• hello@ibig.id
Kenapa Perusahaan Butuh Digital Marketing Agency?
Strategi Digital, Tips Digital

Kenapa Perusahaan Butuh Digital Marketing Agency?

Harleta Nityaningrum, 13/08/2019

Perusahaan besar dan kecil di seluruh penjuru dunia telah bekerja sama dengan digital marketing agency untuk meningkatkan pemasaran di ranah internet. Ada perusahaan yang telah bekerja sama dengan suatu agensi selama bertahun-tahun. Ada pula yang baru mulai mengajak tim pemasaran internal untuk bekerja sama dengan agensi. Pertanyaannya adalah 


Kenapa Pebisnis Butuh Digital Marketing Agency?


Alasan pertama, Spesialisasi Agensi Memang Digital Marketing

Banyak perusahaan mungkin telah memiliki tim pemasaran internal yang terbukti sukses dengan pencapaian gol yang dapat terukur. Tapi, dengan ketatnya persaingan di pasar, perusahaan akan membutuhkan sudut pandang pakar dari eksternal.

Tidak dapat dipungkiri, namanya agensi pastilah kumpulan dari pakar yang telah ahli dalam bidangnya. Pengetahuan yang telah ber-akumulasi pada diri agensi dikarenakan kesempatan mereka untuk eksperimen. Artinya, agensi telah mengetahui strategi seperti apa yang memiliki kemungkinan kesuksesan tinggi  bisa membantu performa tim pemasaran bisnis.

 

Alasan kedua, Secara Finansial Susah Membangun Tim Internal

Perusahaan punya banyak dana untuk dikeluarkan bukan hal asing. Membangun tim sekalipun, anggaran bisa terkucur mudah, sayangnya tidak semua tim yang dibentuk adalah tim yang tepat. Hal ini dikarenakan, dalam anggota tim dengan keahlian tinggi sekalipun belum tentu mampu bekerja sama dengan baik. Bukan manfaat yang didapat, justru konflik internal bermunculan. 


Ketika Anda bekerjasama dengan digital marketing agency, Anda akan memperoleh akses pada pakar di berbagai bidang. Sudah begitu, sebagian besar tim agensi digital cenderung mampu bekerja sama dengan baik. Dapat ditebak, apabila perusahaan ‘ngotot’ membangun tim sendiri, pastilah mengumpulkan pakar memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Alasan Ketiga, Memberikan Perspektif Tambahan 

Bekerja sama dengan digital marketing agency berarti tim mereka akan membantu strategi dan memberikan ide yang mungkin tak dapat Anda pikirkan sendiri. Perspektif luar dan pengalaman dengan skenario serupa dengan klien mereka bisa memberikan agesni kredibilitas dan pengetahuan untuk meyakinkan tim Anda untuk melakukan suatu aksi yang tidak pernah Anda sadari butuhkan.

Alasan Keempat,  Hubungan Agensi dengan Influencer
Pemasaran yang melibatkan influencer telah menjadi pokok dari beragam program pemasaran digital. Sayangnya, kewajiban untuk membangun hubungan dengan influencer bisa sangat panjang dengan proses yang detail.

Terlebih jika Anda sedang melakukan optimasi mesin pencari dimana tidak hanya influencer, namun blogger dan penulis massa harus dikerahkan demi menaikkan ranking web Anda. digital marketing agency terbaik indonesia seperti iBiG, dengan koneksi influencer, blogger, dan penulis yang kuat, pasti sangat Anda butuhkan. 

Alasan Kelima, Digital Marketing Agency Selalu Lebih Update
Dunia digital bergerak dengan sangat cepat. Hitungan hari, jam, bahkan menit saja, ada saja perubahan yang terjadi. Perusahaan tentunya memiliki tumpukan ‘tanggung jawab’ yang harus diselesaikan. Waktu untuk membaca dan mendengarkan informasi terkini mengenai pemasaran digital akan sangat pendek.

 

Mengingat agency digital marketing hidup dan bernafas hanya untuk pemasaran, tim mereka selalu konsumsi informasi trend terbaru dan strategi terbaik untuk membantu klien tetap kompetitif di pasar. Edukasi dari agensi digital marketing yang Anda ajak kerja sama inilah yang harus dimanfaatkan untuk tetap berada di depan kompetitor. 

 

Bagaimana Mencari Agensi yang Benar-benar menguntungkan?

 

Mencari agensi yang cocok bagai mencari jodoh. Banyaknya pilihan agency yang ada di pasaran dengan mayoritas klaim “terbaik” memang membingungkan. Manakah digital marketing agency yang betulan terbaik dan manakah yang sekedar manis di mulut saja?

Pada bahasan artikel iBiG “10 Kriteria Digital Marketing Agency Terbaik Indonesia” telah dijelaskan setidaknya ada 10 kriteria untuk masuk kategori terbaik. Pada intinya kriteria tersebut mencangkup aspek:

 

Kerja sama Tim

Ekspektasi dibanding budget 

Problem Solver

Berbekal alat yang tepat

Pastikan Mampu Skala Nasional

Kemampuan komunikasi efektif

Paham bagaimana eksekusi Ide 

Eksistensi  Online yang Kuat

Pengetahuan dan Akurasi Data

Tagihan yang Transparan 

 

Bila setidaknya sembilan puluh persen dari kriteria tersebut maka dapat dipastikan agensi tersebut layak masuk kategori terbaik. Meski pada akhirnya Andalah yang paling paham kebutuhan pemasaran digital Anda. Sehingga manfaat dan pemilihan digital marketing agency akan sepenuhnya kembali Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *