Tips Membuat Deskripsi YouTube yang Baik

Tips Membuat Deskripsi YouTube yang Baik

YouTube jadi mesin pencari kedua setelah google, memiliki 92 milyar halaman view tiap bulan yang juga memberi traffic besar ke web dan blog, dan sekitar 35 jam video diunggah tiap menitnya. YouTube juga memungkinkan untuk monetitasi konten video Anda.

Bila Anda mendapat cukup view, maka Anda bisa menghasilkan uang dari vidoe youtube, karenanya mengetahui cara agar peringkat video YouTube Anda lebih tinggi di mesin pencari jadi hal yang penting.

Meski begitu, upload video saja tidak cukup untuk mendapat view di YouTube hingga Anda menjadi brand atau perusahaan besar seperti perusahaan musik. Kita biasanya menciptakan video seperti video hiburan, tutorial, tips, dan video niche lainnya, lalu mengunggahnya ke YouTube. Video ini perlu memiliki kualitas yang bagus dan kontennya unik untuk mendapat view yang bagus.

Buat Video Anda Gampang Ditemukan

Agar video Anda mudah ditemukan dan berkemungkinan terpampang di suggestion atau trending YouTube. Hal yang pasti perlu dilakukan adalah menggunakan judul yang menarik. Buatlah judul semenarik mungkin sehingga ketika orang membacanya, mereka akan tertarik pada video yang kita upload.

Saya sarankan jangan cuma clickbait, karena berakibat pada reputasi YouTube Anda. Buat judul yang menarik dengan menggunakan kata kunci yang paling sering orang cari. Itu lebih maksimal. Serta sesuaikan pula judul denga isi video.

Selain kualitas video, Anda juga dapat memaksimalkan konten Anda untuk ditemui pengguna lainnya dengan mengisi deksripsi. Deskripsi YouTube merupakan kalimat yang ditulis dan menggambarkan isi dari video yang di upload.

Penonton bisa saja tertarik dengan deskripsi video yang kita buat. Kemudian mereka menonton video kita. Tapi ada juga penonton yang melihat dahulu video. Lalu, karena kurang mengerti atau penasaran mereka pasti akan mencari keterangan video di kolom deskripsi.

Selain dari deskripsi, Anda juga perlu memaksimalkan meta tag. Menggunakan Tag pada YouTube merupakan sebuah keuntungan untuk menjadi kata kunci. Apabila orang lain mecari sebuah video, video Anda bisa jadi muncul dalam pencariannya.

Jangan pernah membuat Tag yang tidak berhubungan dengan Video YouTube. Sebab itu akan merigikan diri sendiri. Misalnya, Anda menggunakan Tag video lucu, ketawa, bayi imut padahal video yang diupload adalah video tentang Keindahan Alam. Anda juga tidak perlu berlebihan menggunakan tag, nanti akan dianggap spam oleh YouTube. Jadi, gunakan tag secukupnya saja.

Tips Membuat Deskripsi YouTube

Deskripsi dapat menyampaikan informasi penting, yang dapat membantu penonton menemukan video Anda dalam hasil penelusuran serta memahami apa yang akan mereka tonton. Deskripsi yang ditulis apik dengan kata kunci yang tepat dapat meningkatkan jumlah penayangan dan waktu tonton, karena membantu video muncul dalam hasil penelusuran.

Bidang deskripsi sangat berguna untuk membantu pemirsa menemukan, mempelajari, dan memutuskan apakah mereka ingin menonton video Anda atau tidak. Deskripsi terbagi ke dalam dua bagian — apa yang dilihat pemirsa sebelum mengeklik “Tampilkan lebih banyak” dan apa yang mereka lihat setelah mengekliknya.

Pertimbangkan untuk memprioritaskan beberapa baris pertama deskripsi untuk menggambarkan video Anda, karena itulah yang akan dilihat pemirsa pertama kali.

Anda dapat menambahkan informasi penting lainnya mengenai saluran, metadata, dan bahkan tautan ke jaringan sosial atau situs Anda di bawahnya, sehingga pemirsa dapat mencari tahu lebih lanjut. Anda bahkan dapat membuat deskripsi default yang otomatis memasukkan informasi utama saluran ke semua video ketika diupload.

  • Berikan gambaran tentang video Anda menggunakan bahasa yang alami, bukan hanya serangkaian kata kunci.
  • Cantumkan kata kunci yang paling penting di awal deskripsi.
  • Identifikasi 1-2 kata utama yang menggambarkan video, dan tonjolkan kata tersebut dalam deskripsi maupun judul.
  • Gunakan Google Trends dan Perencana Kata Kunci Google Ads untuk mengidentifikasi kata kunci populer dan sinonimnya. Dengan menyertakan berbagai istilah ini, Anda dapat memaksimalkan traffic dari penelusuran.
  • Hindari kata-kata yang tidak relevan dalam deskripsi, karena dapat mengurangi asyiknya pengalaman menonton video, serta dapat melanggar kebijakan kami.
  • Pastikan setiap video memiliki deskripsi yang unik. Itu membuat video mudah ditemukan melalui penelusuran, dan membantu menonjolkannya di antara video serupa.
  • Gunakan beberapa baris teks pertama untuk menjelaskan isi video tersebut, dengan menyertakan kata kunci yang mudah ditelusuri dan bahasa yang mengalir secara alami.
  • Gunakan teks sisanya (yang muncul setelah pemirsa mengeklik “Tampilkan lebih banyak”) untuk memberikan informasi tambahan seperti topik saluran Anda, tautan ke media sosial, dan lain-lain.

Berikut ini adalah salah satu video YouTube yang iBiG Academy buat dengan deskripsi yang relevan dengan isi video. Di video ini, sedang membahas mengenai komunitas bisnis online yang akan dibuka pendaftarannya di iBiG Academy setelah lebaran. Pantengin terus channel YouTube mereka ya!

https://www.youtube.com/watch?v=p4-qvv9X11s&t=104s

 

Hal yang paling penting untuk diingat. Membuat Judul, Deskripsi dan Tag harus sesuai dengan isi dari video yang Anda upload ke YouTube. Jika tidak, maka akan merugikan diri Anda sendiri. Bisa jadi video Anda dihapus oleh pihak YouTube dan yang lebih parah Channel milik Anda juga dihapus tanpa kompromi.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *