• hello@ibig.id
Cara Menggunakan Youtube Live untuk Makin Kaya
Strategi Digital, Tips Digital, YouTube Marketing

Cara Menggunakan Youtube Live untuk Makin Kaya

Harleta Nityaningrum, 12/10/2019

Banyak orang tahu cara menggunakan youtube live. Mulai dari sekedar konten iseng menyapa fans, sampai dengan konten serius terselubung untuk mencari massa. Tapi, tidak banyak orang yang tahu bagaimana memanfaatkan fitur satu ini untuk meningkatkan kekayaan dari bisnis Anda. Terlepas dari potensi besar yang ada dari platform berlogo merah ini. 

Kenapa Youtube live? Kenapa bukan Instagram atau Facebook live yang disarankan?

Pada artikel iBiG sebelumnya, kami telah membahas mendalam mengenai keuntungan Youtube Live untuk Bisnis Anda. Salah satu penjelasan yang perlu diingat adalah jumlah penonton, relevansi dan pola pikir pemirsa Youtube. Ketiga faktor tersebut adalah alasan kenapa Youtube live sangat layak untuk Anda, sebagai pelaku bisnis untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. 

Cara Menggunakan Youtube Live untuk Promosi Produk dan Jasa
Satu hal utama yang harus Anda lakukan adalah promosikan produk paling top Anda. Bukan rahasia lagi kalau mencari uang merupakan tujuan perusahaan dibangun. Anda tidak perlu tipu-tipu dengan cara menggunakan youtube atau media sosial dalam konteks ini. Anda sangat diperbolehkan untuk mempertontonkan produk atau jasa.

Tergantung dari perusahaan macam apa, Anda mungkin tergolong menjual produk yang memerlukan penjelasan lebih. Misalkan saja, perusahaan Anda menjual drone terbaru yang dilengkapi remote control. Demonstrasi atau menunjukkan contoh penggunaan produk atau jasa bisa dibilang salah satu teknik populer dengan tingkat kesuksesan tinggi.

Jaman sudah berubah, lebih banyak orang yang lebih senang mendengarkan dan menyaksikan langsung dibanding harus membaca penjelasan panjang lebar. Selain Anda bisa memakai alternatif keren melalui siaran langsung, penyebaran informasi dan edukasi produk melalui video dapat meningkatkan penjualan.

Bagaimana Youtube Live mendukung Penjualan?

Anda mungkin beranggapan pengguna yang berlangganan siaran atau chanel Anda pastilah sudah memiliki pengetahuan mengenai produk dan jasa Anda. Padahal, justru ketika Anda mengadakan sesi Youtube live, pengguna-pengguna tersebut barulah sadar akan keberadaan produk atau jasa Anda.

Selain demonstrasi, ada satu teknik lagi yang pasti bisa Anda gunakan yakni tutorial. Artinya Anda menunjukkan bagaimana cara menggunakan produk atau jasa Anda. Tergantung dari tipe konten yang Anda rancang, demonstrasi dan tutorial bisa terpisah. Tapi, manapun itu, keduanya terbukti menginspirasi pemirsa untuk melakukan pembelian.

Bagi Anda yang memilih sistem penjualan pre-order, yakni sistem pesan terlebih dahulu baru produk dibuat, demonstrasi atau tutorial dapat membangun semangat dan antisipasi pengguna. Terlebih jika Anda dalam proses merilis produk atau jasa terbaru. Semangat pemirsa dapat Anda kobarkan pula dengan menambahkan konten, promosi, hadiah cuma-cuma pada saat melangsungkan siaran langsung Youtube. 

Memanfaatkan event untuk konten youtube live

Siaran langsung selama event konon katanya dapat meningkatkan penjualan dan kesadaran merek (brand awareness). Pertanyaannya, kapan dan dimana Anda harus melakukan siaran langsung?

Tidak ada jawaban yang benar atau salah, tapi satu hal yang pasti, ada masa dimana perusahaan Anda harus melakukan liputan langsung di Youtube. Kapanpun perusahaan Anda menyelenggarakan, mengadakan, dan menghadiri suatu event acara, Anda harus melakukan Youtube Live. 

Acara yang diliput langsung sangatlah penting sampai Youtube sendiri memberikan bagian tersendiri untuk opsi siaran langsung. Kenapa sampai demikian? Ternyata, 67% pengguna yang menonton acara dari youtube live cenderung membeli tiket ke acara yang serupa dengan yang pernah mereka tonton.

Bisnis Anda kerap memanfaatkan acara atau event untuk meningkatkan penjualan, tentu saja fakta tersebut akan sangat menguntungkan Anda. Cobalah berpikir di luar nalar. Acara yang dimaksud tidak harus fantastis seperti piala dunia. Anda bisa melangsungkan youtube live untuk event kecil, misalkan  ketika perusahaan Anda membuka booth atau menghadiri acara di kampus.

Intinya dapatkan alasan apapun untuk promosi merek dan memberikan pemirsa Anda sesuatu yang baru dan menarik untuk ditonton melalui Youtube Live. Jika Anda aplikasikan tips cara menggunakan Youtube live dalam strategi pemasaran Anda, kesadaran merek, mendapatkan konsumen baru, dan mendorong pelanggan lama untuk tetap membeli pasti akan meningkat. Bila Anda bingung, konsultasikan dengan  Digital marketing agency terbaik seperti iBiG untuk dapatkan strategi yang tepat supaya konten Anda tepat sasaran. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *