• hello@ibig.id
Seberapa Penting Digital Consultant untuk Memajukan Usaha Anda?
Instagram Marketing, Konten Digital, Strategi Digital, Tips Digital

Seberapa Penting Digital Consultant untuk Memajukan Usaha Anda?

ibig, 15/10/2019

Tidak sedikit perusahaan konvensional yang akhirnya bekerjasama dengan jasa digital consultant. Alasannya sederhana. Mereka tidak ingin tergerus dengan adanya kompetitor yang menggunakan cara marketing digital.

Anda bisa lihat perusahaan besar tidak lagi memasang iklan di TV. Mereka juga membuat website, memanfaatkan media sosial, dan channel-channel lain untuk melakukan promosi digital. Hal semacam itu pasti dilakukan atas saran dari jasa digital consultant. 

Bagaimana dengan usaha Anda? Apakah perlu? Jawabannya ada pada diri Anda sendiri. Anda yang bisa menjawab sendiri seberapa penting seorang konsultan bisnis digital bagi usaha Anda.

Untuk bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan tersebut, pahami dulu apa peran seorang digital consultant dalam sebuah usaha.

Kenali Peran Penting Digital Consultant

Anda pasti tidak ingin mengeluarkan uang untuk hal yang sia-sia, bukan? Oleh sebab itu, sebelum Anda menghubungi seorang konsultan di bidang digital marketing, Anda perlu tahu juga apa peran yang ia ambil di dalam usaha Anda. Apakah peran tersebut sangat krusial untuk memajukan usaha Anda?

Jawabannya bisa Anda dapatkan setelah Anda tahu peran penting konsulan digital marketing berikut ini:

Mengenali Perubahan 

Beberapa perusahaan yang sudah berdiri bertahun-tahun bekerjasama dengan jasa konsultan karena satu alasan. Mereka ingin tahu perubahan apa yang terjadi sehingga perusahaan harus mengikuti perubahan tersebut.

Di era digital ini, behavior masyarakat berbeda. Cara mereka bertransaksi berbeda. Semuanya hampir berhubungan dengan internet. Bahkan, untuk pembelian kebutuhan sehari-hari saja mereka bisa lakukan secara online.

Apakah produk atau jasa yang Anda tawarkan perlu ditawarkan secara online? Apakah perubahan behavior konsumen Anda pengaruhi penjualan di perusahaan Anda? Jika ya, jelas sekali Anda butuh jasa digital consultant jika Anda ingin tetap survive. Dan ini juga cara yang paling tepat untuk mengembangkan bisnis Anda.

Mendapatkan Ide Fresh dan Kreatif

Peran konsultan tidak hanya untuk membuat pemasaran digital yang lebih efektif. Di saat yang sama, sebenarnya yang mereka lakukan adalah mencari ide yang lebih kreatif dan lebih fresh. Sehingga apapun model marketing yang dilakukan menyasar konsumen. Konsumen menjadi lebih tertarik dan loyal dengan produk yang perusahaan Anda buat.

Lebih Paham Siapa Konsumen Anda

Dan saat membuat campaign, sebenarnya saat itulah jasa digital consultant benar-benar tahu apa yang diinginkan oleh konsumen Anda. Mereka membuat iklan yang menarik sesuai dengan yang disukai oleh konsumen. 

Sekarang, Anda jawab sendiri. Apakah usaha Anda membutuhkan jasa konsultan digital? Sepertinya tidak ada perusahaan yang tidak membutuhkan jasa konsultan digital.

Hati-Hati! Jangan Asal Pilih Digital Consultant 

Ada dua opsi yang bisa Anda ambil. Yang pertama, Anda mempekerjakan orang yang ahli di bidang digital marketing. Itu artinya Anda harus memberikan gaji, tunjangan, dan lain sebagainya layaknya karyawan yang lain.

Opsi yang kedua adalah bekerjasama dengan jasa digital consultant. Anda membayar sesuai dengan yang dilakukan oleh jasa tersebut. Jika tidak sesuai dengan target, Anda bisa memutuskan kontrak dan mencari jasa lainnya.

Sepertinya opsi yang kedua jauh lebih baik. Dan memang itulah opsi yang sering dipilih oleh perusahaan. Mereka bisa fokus menjaga kualitas produk yang mereka buat. Sementara masalah marketing, mereka serahkan pada penyedia jasa konsultan digital.

Jika Anda cenderung memilih yang kedua, hati-hati dalam memilih. Sekarang ini, banyak sekali yang menyediakan jasa sebagai konsultan. Sebaiknya Anda pilih sesuai dengan kriteria berikut ini:

Kemampuan Menganalisa yang Bagus

Sebelum memilih, sebaiknya Anda meminta calon digital consultant Anda untuk melakukan presentasi. Ini tidak hanya presentasi tentang harga yang mereka tawarkan melainkan juga analisa pasar terkait dengan produk yang Anda promosikan.

Dari sanalah Anda bisa menilai apakah mereka benar-benar bisa Anda andalkan atau tidak. Perhatikan cara mereka menganalisa. Jika mereka mampu memaparkan data yang valid dan terkini, Anda tidak salah pilih.

Bisa Mengukur Tingkat Keberhasilan dari Pekerjaannya

Selain memiliki kemampuan menganalisa berdasarkan data, mereka juga harus bisa menentukan ukuran keberhasilan. Anda juga bisa menentukan ukuran keberhasilannya sendiri. Lalu, Anda tawarkan apakah jasa digital consultant yang akan Anda pilih mampu mengikuti ukuran keberhasilan yang Anda tentukan atau tidak.

Punya Plan yang Jelas

Dalam melakukan presentasi, jasa konsultan juga akan memaparkan plan atau rencana yang akan mereka lakukan. Ini berkaitan dengan banyak hal, mulai dari rencana kerja, goal yang ingin dicapai, dan lain sebagainya.

Strategi yang Diimbangi dengan Aksi

Jangan sampai Anda terpukau dengan presentasi saja. Anda juga harus imbangi dengan bagaimana aksi dilakukan.

Tentu sulit bagi Anda untuk mengukur aksi yang mereka lakukan. Dalam hal ini, Anda bisa melihat portfolio mereka. Lihat bagaimana tingkat keberhasilan mereka dalam menerapkan kemampuan digital marketing mereka di perusahaan yang lain.

Punya Tim Ahli

Jasa digital consultant itu tidak petarung sendiri. Mereka yang profesional pasti memiliki tim. Dan di dalam tim tersebut, ada orang-orang yang ahli di bidang masing-masing. Ada yang ahli di bidang SEO (Search Engine Optimization), Social Media Management, content marketing, dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin tetap survive di era kompetisi digital saat ini, mau tidak mau Anda butuh masukan dari seorang konsultan yang tahu mengenai dunia digital. Jangan sampai perusahaan Anda sudah terpuruk. Baru Anda sadari pentingnya Anda bekerjasama dengan jasa digital consultant. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *