• hello@ibig.id
Menaikkan Jumlah Viewers Youtube Melalui Optimasi Penulisan Deskripsi
YouTube Marketing

Menaikkan Jumlah Viewers Youtube Melalui Optimasi Penulisan Deskripsi

ibig, 12/12/2019

Jangan remehkan pentingnya mengetahui cara menulis deskripsi di Youtube. Jika channel Anda sepi viewers, bisa jadi itu karena penulisan deskripsi yang salah. Sebagus apapun video yang Anda sudah buat, orang sulit untuk menemukan channel Anda jika Anda tidak mengoptimasi bagian deskripsi ini.

Semakin banyak orang yang memiliki channel Youtube. Tujuannya bermacam-macam. Ada yang untuk branding produk atau jasa yang ditawarkan. Ada yang ingin melakukan marketing. Ada juga yang ingin mendapatkan uang dari Youtube Adsense.

Apapun itu, semuanya bertumpu pada satu hal. Yaitu viewers. Percuma saja jika channel Youtube Anda tidak punya viewers. Anda tidak akan mendapatkan uang. Ibarat kata. Anda punya toko namun tidak ada yang mengunjungi. Jangankan sales. Pengunjung yang tertarik untuk melihat saja itu.

Maka dari itu, Anda harus tahu bagaimana cara memperoleh viewers. Banyak cara yang harus Anda lakukan. Namun, yang paling krusial adalah deskripsi. Anda harus tahu bagaimana cara menulis deskripsi di Youtube. Karena ini menjadi senjata yang ampuh untuk mendatangkan viewers.

Jangan Asal Menulis Deskripsi di Channel Youtube

Deskripsi itu sangat powerful. Karena dari deskripsi, orang akan mengklik dan menonton video di channel Youtube Anda.

“Bukankah sudah ada judul video?” Memang sudah ada judul. Namun, orang tidak cukup yakin untuk meluangkan waktu untuk menonton video Anda dari judul. Harus ada deskripsi yang membuat mereka yakin untuk menonton.

Ini seperti headline sebuah berita. Ketika Anda mengetik sebuah keyword di Google, maka akan muncul beberapa situs dengan judul yang hampir sama. Mana yang akan Anda pilih? Biasanya, yang akan dipilih adalah yang sudah ada judul menarik dengan deskripsi yang mengundang orang untuk mengklik.

Logika itu pula yang Anda harus pahami untuk mengoptimasi channel youtube Anda. Oleh sebab itu, Anda harus tahu betul bagaimana tips menulis deskripsi di Youtube.

Jadi, tujuannya adalah untuk mengundang orang mengklik video Anda. Selain itu, deskripsi juga bagus di mata Google. Salah satu bagian yang harus dioptimasi adalah deskripsi.

Oleh sebab itu, setidaknya ada dua keuntungan jika Anda tahu bagaimana cara menulis deskripsi yang benar. Yang pertama, video Anda akan diprioritaskan oleh Google. Karena ketika Anda menuliskan deskripsi yang tepat, itu artinya Anda sedang melakukan optimasi search engine. Yang kedua, orang akan lebih tertarik untuk menonton video Anda daripada video lain yang mungkin memiliki konten yang mirip.

Jadi, apakah belajar cara membuat deskripsi video di Youtube itu penting? Anda bisa jawab sendiri sekarang.

Yang Perlu Diperhatikan ketika Membuat Deskripsi di Youtube

Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Sebenarnya, membuat deskripsi video di channel Youtube itu tidak rumit. Anda hanya perlu mengingat tiga komponen dasar berikut ini:

  1. Gunakan Kata Kunci

Kenapa harus menggunakan kata kunci? Logikanya sederhana. Agar video Anda banyak penonton, Anda harus membuat video yang banyak orang sukai, bukan? Dan ide untuk membuat video yang banyak orang suka itu berasal dari kata kunci.

Sebelum membuat video, Anda bisa lakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Gunakan tool bawaan Google. Misalnya saja Google Trends. Atau Anda bisa manfaatkan software riset keyword lainnya. Dengan melakukan riset, Anda akan tahu kata kunci apa yang banyak disukai orang. Lalu, Anda bisa membuat video dengan ide kata kunci tersebut.

Jangan lupa. Ketika Anda ingin mengupload video, tuliskan kata kunci tersebut di judul dan juga di deskripsi. Ini akan membantu search engine untuk mengarahkan viewers mendapatkan video Youtube Anda.

  1. Buat Kalimat Persuasif

Salah satu alasan mengapa sebaiknya Anda belajar bagaimana cara menulis deskripsi di Youtube adalah untuk menarik orang agar mau mengklik dan menonton video. Maka dari itu, Anda harus membuat kalimat deskripsi yang bersifat persuasif.

Misalnya saja Anda tuliskan dengan memberikan tanda tanya. Atau Anda gunakan nama atau kata yang sifatnya emosional. Contoh, jika video Anda menceritakan tentang perjuangan pasangan kakek nenek yang masih rajin bekerja, Anda bisa menonjolkan kata-kata kakek nenek. Karena ini akan memunculkan sisi emosional.

  1. Buat Deskripsi Senatural Mungkin

Memang Anda harus membuat deskripsi yang mengundang orang untuk klik dan menonton. Namun, jangan keterlaluan. Anda harus buat kalimat senatural mungkin. Karena jika berlebihan, orang pun semakin tidak yakin untuk mau menonton.

Sekarang ini, masyarakat sudah tahu banyak yang bekerja untuk mendapatkan viewers. Mereka biasanya menggunakan judul dan deskripsi video yang bombastis. Padahal, video tidak sebombastis judul dan deskripsi tersebut.

Gunakan keyword di bagian deskripsi. Buat kalimat yang mengajak orang untuk menonton. Tapi, buat kalimat yang wajar. Jangan berlebihan.

Youtube kini menjadi media sosial yang paling popular. Faktanya, memang kebanyakan orang Indonesia lebih tertarik menonton video daripada membaca. Itulah yang membuat konten video Youtube lebih popular daripada blog.

Kini, orang tidak lagi bisa menjelaskan atau menyampaikan suatu informasi melalui tulisan. Mereka bisa menggunakan media video.

Hanya saja, Anda harus pahami satu hal. Semakin banyak orang menggunakan media Youtube, maka kompetisinya semakin ketat.

Apa yang harus Anda lakukan? Anda perlu membuat video yang berkualitas. Sesuaikan tema video yang Anda buat dengan kemauan penonton Anda. Update konten video secara rutin. Dan yang paling penting lagi, Anda harus belajar optimasi Youtube atau bisa juga untuk coba pelajari tips membuat konten Youtube.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *