• hello@ibig.id
Pentingnya Konten Untuk Digital Marketing Agency
Konten Digital, Strategi Digital, Tips Digital

Pentingnya Konten Untuk Digital Marketing Agency

ibig, 11/10/2019

Dalam melakukan optimasi website, digital marketing agency membutuhkan konten. Ada yang mengatakan content is a king. Konten adalah raja. Karena konten sangat menentukan keberhasilan optimasi website. Dan ini juga ada sangkut pautnya dengan keberhasilan sebuah bisnis.

Maka dari itu, ketika melakukan marketing secara online, konten menjadi sesuatu yang sangat krusial. Konten menjadi sebuah keharusan.

Konten yang dibuat harus sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh target konsumen. Di saat yang sama, konten juga harus mempu membuat konsume tertarik dan akhirnya membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Konten Bukan Hanya untuk Keperluan Promosi

Apa kegunaan konten bagi digital marketing agency? Mungkin Anda akan mengatakan konten itu digunakan untuk promosi sebuah produk atau jasa. Itu benar. Namun, bukan itu saja funsi dari konten.

Jika Anda lebih cermat lagi, pasti ada konten yang ada di media online yang tidak hanya berupa jualan, bukan? Ada konten yang sekedar memberikan informasi. Ada juga konten yang bertujuan untuk goal yang lain. 

Maka dari itu, saat digital marketing agency memproduksi sebuah konten, bukan promosi saja tujuannya. Beberapa hal berikut ini menjadikan konten begitu penting.

Meningkatkan Awareness 

Salah satu fungsi konten adalah untuk meningkatkan awareness atau kesadaran. Artinya, dengan adanya konten tersebut, orang menjadi tahu terhadap sebuah produk atau layanan.

Pada konten tersebut, biasanya tidak ada kalimat selling. Melainkan hanya kalimat-kalimat informatif mengenai produk atau jasa. Karena tujuan dari pembuatan konten tersebut adalah untuk membangun dan meningkatkan awareness sebuah produk atau jasa.

Menaikkan Rangking Website

Penyedia jasa digital marketing agency punya kewajiban untuk mendatangkan trafik ke website client. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melakukan SEO atau Search Engine Optimization. Website dioptimasi agar bisa muncul di halaman satu mesin pencari Google untuk kata kunci tertentu. Dengan harapan, ketika website muncul di halaman satu, maka website akan mendapatkan kunjungan yang banyak.

Apa yang dilakukan? Salah satunya dengan membuatkan konten yang sesuai dengan SEO. Ini sebagai cara yang dilakukan agar situs berapa di page one mesin pencari Google.

Tentu bukan itu saja yang dilakukan oleh digital marketing agency. Ada banyak teknik lagi. Akan tetapi, kebutuhan konten untuk SEO itu sangat krusial.

Memperkuat Konversi

Apakah konten jualan akan langsung membuat orang tertarik untuk beli? Belum tentu. Butuh konten edukasi lainnya. Makanya, fungsi lain dari konten adalah memperkuat konversi.

Selain konten sales atau promosi, ada juga konten informasi dan edukasi yang bakal membuat orang tidak ragu lagi untuk membeli. Hingga akhirnya konten tersebut membuat nilai konversi tinggi. Artinya, konten mampu membuat orang semakin banyak yang beli. 

 Membuat Customer Lebih Loyal

Mendatangkan customer itu memang sulit. Namun, yang paling sulit itu menjaga loyalitas customer. 

Sebagai pemilik perusahaan atau produk, Anda mungkin sudah berupaya menjaga loyalitas customer dengan cara mempertahankan kualitas produk atau layanan. Apakah itu cukup? Di era dengan kompetisi yang semakin ketat seperti saat ini, hal tersebut tidaklah cukup.

Anda juga perlu berkomunikasi dengan customer. Ambil hati mereka agar mereka tetap loyal terhadap produk Anda. Dan di saat itulah Anda butuh konten yang bisa menyentuh hati customer sehingga mereka tidak beralih ke produk lain.

Menjangkau Lebih Banyak Target Customer  

Digital marketing agency juga membuat konten yang berbeda. Ada banyak sekali konten marketing. Masing-masing jenis konten ditujukan untuk target customer yang berbeda. Untuk itu, konten yang dibuat harus variatif dengan tujuan agar menjangkau segmen target customer yang berbeda.

Nah, sekarang Anda sudah paham kan mengapa konten itu begitu penting? Yang pasti, konten bukan hanya sekedar cara untuk promosi di dunia digital. Anda juga harus tahu ada banyak jenis konten marketing yang diproduksi oleh sebuah digital marketing agency.  

Jenis Konten Digital Marketing yang Dibutuhkan 

Media digital sekarang ini semakin beragam. Ada blog. Ada juga media sosial. Dan yang paling trending saat ini adalah Youtube dengan media visualnya.

Karena jenis media yang berbeda, maka konten yang dibutuhkan untuk digital marketing pun berbeda. Yang paling sering digunakan adalah konten artikel. Ini konten yang digunakan untuk kebutuhan marketing dan juga kebutuhan optimasi SEO. 

Hanya saja, banyak orang yang tidak begitu suka membaca. Makanya, konten gambar lebih menarik bagi segmen seperti itu. Infografis paling diminati. Karena dengan hanya melihat gambar dan grafis, orang sudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Biasanya, konten ini diposting di media sosial.

Youtube menjadi media yang paling banyak diakses saat ini. Kontennya tentu saja berupa video. Maka dari itu, digital agency juga berupa untuk melakukan marketing dengan menggunakan konten video.

Untuk kebutuhan marketing yang massive, semua media harus digunakan. Itu artinya berbagai jenis konten harus diproduksi. 

Namun, tidak semudah itu. Selain berbagai jenis konten diproduksi, distribusi konten juga harus diperhatikan. Percuma saja jika konten dibuat tapi tidak ada yang melihat. Bukankah tujuan pembuatan konten itu untuk marketing?

Maka dari itu, Anda sebaiknya tidak asal memilih agency. Sebaiknya Anda pilih digital agency terbaik Indonesia. Mereka tidak hanya pandai membuat konten namun juga memaksimalkan konten agar membantu meningkatkan sales perusahaan Anda. Produksi konten harus diimbangi dengan distribusi konten. Ini inti dari pemasaran melalui media digital.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *