• hello@ibig.id
Tips User Generated Content di Youtube Dari Digital Marketing Agency
Strategi Digital, Tips Digital, YouTube Marketing

Tips User Generated Content di Youtube Dari Digital Marketing Agency

Harleta Nityaningrum, 16/10/2019

Bila Anda belum sadar, Digital Marketing Agency terbaik pasti tahu bahwa konten video sedang naik daun. 45% dari pengguna internet meluangkan waktu paling tidak sejam atau lebih untuk menonton video di Facebook atau Youtube setiap minggunya.

Video merupakan konten wajib. Tak heran sudah jadi keharusan tim brand membuat video untuk berkomunikasi dengan pemirsanya. Meskipun, kerap kali publisitas video terbaik justru datang dari video jenis user generated content (UGC) seperti review produk.

Tak dapat dipungkiri, bila perusahaan Anda yang membuat video, pastilah hasilnya akan sangat rapi, professional, dengan tatanan kata-kata menjual yang menggambarkan kelebihan produk atau jasa Anda. Tapi, tak satupun usaha Anda dapat menyamai kualitas video user generated content dari segi otentisitas. 

Konsumen jauh lebih percaya dengan rekomendasi dari sesama konsumen dibanding perusahaan. Promosi melalui teknik user generated content merupakan cara terbaik untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan seraya memperluas jangkauan pemirsa Anda. 

Youtube dan User Generated Content

Sebelumnya telah dijelaskan bagaimana pentingnya video sebagai bagian konten Anda. Dimana lagi tempat terbaik untuk memposting video Anda selain di Youtube?

Platform video terbesar Youtube telah menjadi tempat andalan untuk memposting video. Tidak heran dalam penerapan UGC video, Youtube adalah sasaran utama. Berikut beberapa tipe video user generated content dan bagaimana cara implementasinya:

    1. Berbagi Cerita
      Jangan malu untuk berbagi cerita. Setiap orang mampu bercerita, termasuk perusahaan Anda. Misalkan saja, bila Anda memiliki perusahaan yang menjual produk bayi, dorong konsumen untuk membuat video mengenai cerita bayi mereka. Acara tersebut mampu mendorong orang tua (potensial konsumen untuk produk bayi) untuk berpartisipasi karena tertarik dengan konten mengenai lucunya bayi. 
    2. Bantu Konsumen Shooting Video
      Beberapa konsumen mungkin pernah membuat testimoni mengenai produk Anda. Sayangnya beberapa ulasan positif mengenai produk atau jasa Anda mungkin tidak terlihat profesional. Maklum saja, tidak semua ulasan dari konsumen mendapat modal kamera DSLR cantik, pencahayaan sempurna, dan sebagainya.

      Demi mendorong adanya UGC, bantulah konsumen yang telah menyenangi produk Anda. Kirimkan tim produksi pada konsumen dengan testimoni terbaik dan shoot video testimoni yang profesional. Cara ini merupakan salah satu promosi produk atau jasa terbaik atau untuk menciptakan konten menarik untuk perusahaan yang cukup niche. 
    3. Live Review
      Riset menunjukkan live review produk atau jasa dari konsumen bisa meningkatkan konversi hingga 74%. Hal ini seharusnya tidak aneh. Bandingkan dengan Anda sekedar mendapat pengunjung web dari iklan berbayar yang konsumen belum tentu kenal dengan brand dan tidak tahu harus percaya atau tidak.

      Demi meyakinkan konsumen pasti dengan klaim produk atau jasa Anda, mereka membutuhkan bukti sosial. Disinilah bukti review konsumen dalam bentuk video diperlukan. Tidak seperti ulasan review yang mudah dipalsukan, ulasan dalam bentuk video dari konsumen jauh lebih kredibel. 
    4. Dorong konsumen untuk memberikan testimoni
      Hubungi konsumen terbaik Anda (idealnya mereka yang sering melakukan pembelian) dan tawarkan kode diskon atau giveaway gratis sebagai ganti ulasan yang mereka berikan. Tidak usah muluk-muluk menggunakan peralatan mahal. Smartphone saja sebetulnya sudah cukup, bahkan semakin rendah kualitas, ulasan tampak lebih kredibel.

      Misalkan saja, Anda menjual hair extensions, Anda bisa membayar Influencer Youtube untuk membuat tutorial video menggunakan produk Anda. Jika Anda menjual peralatan cukur, Anda bisa membayar influencer untuk menggunakan video mendemonstrasikan bagaimana cara mencukur yang baik. 
    5. Repost Review Terbaik
      Seiring dengan pertumbuhan brand Anda, review produk akan datang dengan sendirinya. Disinilah Anda bisa memanfaatkan teknik repost review terbaik. Minta tim pemasaran Anda untuk mencari review positif seputar produk atau jasa Anda dan repost pada akun Youtube. 

      Tapi, namanya juga pendapat, ada negatif dan positif. Bilamana Anda menemukan ulasan negatif, jangan langsung marah-marah. Gunakan informasi dari ulasan negatif sebagai bahan koreksi. Bila perlu, respon dengan tenang dan professional.Respon yang profesional untuk kekurangan produk atau jasa dapat mengubah konsumen yang tidak puas menjadi pengikut brand yang setia. Konsumen seringkali senang mendapat balasan ulasan yang positif dan menenangkan seperti yang mereka mau.

Youtube untuk User Generated Content dapat dikatakan langkah yang sangat ‘mujarab’ dalam meningkatkan kualitas brand produk atau jasa Anda. Tentu, bila strategi UGC di Youtube dilakukan dengan tepat. Anda yang belum berpengalaman mungkin kebingungan. Jangan khawatir, digital marketing agency iBiG siap membantu Anda. Hubungi hello@ibig.id untuk konsultasi gratis serta informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *