• hello@ibig.id
7 Langkah Mengelola Brand Account Youtube
Strategi Digital, YouTube Marketing

7 Langkah Mengelola Brand Account Youtube

Harleta Nityaningrum, 07/10/2019

Bagi Anda yang sedang berusaha mengembangkan usaha, Youtube bisa dibilang salah satu platform populer untuk tujuan tersebut. Tahu cara membuat akun youtube untuk bisnis atau brand account youtube saja tidak cukup. Apa yang harus dilakukan agar brand account youtube sukses? Disinilah Anda akan temukan 7 langkah mengelola Youtube untuk bisnis dari digital marketing agency terbaik Jakarta Indonesia!


Langkah Pertama, Identifikasi Masalah

Produk atau jasa sebetulnya terlahir karena adanya masalah yang ingin diselesaikan. Inilah yang membuat bisnis Anda menjadi bernilai di mata masyarakat, dan inilah dasar konsumen mau mengeluarkan uang untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda. Identifikasi masalah yang ingin Anda selesaikan.

Identifikasi suatu masalah yang ingin Anda selesaikan akan membantu bisnis Anda menemukan kategori pemirsa Anda. Misalkan saja, Spotify, memberikan solusi untuk penggemar musik, sehingga komunitas yang diincar adalah mereka yang menyukai seni, lagu, musik, dan sebagainya. Contoh kedua, tokopedia, menyediakan tempat belanja serba ada, sehingga komunitas yang diincar cukup umum namun di saat bersamaan memiliki satu kegemaran serupa yakni berbelanja online.

Langkah Kedua, Promosi
Sejak jaman pedagang mulai hadir dalam sejarah manusia, ‘kesadaran publik’ merupakan hal yang penting. Mulai dari hal sederhana seperti berteriak tentang produk yang dijual, memasang papan besar atau menyebarkan iklan di koran, hingga jaman sekarang dimana sosial media dimanfaatkan untuk menarik perhatian calon konsumen. Tindakan bisnis satu ini banyak dikenal dengan istilah promosi.

Tidak ada artinya Anda berhasil menemukan solusi suatu permasalahan jika tidak ada yang tahu bahwa solusi tersebut telah ditemukan oleh mereka yang membutuhkan. Jelas, promosi yang baik sangat diperlukan. Anda bisa melakukan promosi dalam bentuk iklan Youtube atau mencari cara menarik perhatian pangsa pasar Anda melalui jalur organik seperti komentar.

Langkah Ketiga, Tentukan Slogan Brand Anda
Pernahkah Anda bertemu dengan seseorang, usai perkenalan, Anda langsung melupakan namanya? Manusia tidak memiliki ingatan yang kuat, tak heran jika sebagian besar orang langsung melupakan apa yang didengarnya bila tidak diulang. Terlebih, pada kalimat panjang, dibutuhkan ruang ingatan yang luas untuk mengingat sesuatu. Termasuk dalam mengingat bisnis.

Slogan merupakan cara terbaik dalam membantu konsumen mengingat dan asosiasi merek Anda. Misalkan saja, trivago. Bisnis penginapan satu ini memiliki slogan Hotel? Trivago. Dengan satu kalimat ini saja, ribuan orang yang bukan termasuk konsumen saja dapat mengingat dan mengasosiasikan Trivago dengan hotel.

Langkah Keempat, Pelajari Pesaing
Setelah peradaban manusia semakin tua, semakin sedikit hal dapat dikatakan orisinil. Maka dari itu, tidak ada salahnya mencari inspirasi dari pesaing Anda. Bukankah ada pepatah yang mengatakan, dekat lah dengan temanmu namun dekap erat musuhmu?

Buatlah daftar merek pesaing Anda lengkap dengan akun Youtube Brand Account mereka. Kunjungi channel dan pelajari betul konten yang mereka sediakan. Catat pola konten yang dihidangkan oleh pesaing Anda. Apa kelebihan yang bisa Anda contek untuk keuntungan diri Anda sendiri.

Keuntungan dari memperhatikan konten yang disediakan oleh pesaing Anda adalah Anda bisa mengetahui kesalahan yang mereka lakukan. Sehingga, akun youtube bisnis Anda terhindar dari segala ‘lubang’ akibat keputusan yang kurang tepat. 

 

Langkah Kelima, Buat Bisnis Anda Unik
Bayangkan diri Anda berjalan ke pasar dimana semua orang berjualan tomat. Setiap pedagang menawarkan tomat yang serupa. Pastilah hanya keberuntungan yang menentukan tomat mana yang akan Anda beli. Kecuali, Anda menemukan penjual tomat yang menawarkan kelebihan tambahan. Misalkan saja, tomat yang lain segar, dan satu penjual mengatakan tomat dagangannya tidak hanya segar namun juga besar. Kemungkinan besar tomat besar dan segar tersebut menarik perhatian Anda.

Logika yang sama bekerja untuk semua bisnis. Setiap bisnis haruslah unik supaya mampu menarik konsumen. Sebelumnya telah dijelaskan, bahwa belajar dari pesaing merupakan cara terbaik untuk membuat Youtube Brand Account Anda kian maju. Anda harus tahu apa faktor yang ingin Anda tonjolkan sehingga produk atau jasa Anda menarik minat konsumen. 

 

Langkah Keenam, Identifikasi Keyword yang Sesuai
Sadarkah Anda, bahwa sebagian besar pengguna selalu menuju kolom pencarian terlebih dahulu, mengetik keyword (kata kunci) mengenai informasi yang dibutuhkan,  barulah mulai menonton? Artinya, terdapat hasrat kebutuhan akan informasi sebelum mulai menonton suatu video.

Terdapat ribuan video di Youtube, termasuk video Youtube Brand Anda. Semua bersaing untuk mendapatkan penonton. Demi membantu konten video brand Anda ditemukan dan mungkin kemudian ditonton adalah menaruh kata kunci pada deskripsi dan judul video Anda.

Langkah Ketujuh, Konsistensi dan Frekuensi Update Konten
Brand adalah jati diri perusahaan Anda. Brand merupakan hal pertama yang pemirsa ingat ketika mendengar nama brand Anda. Layaknya manusia, haruslah terdapat konsistensi sejak pengenalan pertama hingga berubah menjadi sahabat setia Anda. Pastilah Anda bingung jika Budi tetangga sebelah pertama mengenalkan diri sebagai lelaki tangguh dan esok harinya perempuan yang feminim, kemudian beberapa hari lagi Budi berubah drastis lagi?

Konsistensi terdengar mudah tapi tidak semua orang bisa melakukannya. Terutama, bila terdapat tuntutan frekuensi update konten yang tinggi. Salah satu caranya adalah menyediakan rencana konten untuk beberapa waktu demi mempertahankan konten brand dengan pesan yang konsisten.

Tidak semua orang mampu membuatnya. Mungkin Anda sendiri termasuk orang yang cukup sibuk mengurus bidang lain untuk membuat rencana konten. Cobalah bekerja sama dengan digital marketing agency terbaik Jakarta Indonesia seperti iBiG, untuk merancang konten youtube yang mampu membantu Anda mencapai tujuan bisnis.

Adakah Cara Lain?
Tentu ada banyak cara dan langkah lain untuk pastikan youtube brand account Anda berkontribusi dalam keuntungan Anda. Namun, bila bicara mengenai langkah dasar yang dapat Anda lakukan demi pastikan akun bisnis Youtube Anda optimal, ketujuh langkah diatas merupakan permulaan yang baik. Mulai sekarang, dan dapatkan konsumen potensial yang mungkin belum Anda jangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *