• hello@ibig.id
Kenali Peran dan Ciri Digital Consultant Terbaik
Konten Digital, Strategi Digital, Tips Digital

Kenali Peran dan Ciri Digital Consultant Terbaik

Harleta Nityaningrum, 15/08/2019

Dewasa kini, berbagai merek tak lelah mencari cara pemasaran di ranah online yang paling efektif. Hal ini menyebabkan permintaan digital consultant semakin marak dibanding masa sebelumnya. Terdapat kebutuhan besar untuk konsultan dengan kemampuan dan pengalaman seputar metode pemasaran internet, mulai dari media sosial sampai dengan iklan display.

Kenapa Pebisnis Membutuhkan Consultant Digital Marketing?
Konsultan khusus pemasaran sangat digemari karena mereka membantu bangun jembatan antar bisnis dan dunia online, membantu bisnis untuk menyebarkan produk, jasa di jalur yang benar.

Dasarnya sudah dirangkum pada paragraf diatas, tapi sebetulnya definisi konsultan untuk digital marketing lebih luas lagi. Ingin tahu lebih lanjut mengenai apa peran dan tugas pemasar digital? Mari baca penjelasan di bawah ini.

Apa peran Marketing Digital Consultant?
Definisi konsultan digital marketing secara umum adalah seorang pakar profesional yang telah menjalani pelatihan di pemasaran online, yang tahu bagaimana menargetkan konsumen melalui strategi tepat sasaran untuk kebutuhan bisnis klien.

Terdapat miskonsepsi seputar peran seorang konsultan untuk digital marketing. Banyak pebisnis mengira konsultan adalah orang yang memahami dan akan mengatasi semua aspek periklanan, padahal kenyataannya tidak demikian. 

Peran seorang konsultan pemasaran adalah bekerja dengan bisnis, mulai dari start up sampai dengan perusahaan besar, untuk menentukan langkah terbaik untuk membantu klien mencapai target prospektif.

Inti dari jawaban apa sih yang dilakukan seorang digital consultant bergantung pada bisnis dan kebutuhan klien sendiri. Demi memberi gambaran lebih jelas, berikut beberapa tanggung jawab yang konsultan biasa emban:

  1. Mencari kesempatan bisnis untuk mempererat hubungan dengan konsumen dan menarik konsumen baru. 
  2. Evaluasi pemasaran yang sudah ada seperti media sosial, digital marketing SEO, dan email marketing misalkan. Tujuannya, tentu saja, menciptakan metode pemasaran yang lebih efektif.

  3. Meningkatkan branding perusahaan sehingga lebih terdengar bersahabat dengan konsumen dan meningkatkan prospek untuk bisnis Anda.
  4. Meningkatkan hubungan dan komunikasi klien dengan pasar. Beberapa ‘senjata pemasaran’ yang biasa digunakan untuk kampanye termasuk beberapa ‘lapak’ media sosial, baik berbayar maupun organik. 
  5. Koordinasi lapak untuk konten, seperti blog dan laman web berbasis SEO sehingga semua konten bersahabat dengan mesin pencari. Langkah ini meningkatkan kemungkinan web perusahaan memiliki ranking bagus di mesin pencari raksasa Google. 
  6. Manajemen kampanye pemasaran email, media sosial, mobile, dan lokal yang digunakan dalam strategi bisnis online.

  7. Menggunakan analytic untuk monitor kesuksesan dan pastikan hasil optimal tercapai. Paling tidak, rekomendasi berbasis data digital consultant menggunakan Google Analytics dan Google Search Console.

Jujur saja, peran consultant digital marketing sangat berbeda-beda. Karena, masing-masing konsultan menawarkan aspek dalam area pemasaran serta bisnis yang beragam pula. Konsultan memberikan nasihat, rencana, dan riset untuk pastikan bisnis menggunakan area online untuk menjangkau konsumen berpotensi.  

Apa saja kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang digital consultant terbaik?

Seperti halnya setiap peran, untuk sukses, terdapat beberapa hal seorang konsultan sekalipun harus penuhi. Seorang digital consultant berarti memahami bagaimana internet bekerja dan alat analisis seperti yang penting dan bagaimana cara mengoperasikannya demi efektifitas pemasaran merek. 

Intinya, pekerjaan ini adalah mengetahui bagaimana setiap platform media sosial dan saluran digital berhubungan satu sama lain bisa digunakan secara efektif untuk memasarkan bisnis. Dengan pola pikir demikian, pertanyaan yang tersisa adalah, adakah keahlian khusus yang dibutuhkan digital marketing consultant?

  1. Semua ucapan berbasis data
    Bagian terpenting dalam menjadi konsultan marketing adalah mampu analisa data dan menggunakan analitik untuk menentukan seberapa baik pemasaran perusahaan dan rekomendasi strategi yang tepat untuk diterapkan. Menimbang hal tersebut, supaya lebih mudah, teknis hybrid dan kemampuan problem solving yang kreatif menjadi nilai yang berharga.
     
  2. Karakter fokus pada tujuan
    Sangat vital pula bahwa seorang digital marketing consultant harus fokus pada tujuan. Artinya, tidak hanya mengetahui bagaimana set tujuan yang bisa tercapai tapi juga bagaimana mengukur ‘kesuksesan’ yang diinginkan tersebut. Bisnis selalu mencari hasil, sehingga kemampuan menyetel gol realistis menjadi sangat penting.
  3. Selalu mengedepankan prinsip S.M.A.R.T
    Seorang konsultan yang kerap menyetel gol tidak realistis, yang kecil atau bahkan mustahil untuk dicapai, akan membuat banyak klien tidak puas dengan jasa yang diberikan. Maka dari itu, pastikan konsultan pilihan Anda memiliki Goal yang S.M.A.R.T (Spesifik, Terukur, Dapat Tercapai, Berkaitan, dan Terdapat batas waktu).
  4. Paham beda taktik dan strategi
    Ketika memahami strategy dan taktik, hal pertama seorang consultant digital pahami adalah strategy dan taktik tidaklah sama. Strategi adalah rencana aksi untuk mencapai tujuan, sedangkan taktik adalah aksi spesifik yang menjadi bagian strategi.

    Demi menjadi digital consultant yang baik, memahami aspek ini sangatlah penting. Ibarat buku mewarnai, mengisi warna sangat mudah bila ada garis (taktik), tapi bila tak ada garis yang jelas (strategi), pastilah hasil mewarnai akan berantakan.
  5. Pendengar yang baik
    Diam itu emas. Digital marketing consultant yang baik tahu bagaimana menjadi pendengar yang baik. Karena dengan mendengarkan, penyerapan informasi jadi jauh lebih banyak. Proses mencari kesempatan yang bagus dari segi bisnis lebih mudah untuk mengatasi persoalan pelik seperti apapun.

    Mendengarkan tidak sekedar kuping kiri masuk kuping kanan. Mendengarkan termasuk mencari apa makna yang tersirat. Digital consultant terbaik tahu bahwa mendengarkan dan berempati atas masalah bisnis merupakan kemampuan yang vital.
  6. Jago cari celah
    Bisnis seperti apapun, walau kompetitor langsung sekalipun pastilah memiliki keunikan yang tidak selalu dapat dikenali sekilas pandang. Hanya dengan menghabiskan waktu untuk mempelajari betul keunikan tersebut, seseorang paham bagaimana menemukan kelebihan suatu bisnis.

    Sebelumnya telah dijelaskan, bagian terpenting digital consultant adalah mengkoleksi data, organisir data, dan menarik kesimpulan untuk rekomendasi yang menyeimbangkan setiap area pemasaran dan aspek paling penting. Tanpa kemampuan ini, seorang digital marketing consultant tidak layak dipekerjakan.
  7. Kepemimpinan yang baik
    Terakhir, demi sukses, consultant untuk digital marketing perlu memiliki kemampuan memimpin dan profesional dalam bersikap. Ketika seorang konsultan pemasaran dipekerjakan, perusahaan berharap mereka percaya diri dan profesional dalam bekerja.

    Tidak akan ada yang mau bekerja dengan marketing consultant yang tidak profesional dan percaya dengan keputusan yang diambil. Karena sikap tersebut menunjukkan pengetahuan dan pengalaman konsultan tersebut. Memang ada beberapa masalah yang akan dihadapi saat bekerja sama dengan digital marketing consultant, tapi bila karakter konsultan sendiri tidak mendukung, performa pemasaran bisa terhambat.

Dapat disimpulkan bahwa digital consultant terbaik haruslah mampu memberikan rekomendasi strategi dan taktik demi mencapi tujuan S.M.A.R.T berbasis data. Sedangkan tugas seorang konsultan memberikan nasihat kepada bisnis untuk mencapai tujuan bisnisnya sesuai bidang yang ditawarkan. Ada agensi digital marketing consultant yang tidak menerima semua aspek pemasaran online ada pula yang menyanggupi.

iBiG Digital merupakan digital marketing agency terbaik kompetitif di Indonesia dan bermarkas di sekitar Jakarta. Meski labelnya adalah agensi, namun perusahaan berlogo kuning ini menawarkan jasa digital consultant sekaligus eksekusi pemasaran di 3 aspek pemasaran online utama: Website, SEO, dan SEM. Bagi Anda yang sedang mencari jawaban terbaik untuk permasalah digital marketing, iBiG membuka konsultasi gratis dengan isi form disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *