Instagram Close Friends

4 Cara Memanfaatkan Close Friends di Instagram untuk Bisnis

Anda ingin mengirim Instagram Story hanya pada orang-orang tertentu? Apakah Anda pernah mendengar soal fitur Close Friends?

Apa itu Close Friends Instagram?

Kebanyakan orang mungkin mengikuti atau diikuti ratusan akun lain bahkan ribuan. Sehingga mereka sulit untuk berbagi konten tertentu dengan orang-orang tertentu pula. Instagram memberikan solusi dengan fitur Close Friends atau Teman Dekat, memungkinkan seorang pengguna berbagi cerita dengan hanya sekelompok orang terpilih yang masuk dalam daftar teman dekatnya.

Siapkan Daftar Close Friends Anda

Cuma Anda yang dapat mengatur daftar teman dekat Anda. Orang lain tidak bisa meminta untuk bergabung dengan daftar Close Friend Anda, mereka juga tidak bisa melihat apakah kita telah menambahkan atau menghapus mereka.

Berikut ini adalah cara membuat Close Friends di Instagram:

1. Tekan tombol tiga baris di sudut kanan atas, pilih menu Close Friends atau Teman Dekat.

membuat daftar close friendsmembuat daftar close friends

 

2. Daftar teman dekat akan terbuka, Instagram akan memberi Anda pengguna yang disarankan untuk ditambahkan. Anda juga dapat menggunakan kolom pencarian untuk menemukan pengguna.

3. Tekan tombol Add atau Tambahkan yang berwarna hijau. Otomatis mereka akan masuk ke daftar teman dekat Anda.

membuat daftar close friends

4. Untuk menghapus seseorang dari daftar, klik Remove atau Hapus di sebelah pengguna.

membuat daftar close friends

3 hal yang perlu Anda ketahui ketika menambahkan teman ke daftar Close Friend Anda:

  1. Anda dapat menambah atau menghapus pengguna dari daftar teman dekat Anda kapan saja.
  2. Pengguna tidak akan menerima notifikasi yang ditambahkan atau dihapus.
  3. Tidak ada batasan pada berapa banyak orang yang ada di daftar Anda.

 

Kirim Cerita untuk Close Friend Instagram

Untuk mengirim cerita ke daftar teman dekat Anda cukup lakukan seperti Anda mengunggah Insta Story biasa. Bagikan gambar atau video, tambahkan stiker atau teks, dan pilih filter untuk cerita Anda.

Instagram telah sedikit mengubah tata letak untuk berbagi cerita. Sekarang, di bagian bawah layar unggah cerita, Anda memiliki opsi untuk mengirim cerita Anda ke teman dekat Anda.

Setelah Anda berbagi cerita dengan teman dekat, Anda akan melihat lingkaran berwarna di sekitar foto profil Anda berubah menjadi hijau. Cerita yang anda bagikan akan muncul berurutan dengan cerita lain yang telah Anda bagikan dengan seluruh audiens Anda. Sementara orang yang tidak ada di daftar close friend hanya akan melihat cerita yang dibagikan ke publik.

membuat daftar close friends Instagram

Snapgram yang Anda bagikan dengan daftar close friends tidak akan muncul di Insight untuk akun bisnis Anda. Cerita tersebut dianggap sebagai konten terpisah yang tidak tersedia untuk umum sehingga tidak akan ada data tentang mereka.

Gunakan Fitur Close Friends untuk Bisnis

Bagi pengguna biasa, fitur ini lebih menyenangkan dan memiliki privasi. Nah, sebagai pengguna bisnis Anda juga dapat memanfaatkan fitu ini. Tapi ingat! utnuk menambahkan seseorang ke Close Friends, Anda harus mengikuti mereka. Artinya, Anda harus follow pelanggan Anda.

Berikut ini cara yang dapat Anda pertimbangkan untuk menggunakan fitur Close Friends untuk bisnis Anda:

1. Kirim hadiah ke Top Followers Anda

Pasti Anda memiliki followers yang loyal. Sering merespon postingan Anda dengan berkomentar, memberi likes, atau mengikuti trivia yang diadakan. Pertimbangkanlah followers yang berdedikasi ini ke daftar teman dekat Anda dan bagikan hadiah untuk mereka. Anda bisa memberikan kupon diskon, pre order ekslusif, dan bonus hadiah.

2. Kirim Penawaran dan Konten Ekslusif untuk Anggota VIP

Jika Anda menawarkan keanggotaan VIP atau grup pribadi kepada pelanggan Anda, Anda dapat menempatkan pengguna tersebut di daftar teman dekat. Mirip dengan memberi penghargaan kepada Top Followers, Anda dapat menawarkan kode diskon eksklusif, pre order produk baru, konten khusus dan lebih banyak lagi.

Jika Anda seorang pelatih dalam bentuk apa pun (pelatih bisnis, pelatih kebugaran, ahli gizi, dll.), ini akan menjadi cara yang bagus untuk menempatkan semua klien Anda yang membayar ke dalam satu grup di Instagram. Mereka mendapatkan konten eksklusif sebagai pelanggan yang membayar. Followers yang lain masih bisa mendapatkan konten gratis yang mendidik, tetapi mereka tidak akan melihat kiat dan motivasi yang bernilai tinggi yang Anda berikan kepada anggota yang membayar.

3. Bagikan Konten Pribadi atau Behind The Scene Bisnis Anda

Menggunakan cerita Instagram untuk menunjukkan konten behind the scene (bts) adalah taktik yang populer. Tetapi, kadang-kadang Anda tidak ingin semua orang melihat sisi bisnis Anda itu. Anda dapat memilih orang-orang tertentu yang Anda merasa lebih nyaman menunjukkan sisi lain dari bisnis.

4. Tunjukkan Rasa Terima Kasih Kepada Pelanggan Setia dengan sebuah Video

Berikan sentuhan pribadi pada story bisnis Anda. Buatlah video berisi rasa terima terima kasih terhadap followers Anda yang berdedikasi. Daripada harus mengirim pesan atau DM masing-masing akun, Anda bisa memasukkan mereka semua dalam daftar teman dekat Anda.

Semua tips yang tercantum di atas menunjukkan cara yang menyenangkan untuk memberi penghargaan dan terhubung dengan audiens Anda di Instagram. Ingat artikel sebelumnya mengenai engagement Instagram? Fitur Close Friend adalah satu lagi cara agar Anda dapat memanfaatkan Instagram untuk membuat hubungan nyata dengan followers dan pelanggan di profil Instagram Anda.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda tertarik untuk menerapkan tips di atas? Atau bahkan Anda telah mencoba taktik ini di Instagram? Ceritakan pengalaman dan tips Anda dengan komentar di bawah ini 🙂

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *