersebut menjadi konten yang memberikan jawaban dan solusi untuk audience Anda. Sehingga mereka dapat memiliki ikatan emosional dengan Anda.

  1. Sering nongkrong di komunitas

Bergabunglah dengan komunitas yang relevan dengan konten yang akan Anda buat. Berada di dalam kelompok yang sama akan sangat membantu Anda. Cara paling mudah, temukan komunitas online dari jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Kaskus, dan lain sebagainya.

Biasanya banyak informasi terbaru yang dibicarakan oleh teman-teman di komunitas. Anda juga dapat memahami masalah apa yang dihadapi audience dari pertanyaan yang muncul dalam komunitas tersebut. Sebaiknya Anda juga terlibat di dalam komunitas tersebut, jangan hanya menjadi silent rider untuk kepentingan pribadi.

Kontribusi Anda dalam komunitas akan menjadi nilai plus, loh, Anda bisa sambil memasarkan konten secara smoothly.

  1. Gunakan tools untuk menemukan postingan popular

Jangan malas untuk mencari tahu. Dalam pembuatan konten marketing yang bagus, riset adalah hal pertama yang harus dilakukan. Memperhatikan sekitar termasuk riset kecil-kecilan Anda.

Carilah postingan popular menggunakan tools search engine. Dengan beigtu, kita akan mengetahui topik apa yang paling dicari dan disukai audience. Temukan cela dari postingan popular dan buatlah konten yang belum di bahas pada suatu topik atau sempurnakanlah isi konten sebelumnya.

Kunci utamanya adalah menulis konten yang lebih baik.

Buzzsumo merupakan tools yang dapat Anda gunakan untuk riset karena tampilannya yang mudah dipahami. Anda dapat mengetahui seberapa banyak engagement yang didapat serta jumlah share di media sosial mengenai postingan tersebut.

Selain Buzzumo, content search tools yang juga sering digunakan adalah:

  1. Social Animal
  2. Content Studio
  3. Pinterest
  4. Social Mention
  5. Berkunjung ke website popular

Selain menggunakan tools, temukanlah website-website popular dan apa yang terjadi di sana. Headline utama dari website popular dapat memberikan inspirasi untuk Anda.

Sebagai contoh, Anda dapat mengunjungi iBig Academy dan iBig Digital, berselancarlah di bagian blog dan temukan inspirasi soal konten digital marketing di sana.

  1. Berselancar di sosial media, mampir di toko orang

Sama seperti kunjungan Anda ke website popular, kenalilah kompetitor Anda. Temukan mereka dalam media sosial. Sebagai contoh, kunjungilah Instagram @ibigdigital untuk melihat apa yang dilakukan mereka dalam memposting konten.

Tidak ada salahnya melihat-lihat konten yang mereka buat. Toh, kita juga bagian dari audience-nya. Pelajarilah apa yang menjadi nilai tambah dan bagian mana yang tidak dibuat kompetitor.

Sekarang Anda sudah mengetahui cara menggali ide untuk membuat konten pemasaran online. Simak 3 tips berikut ini untuk memaksimalkan teknik pemasaran online Anda.

Storytelling konten marketing

(Sumber: https://www.pexels.com/)

Buatlah Konten Storytelling, Bukan Selling

Bangunlah kedekatan emosi dengan audience Anda. Perlakukan mereka sebagai teman baik. Ingat, buatlah konten yang mengalir, tidak hanya berfokus pada penjualan produk saja. Tetapi, memperhatikan apa yang bisa Anda berikan untuk calon customer Anda.

Sampaikan pesan anda dengan membuat konten yang berkisah. Memiliki babak yang menarik dan dibawa dengan alur yang baik. Enak dibaca, ditonton, atau didengarkan.

Pentingnya Headline Utama untuk KOnten Marketing

(Sumber: https://www.pexels.com/)

 

Kekuatan Headline Utama

Bisa dibilang, konten adalah raja yang berkharisma. Dalam satu kedipan mata, sebuah konten harus mampu mencuri perhatian audience. Konten berupa gambar dan infografis biasanya lebih disukai pasar karena lebih mudah dipahami. Mata pun dimanjakan secara visual.

Ibarat jatuh cinta pada pandangan pertama, langsung klik!

Makanya, sebuah judul atau headline utama memiliki kekuatan untuk menarik audience. Sebab saat kita berselancar di internet, hal pertama yang kita lihat pasti judul. Jadi, buatlah konten dengan headline yang atraktif dan relevan.

Improvisasi dari Kompetitor

*John Boitnott, seorang Digital Media Consultant & Investor, memberikan cara untuk melakukan perubahan postingan dari kompetitor.

  1. Tulis pos yang lebih panjang dan lebih mendalam.
    Ini tidak selalu terjadi, tetapi postingan yang lebih dalam akan memiliki banyak subjek yang direspon Google.
  2. Cari tahu pengoptimalan konten yang kurang pada halaman kompetitor.
    Ambil pos mereka dan buat konten menjadi lebih baik. Ubah konten yang bagus menjadi konten yang luar biasa.
  3. Lihat berapa banyak tautan yang dimiliki suatu halaman dan lakukan analisis kualitas.
    Kalau profil tautan mereka secara signifikan lebih baik daripada situs Anda, topik tersebut mungkin tidak layak menjadi target. Anda dapat menggunakan alat seperti Mozbar untuk membantu menentukan seberapa sulit halaman tertentu akan bersaing.

Boitnott berpesan

“In other words, you want to find out what’s already working, and use that as your inspiration. Relying solely on your own ideas often isn’t enough.”

Bisa dibilang, cari tahu apa yang sedang terjadi dan gunakan itu sebagai inspirasimu. Kadang gak cukup kalau cuma ngandelin ide sendiri.

(*Sumber: https://www.entrepreneur.com/article/305622)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *