fungsi hashtag

Ketahui Fungsi Hashtag Sebenarnya dan Cara Menggunakannya di Media Sosial

hashtag populer instagram 7Hashtag awalnya populer digunakan pada media sosial Twitter. Fungsi hashtag alias tanda pagar saat itu menunjukkan apa yang sedang dibicarakan orang di seluruh negara pengguna twitter baik secara global maupun lokal. Trending topic di Twitter ditunjukkan dengan penggunaan tagar ini.

Sekarang banyak media sosial lainnya yang juga menggunakan hashtag, lho! Biasanya ada maksud dan fungsi tersembunyi di balik penggunaan hashtag. Nah, di artikel kali ini iBiG Digital akan membahas fungsi hashtag dan cara memanfaatkan tagar tersebut di media sosial.

 

1.   Pengelompokan Konten

Fungsi Hashtag

(Sumber: Pixabay.com)

 

Gunakan tanda pagar pada postingan di teks, foto, video, maupun event Anda. Dengan menggunakan tanda tersebut, semua update-an mengenai postingan yang Anda buat akan terkelompokkan dengan baik.

Hashtag digunakan untuk menggolongkan topik yang lebih spesifik di media sosial. Tagar ini berguna untuk mengelompokkan sebuah tema atau informasi produk agar orang dapat menemukan informasi atau konten dengan hashtag tertentu.

 

2.   Memudahkan PencarianFungsi Hashtag

(Sumber: Pexels.com)

Ketika Anda mengunggah konten di media sosial, yang dapat melihat postingan Anda adalah followers atau pengikut akun Anda. Tapi, kalua kita memberikan hashtag pada postingan tersebut, maka orang lain atau seluruh pencari informasi di sosial media yang memasukkan hashtag yang relevan dengan yang kita gunakan akan dapat menemukan postingan yang kita buat.

Pengelompokkan konten dengan hashtag, membuat orang akan lebih mudah menemukan postingan Anda. Misalnya begini, ketika Anda ingin mecari konten mengenai kuliner di Tangerang, ketikkan saja di kolom pencarian dengan #kulinertangerang. Otomatis, semua konten yang beruhubungan dengan makanan yang berada di daerah Tangerang akan muncul.

3.   Branding dan Promosi

Fungsi Hashtag di Instagram 2

Media Sosial sangat penting untuk kebutuhan berbisnis. Bagi Anda yang ingin memulai usaha maupun sudah memiliki usaha ada baiknya maksimalkan tampilan “toko” Anda di media sosial. Gunakan hashtag special pada setiap postingan, tentunya hal ini akan menjadi ciri khas bagi merek dagang Anda. Misalnya setiap posting di Instagram @ibigdigital  selalu ada tagar #iBiGDigital #iBiGthink dan #iBiGd untuk melakukan branding.

Jika Anda sedang menjalankan event atau kampanye iklan, gunakan juga hashtagnya. Contoh untuk masa kampanye iBiG menggunakan #masagamau dan untuk mempromosikan project terbaru dari iBiG Digital, kami menggunakan tagar #apaadanyaproduction.

#masagamau kampanye Anda jalan seperti #apaadanyaproduction?

4.   Kampanye Lintas PlatformFungsi Hashtag di Instagram 4

(Sumber: Pexels.com)

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan hashtag untuk melakukan kampanye lintas platform media sosial. Jadi, ketika Anda menyertakan hashtag di Instagram, gunakan juga tagar yang sama saat posting konten di Twitter maupun Facebook. Biasanya post yang Anda share di Instagram akan muncul dengan mudah di Facebook dan Twitter.

Keberadaan tagar di media sosial dinilai sangat bermanfaat untuk melakukan branding dan pemasaran secara online. Jika Anda menggunakan hashtag populer dengan tepat, Anda juga bisa mendapatkan followers baru yang membutuhkan produk Anda di media sosial.

5.   Menjangkau Konsumen Lebih LuasFungsi Hashtag di Instagram 3

(Sumber: Pixabay.com)

Dengan kemudahan di kolom pencarian media soisial, hashtag mampu menjangkau target market yang lebih luas. Hasil pencarian akan menyediakan banyak pilihan gambar dari toko online yang berbeda di Jakarta.

Mengingat hashtag sifatnya mengelompokkan suatu hal, maka semakin spesifik pencarian kita, toko online yang muncul pun akan lebih mendekati dengan informasi yang dibutuhkan.

 

6. Dapat Banyak Followers/Like

Fungsi Hashtag

(Sumber: Pixabay.com)

Jika dirasa konten Anda yang berupa foto atau video anda bagus dan menginspirasi, maka tidak menutup kemingkinan foto itu akan kebanjiran like dan anda akan mendapatkan banyak followers. Sama halnya apabila Anda memiliki produk yang cocok dengan target pembeli. Pasti, si calon target akan langusung mengikuti akun Anda kalau produk dan layanan Anda memuaskan.

Hal ini berkaitan dengan konten yang Anda buat, iBiG Digital pernah membahas sebelumnya mengenai bentuk konten marketing terbaik, hanya dimaksimalkan dengan menggunakan hashtag pada saat posting.

 

Jadi, setelah Anda mengetahui fungsi hashtag manfaatkanlah tanda pagar untuk keuntungan Anda. Semakin banyak konten dengan tagar spesifik yang Anda buat, semakin besar kemungkinan Anda ditemukan.

Apakah anda pernah mencobanya? Atau bahkan mencoba cara lain? Yuk, bagikan pengalaman Anda di kolom komentar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *