Tak diragukan lagi, pemasaran melalui video telah mengalami peningkatan beberapa tahun kebelakang, popularitasnya terus bertambah dan sangat menguntungkan untuk merek. Berdasarkan keterangan digital marketing agency, beberapa situs seperti SnapChat, Facebook, Instagram, Twitter, atau web Anda sendiri adalah investasi yang baik, Youtube tetaplah platform raksasa dengan ribuan pengguna setiap hari menonton video di platform ini.
Kerap kali diklaim sebagai mesin pencari terbesar kedua di dunia, Youtube dapat membantu konten Anda ditemukan dengan cepat dan berinteraksi dengan pengguna jika Anda tahu cara manajemen youtube brand. Berikut 5 cara efektif dalam mengembangkan channel Youtube Brand Anda:
- Daur ulang Konten Berkualitas
Tentu saja, cara termudah mengembangkan channel youtube Anda adalah menyediakan konten yang sangat berkualitas. Tapi, konten yang sangat berkualitas tidak harus dibuat dari awal. Beberapa video terbaik bisa dibangun dari konten yang sudah menarik, berharga, berguna, dan digemari oleh penonton Anda.
Banyak orang datang ke youtube untuk menemukan jawaban dan tutorial untuk masalah yang sedang mereka hadapi. Sehingga, konten yang memang mampu memenuhi keberadaan kebutuhan sangat populer.
Anda belum punya konten yang populer? Cari inspirasi di luar youtube tidak ada salahnya, lho. Lihat saja blog, tutorial, dan konten apa saja yang memiliki performa baik dan pikirkan bagaimana cara menyajikan isi konten-konten tersebut dalam video-video keren. - Interaksi dengan Penonton Anda
Perlu diingat bahwa meski mayoritas Youtube dipenuhi video, platform satu ini tetap saja media sosial, sehingga interaksi sosial tentu diperlukan. Jika Anda hanya posting video tanpa mengajak penonton untuk berkomentar dan berdiskusi, maka Anda melewatkan langkah penting dalam mengembangkan Youtube brand Anda.
Tahukah Anda, Youtube sangat apresiatif pada channel yang memiliki interaksi bagus, termasuk durasi tonton, jumlah jempol (likes atau dislikes) dan komentar. Jika memungkinkan, cobalah untuk selalu merespon setiap komentar yang Anda terima, lebih bagus lagi jika Anda berhasil mengajak pengguna untuk merespon konten dengan video balasan. - Perhatikan Aspek Visual
Oke, informasi yang Anda berikan memang bermanfaat, tapi apakah secara visual bagus?
Bila Anda ingin penonton menganggap serius konten yang Anda sediakan, maka Anda harus memastikan konten yang Anda sediakan memang layak tonton secara visual. Dengan demikian, pengguna dapat langsung membedakan konten milik Anda dengan brand lain. Anda yang memiliki web, sebaiknya memastikan keseragaman visual demi membuat brand Anda unik termasuk pada video Youtube. - Promosikan Channel Brand Youtube Anda di Sosial Media Lain
Salah satu keindahan dari media sosial adalah Anda bisa promosi konten di platform berbeda. Promosikan video konten Youtube Anda di platform lain adalah cara mengembangkan youtube paling mudah namun efektif. Facebook, Linkedin, Instagram, Pinterest dan banyak lagi, ada beragam platform yang bisa Anda pilih.Apabila Anda ingin lebih mantap lagi, sediakan video teaser untuk konten youtube Anda. Posting teaser tersebut pada platform lain seperti Facebook dan Instagram. - Tingkatkan Frekuensi Upload Konten
Cara mengembangkan Youtube Brand Anda dengan meningkatkan frekuensi upload konten mungkin mengintimidasi tim penyedia video Anda. Tapi demi menumbuhkan jumlah penonton channel brand Youtube Anda, meningkatkan frekuensi video hingga paling tidak sekali seminggu adalah wajib.Jangan cemas, Anda tidak perlu biaya besar untuk membuat video keren untuk mencapai target upload. Telefon genggam pintar jaman sekarang menawarkan kemampuan merekam video yang sempurna dan banyak aplikasi keren untuk edit video yang mudah dan cepat.Perlu dicatat, hal terpenting adalah konsistensi. Cobalah posting di waktu dan hari yang sama tiap minggu (tergantung target frekuensi Anda), dan selalu pastikan penonton setia Anda mendapatkan update ketika video baru Anda telah tayang. Terakhir, selalu disiplin dengan jadwal Anda.
Masih banyak lagi cara mengembangkan Youtube brand Anda. Tentunya, pengembangan ini tergantung dari tujuan bisnis Anda. Cara manakah yang paling tepat? Tidak ada satu jawaban pasti untuk pertanyaan satu ini. Anda sebaiknya berdiskusi lebih lanjut dengan Digital Marketing Agency terbaik seperti iBiG di hello@ibig.id.