Tandai 7 Tips Membuat Caption Instagram untuk Promosi

Pemasaran Instagram adalah soal visual. Kualitas foto Anda akan menjadi faktor pembeda dalam hal mendapatkan pengikut Instagram, buat mereka tertarik pada merek perusahaan Anda dengan menunjukkan tentang apa usaha Anda dan tonjolkan sisi manusiawi dari bisnis Anda dalam sebuah konten.

Tetapi kerja keras tidak berakhir setelah Anda mengambil foto yang indah dan mengeditnya dengan sempurna. Caption foto adalah tempat Anda dapat menyuarakan konten visual itu.

Keterangan Instagram yang baik menjelaskan tentang foto tersebut, memberi tahu followers Anda untuk mengambil tindakan, atau dengan membuat lelucon yang bikin konten Anda semakin menyenangkan dan dapat dibagikan.

caption Instagram
(Sumber: unsplash.com)

Jika Anda menganggap caption pada posting Instagram Anda sebagai renungan, beban pikiran orang, Anda kehilangan kesempatan untuk terlibat dan menyenangkan followers dengan cara yang tidak bisa dilakukan dengan visual. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menulis caption Instagram yang lebih baik untuk promosi.

 

1. Tulis beberapa konsep terlebih dahulu

Pernah memikirkan lelucon yang sempurna setelah menceritakan sesuatu, kayak “telat”. Kita semua memiliki perasaan yang sama ketika kita membuat judul Instagram yang sempurna setelah kita sudah mempublikasikan posnya.

Apa yang bisa kit apelajari? Jangan terburu-buru pada prosesnya. Alih-alih, menulis beberapa ide untuk caption, duduk sebentar dan tanyakan kepada rekan karja Anda mana yang terbaik. Lungkan waktu Anda.

Berkat perubahan algoritma Instagram, tingkat keterlibatan yang diterima posting Anda akan lebih penting daripada kronologi cerita. Feeds Instagram akan menunjukkan momen yang menurut Instagram paling kita pedulikan, kita sukai, dan sering kita cari atau klik. Visibilitas postingan Anda di feed followers akan tergantung pada jumlah Like dan Comment yang dimiliki sebuah postingan, engagement Anda dengan pengguna, dan faktor-faktor lainnya.

Itulah mengapa penting untuk meluangkan waktu Anda membuat teks yang bagus yang akan membuat pengikut Anda tetap ada, mereka akan senang membagikannya dengan teman-teman mereka dan mendorong mereka untuk terlibat dengan konten Anda.

 

2. Tulis informasi penting di depan

Jumlah karakter maksimum untuk teks Instagram (2.200 karakter) pada dasarnya adalah formalitas. Tetapi hal penting yang perlu diperhatikan adalah teks yang terpotong setelah tiga hingga empat baris di feed pengguna.

Tapi itu tak berarti Anda harus membuat teks tetap super singkat sehingga pengguna dapat melihatnya tanpa perlu klik “selanjutnya” atau “more”. Daripada begitu, lebih baik buat caption dengan informasi yang penting di kalimat pertama atau kalimat ajakan (call to action).

Kalimat utama atau lead haruslah mengungkapkan sesuatu yang membuat orang bertanya-tanya, penasaran, hingga tergugah untuk membaca atau melihat. Taruh informasi lainnya di bagian akhir teks seperti @mention dan tagar.

 

3. Sertakan ajakan bertindak (call to action)

Cara terbaik untuk meningkatkan potensi share content dari postingan Instagram dan keterlibatan followers adalah memiliki semacam ajakan untuk bertindak dalam caption. Itu berarti Anda harus menggunakan kata kerja untuk mendorong orang melakukan sesuatu, tidak hanya membiarkan mereka bergulir secara pasif.

Misalnya, Anda bisa mengajak “ketuk dua kali jika Anda single” atau “Ceritakan pengalaman menjomblo Anda di komentar.”

Berikut adalah beberapa ide yang dapat Anda gunakan untuk mengajak followers berinteraksi:

  • Ajukan pertanyaan

Dorong orang untuk berkomentar dengan pengalaman mereka sendiri. Anda mungkin dapat memanfaatkan pengalaman ini untuk membentuk strategi Instagram, atau untuk menghasilkan ide konten baru. Untuk meningkatkan keterlibatan dan membuat followers Anda senang, tanggapi jawaban mereka untuk menjadikannya seperti percakapan.

  •  Arahkan orang ke tautan di bio Anda

“Cek link di bio, ya!”, sering kan ngeliat postingan seperti itu?

URL yang dapat diklik tidak diizinkan di mana pun kecuali kotak “situs web” di bio Anda. Itulah sebabnya profil Instagram yang dioptimalkan sering memperbarui URL itu untuk menunjukkan konten blog terbaru mereka, video YouTube, produk, atau penawaran dan kemudian merujuk ke tautan itu di Caption mereka.

Misalnya, Anda ingin mengadakan kontes atau ingin menambah traffic blog? Ubah saja tautannya, lalu poskan sebuah foto yang menyebutkan tautan baru dalam caption foto tersebut.

  • Undang orang untuk menandai teman mereka

Dorong followers untuk membagikan pos Anda dengan teman-temannya. Undang mereka untuk menandai teman-teman mereka.

  • Undang orang untuk mengikuti kontes

Kontes sangat bagus untuk meningkatkan keterlibatan dan brand exposure di Instagram.

Cukup undang orang untuk memposting foto mereka sendiri dan beri tag di caption menggunakan tagar. Pertimbangkan untuk memasukkan aturan resmi kontes dalam caption untuk orang-orang yang tertarik, bahkan berikan tautan di bio Anda.

 

4. Batasi Caption dengan menggunakan 4 hashtag

Selama akun Anda bersifat publik, siapa pun yang mencari tagar itu dapat menemukan pos Instagram Anda. Hashtag sangat bagus untuk menghubungkan pengguna yang tidak terhubung satu sama lain, tetapi yang berbicara dan tertarik pada topik, acara, merek yang sama, dan sebagainya.

Tapi, gunakan tagar dengan hemat. Beberapa pengguna Instagram menggunakan serangkaian hashtag yang sering dicari sebagai cara untuk mendapatkan lebih banyak followers, tetapi kenyataannya malah terlihat spam. Jika Anda menggunakan satu ton tagar, orang-orang akan memperhatikan dan berpikir itu payah. Batasi tagar Anda menjadi tiga atau empat.

Ingat, Anda tidak harus memasukkan sama sekali jika Anda tidak mau. Anda tidak perlu tagar untuk memiliki teks Instagram yang luar biasa. Berikut adalah contoh teks yang bagus tanpa tagar dari Starbucks:

Gunakan tagar di bagian akhir teks Anda.

Jangan masukkan daftar hashtag apa pun sampai akhir keterangan. Kecuali kalau frasa hashtag cocok untuk masuk ke dalam kalimat caption.

Plus, jika teks Anda cukup panjang untuk dipotong, tagar yang ada di sana untuk menghubungkan orang-orang (bukan untuk menyenangkan orang) akan disembunyikan. Jadi tagar dalam keterangan ini akan disembunyikan dari orang-orang yang menggulirkan di feed Instagram mereka, karena mereka hanya ada di sana untuk alasan pencarian.

 

5. Tentukan gaya bahasa brand Anda dengan nada ringan/santai

Setiap jejaring sosial memiliki gaya bahasa berbeda yang berfungsi paling baik. Gaya Bahasa yang serius bisa saja Anda gunakan di LinkedIn, tapi copywiting yang sama tidak akan berfungsi dengan baik di Instagram. Postingan Instagram terbaik cenderung memiliki nada yang ringan, menyenangkan, memamerkan sisi merek yang lebih otentik, manusiawi, dan personal.

Menjadi konsisten dalam gaya bahasa dapat membantu Anda membangun brand di media. Orang-orang suka ketika merek membuat lelucon atau memasukkan permainan kata-kata.

 

6. Gunakan emoji

Emoji atau emotikon mirip kartun tersedia untuk sebagian besar pengguna ponsel pintar. Dengan menggunakan emoji, Anda dapat menambhakan kesan personal pada teks Instagram. Itulah sebabnya banyak merek menggunakannya dalam keterangan mereka, bahkan merek yang lebih “serius”.

 

7. Ketika ragu, buatlah caption tetap singkat.

Tergantung pada audiens Anda, caption mungkin perlu lebih dari beberapa kata atau kalimat. Misalnya, jika Anda adalah perusahaan makanan, Anda dapat memposting seluruh resep dalam teks Anda – dan tidak apa-apa, selama Anda memuat teks di depan dengan informasi yang paling penting (seperti nama resep).

Tetapi jika Anda tidak yakin apa suara/gaya bahasa merek Anda, aturan praktis yang baik adalah tetap singkat. Beberapa caption Instagram terbaik adalah punchlines pendek, atau dengan cara tertentu menyampaikan maksud mereka dengan cepat dan membiarkan konten visual melakukan sebagian besar pembicaraan.

Anda telah mengatahui 7 tips membuat caption Instagram untuk promosi. Bagaimana Anda bisa menerapkan pendekatan mereka pada teks Anda sendiri? Tanyakan ke rekan sebelah Anda. Atau tanyakan pada iBiG Digital untuk konsultasi strategi digital marketing yang tepat untuk perusahaan Anda.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *