• hello@ibig.id
Rahasia Teknik UGC Instagram yang Sukses
Instagram Marketing, Strategi Digital, Tips Digital

Rahasia Teknik UGC Instagram yang Sukses

Harleta Nityaningrum, 04/10/2019

Mencari strategi mantap untuk menaikkan jumlah follower atau menciptakan feed instagram yang cantik supaya mendapat engagement yang tinggi? Anda di artikel digital marketing agency yang tepat! Pada pembahasan kali ini, Anda akan mendapat penjelasan mengenai rahasia teknik UGC Instagram yang sukses.

Apa Itu User Generated Content?

User Generated Content merupakan tipe konten yang diproduksi oleh pengguna dan di posting ulang oleh sesama pengguna. Belakangan ini, teknik ini sangat populer di kalangan merek, strategi kuat ini mendominasi sumber trafik web dan sangat efektif di Instagram. 

Dilansir dari ‘Social Annex’, engagement atau minat follower terhadap posting dari user generated content lebih tinggi 50% dibanding posting hasil dari image brand. Tidak hanya itu saja, setidaknya ada 5 manfaat UGC (User Generated Content) Instagram yang sukses:

  • Mendapatkan konten otentik yang akan dipercaya oleh konsumen 
  • Tak akan pernah kehabisan bahan posting
  • Menciptakan ikatan emosional, mempererat hubungan, dan membangun kesetiaan dengan pangsa pasar Anda.
  • Pekerjaan untuk edit dan shooting konten Anda akan jauh berkurang 

Bagaimana Cara Membangun Strategi UGC yang Sukses?

Sebelumnya telah dijelaskan betapa dampak UGC akan sangat menguntungkan bisnis Anda. Namun, data tersebut berlaku pada Instagram selama strategi user generated content yang diterapkan memang tepat. Disinilah kebutuhan akan jasa digital marketing agency terbaik seperti iBiG Digital muncul. Dengan iBiG, Anda akan mendapatkan jasa strategi pemasaran digital sesuai tujuan bisnis Anda.

Bekerja sama dengan agensi memang membantu eksekusi strategi UGC tapi bukan berarti Anda harus buta akan Rahasia teknik UGC Instagram yang sukses. Nah ini dia 5 rahasia tersebut.

  1. Ketahui Sudut Pandang Sosial Anda
    Mulailah dari mengetahui sudut pandang sosial Anda. Mulailah dari menentukan jenis konten yang ingin Anda sajikan pada akun Instagram Anda. Asosiasi seperti apa yang Anda harapkan ketika konsumen mendengar nama merek Anda? Apakah Anda cenderung memilih genre yang lucu, ringan, dan menghibur atau serius nan profesional?

  2. Buatlah Hastag yang Menarik
    Pengguna kerap menggunakan hastag dalam mendeskripsikan konten mereka. Karenanya, buat hidup mereka lebih mudah ketika pengguna posting tentang produk Anda dengan hastag unik yang khusus untuk merek Anda. Sekalinya hastag unik Anda populer, dijamin pengguna lain akan posting foto dengan hastag Anda! Tak ada lagi khawatir kehabisan konten Instagram, mereka pasti akan datang pada Anda.

    Meskipun, terdapat banyak sekali hastag yang dibuat setiap hari dan bermunculan entah dari mana. Sehingga, menciptakan hastag yang unik terkadang sangatlah susah. Jadi ingatlah beberapa aturan dibawah ini supaya hastag Anda tidak berujung sia-sia:

    Pastikan hastag Anda pendek dan mudah diingat.
    Nyambung dengan brand atau tema yang Anda usung.
    Jarang dan orisinil

  3. Dorong Pengguna untuk Memposting dengan Hastag Anda
    Setelah Anda menentukan hastag yang akan Anda gunakan untuk UGC, sekarang tinggal bagaimana mendorong komunitas pengguna Instagram menggunakan hastag tersebut. Promosikan hastag di bio merupakan permulaan yang baik. Toh, bio instagram adalah hal pertama yang orang lihat ketika mengunjungi laman instagram Anda.

    Cara kedua adalah memotivasi pengguna dengan menggunakan tip dan nasihat bagaimana menciptakan konten yang keren. Selipkan hastag Anda di tiap tips berikut. Promo, hadiah, sampel, giveaway, dan sebagainya merupakan langkah umum yang diambil demi mendorong pengguna menggunakan hastag Anda.

    Tapi, jika Anda baru saja menciptakan akun Anda dan follower Anda masih sangat sedikit tentu cara kedua agak sulit untuk mencapai target. Jangan ragu untuk memancing penggunaan hastag Anda dengan reposting konten orang lain meski mereka tidak menggunakan hastag Anda. Selama Anda memberikan kredit, pengguna Instagram umumnya akan menghargai Anda.

  4. Tonton Perkembangan UGC dan Koleksi Postingan Terbaik
    Tiba bagian paling menyenangkan! Setelah Anda promosikan hastag dan banyak orang mulai menggunakannya, Anda disarankan menonton perkembangan UGC sambil mencari dan mengkoleksi konten pengguna terbaik dan pilih pengguna beruntung di fitur di Instagram Anda.

    Caranya gampang. Anda cukup ke hastag brand Anda dan pilih foto atau video yang paling Anda suka. Untung saja, sekarang ada fitur terbaru Instagram yang memudahkan Anda menyimpan konten yang Anda suka dengan klik pada ikon bookmark di bawah image dan Anda tinggal melihat ke section ‘saved’ untuk melihat konten yang telah Anda favoritkan di profil Anda.

  5. Berikan kredensial di caption
    Anda menemukan konten yang sempurna untuk di posting pada feed Instagram perusahaan Anda? Jangan tunda lagi! Segera posting, dan jangan lupa cantumkan kredensial pada caption.

    Ingat, jangan sampai sumber orisinil foto tersebut marah karena melihat Anda menggunakan hasil jepretannya tanpa ijin dan tanpa kredensial. Terlebih lagi, dengan kredensial berupa mention pengguna, Anda meningkatkan kesempatan untuk mendapat lebih banyak partisipan UGC.

Kini Anda telah tahu rahasia teknik UGC Instagram yang sukses. Jadi jangan buang-buang waktu lagi dan mulai sekarang. Bila masih bingung dan memiliki banyak pertanyaan berkaitan dengan penjelasan artikel, eksekusi, dan sebagainya, Anda bisa langsung menghubungi hello@ibig.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *