judul youtube

Trik Membuat Judul YouTube yang Ampuh

Saat berselancari di YouTube, apa yang membuat Anda tertarik untun menonton tayangannya?

Apakah:

A. Thumbnail yang ditampilkan

B. Judul yang Menarik

C. Channel YouTuber yang Anda sukai

Dari ketiga pilihan itu, mana pertama kali yang Membuat Anda ingin menonton videonya?

Zaman sekarang, orang akan tertarik terhadap sesuatu ketika melihat konten visualnya. Kemudian akan membaca teks untuk memperjelas makna konten tersebut.

Jadi, para penonton YouTube biasanya pertama kali akan tertarik melihat Thumbnail sesuai dengan selera mereka. Thumbnail yang paling sering membuat orang tertarik adalah foto yang mewakili isi video dan paduan kata yang ditulis dengan jelas dan enak dilihat.

Kemudian, mereka akan membaca judul dari video tersebut, apakah sesuai dengan apa yang mereka cari atau video tersebut memiliki informasi berharga untuk dibagikan ke teman-temannya? Ketika mereka tambah penasaran dengan isi video, maka mereka akan mulai membaca deskripsi youtube. 

Jika mereka menonton video yang lainnya di channel yang sama berkat arahan dari suggestion YouTube atau rekomendasi pilihan YouTuber-nya di End Cards, kemungkinan besar mereka mulai menyukai karya-karya dari creator-nya. Sehingga, mereka dengan sukarela subscribe dan akan menonton video creator tersebut ketika melihat siapa yang upload.

Ada pula kriteria penonton yang akan menonton setelah membaca judul video tanpa melihat thumbnail atau creator video. Hal ini bisa terjadi karena memang judul itu menarik, click bait, atau judul sesuai dengan apa yang ingin mereka cari di YouTube. Ditambah lagi, jika di deskripsi diperjelas dengan kata kunci yang sesuai. Mereka akan menonton video tersebut.

Nah, untuk membuat video Anda menarik perhatian penonton selain dengan thumbnail, iBiG Digital akan membahas trik membuat judul YouTube yang ampuh.

Cara Membuat Judul YouTube Menarik dan Tepat

Judul yang ditulis dengan baik dapat mendorong orang untuk menonton video tersebut atau melewatkannya begitu saja. Saran dari YouTube sendiri, sebaiknya buat judul yang bisa menggambarkan isi konten secara akurat. Anda bisa melakukannya dengan membuat judul yang kreatif untuk membangkitkan rasa ingin tahu, atau mempromosikan isi konten.

Hindari penggunaan clickbait. Thumbnail atau judul yang sensasional adalah yang berlebihan, menyinggung, atau berisi kata-kata kotor. Hal semacam ini dapat membuat penonton menjauh dan mengurangi peluang Anda untuk direkomendasikan kepada penonton baru.

Penting untuk menggambarkan video Anda secara akurat agar penonton tetap menonton sampai selesai. Jika penonton tidak bertahan karena video tidak sesuai dengan ekspektasi mereka, Anda akan melihat penurunan retensi penonton. Selain Anda akan terancam secara sosial di dunia maya, hal ini dapat menyebabkan video Anda cenderung tidak direkomendasikan di YouTube, mendapatkan ranking yang buruk, video Anda di take down oleh YouTube, bahkan kehilangan akun.

Jika anda menggunakan judul yang menyesatkan dan sensasional, tetapi tidak melanggar batas. Video tetap dapat ditayangkan di YouTube. Namun, peluangnya untuk direkomendasikan kepada penonton baru mungkin lebih kecil. Peringkatnya di area rekomendasi serta area YouTube lainnya mungkin akan lebih rendah.

Berikut ini iBiG Academy akan meringkas trik membuat judul YouTube.

Trik Membuat Judul YouTube

  1. Pastikan agar judul tetap ringkas (60 karakter) dengan informasi paling penting di depan.
  2. Jika Anda memiliki video bersambung, tempatkan nomor episode dan branding di bagian akhir.
  3. Pastikan judul Anda tidak terputus ketika ditampilkan dalam rekomendasi video, hasil penelusuran, dan di perangkat seluler.

Hal yang Harus Dihindari dalam Membuat Judul YouTube

Judul

  • HURUF BESAR DAN SIMBOL YANG BERLEBIHAN!!!
  • Penipuan atau terlalu melebih-lebihkan (clickbait)
  • Bahasa yang tidak senonoh
  • Judul yang terlalu panjang atau melebihi karakter yang disarankan

Untuk diingat kembali, jika Anda masih menggunakan judul yang memprovokasi atau menipu, tidak ada kesesuaian antara judul-deskripsi-isi video, maka video Anda tidaka akan disarankan oleh YouTube.

Berikut ini beberapa atribut yang dapat memengaruhi rekomendasi video kepada penonton baru:

  • Menipu atau menyesatkan: Tidak mewakili isi video.
  • Membuat syok: Mengandung bahasa atau gambar yang menyinggung atau berlebihan.
  • Menjijikkan: Berisi gambar yang jorok atau menjijikkan.
  • Kekerasan yang mencolok: Mendorong kekerasan atau pelecehan secara tidak perlu.
  • Tidak senonoh: Menyiratkan tindakan yang menjurus pada seks atau tindakan cabul.
  • Kasar: Menggunakan HURUF BESAR semua atau tanda seru!!!!! untuk memberikan penekanan pada judul.

Untuk memaksimalkan potensi jangkauan Anda, buatlah thumbnail dan judul yang sesuai untuk cakupan penonton yang lebih luas. Salah satu aturan pokoknya adalah selalu berikan apa yang Anda janjikan, dan hindari menyisipkan kata, simbol, atau visual yang dapat menipu atau menjauhkan calon penonton.

Anda bisa mencontoh judul yang digunakan oleh iBiG Academy untuk mempromosikan komunitas bisnis online mereka. Ini dia judul yang tepat untuk YouTube:

https://www.youtube.com/watch?v=p4-qvv9X11s&t=104s

Judul yang Tepat Mendatangkan Iklan

Judul dan thumbnail bisa membawa berkah buat Anda. Buat thumbnail dan judul yang cocok untuk pengiklan untuk membantu monetisasi video Anda.

Pengiklan dapat memilih untuk menargetkan video yang berisi istilah dan kata kunci tertentu pada judul, deskripsi, atau tag, agar video menjangkau penonton yang diinginkan. Hal ini dapat memengaruhi konten mana yang dapat dimonetisasi.

Pengiklan juga dapat menghindari istilah dan kata kunci yang tidak sesuai dengan brandnya. Misalnya, video yang berisi kata-kata yang tidak sopan, kontroversial, atau istilah bernuansa seksual (walaupun jika digunakan dalam konteks komedi, satir, atau konteks apa pun yang tidak menyinggung) dapat membuat sejumlah pengiklan batal menyertakan video Anda dalam kampanye mereka. Jadi, perhatikan teks yang digunakan pada judul Anda.

Nah, itulah trik membuat judul YouTube yang Ampuh. Jika Anda tertarik dengan tips dan trik lainnya mengenai digital marketing, follow Instagram @ibigdigital dan subscribe channel YouTube iBiG Digital.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *