• hello@ibig.id
Youtube Live untuk Keuntungan Bisnis Lebih Besar
Konten Digital, YouTube Marketing

Youtube Live untuk Keuntungan Bisnis Lebih Besar

ibig, 25/07/2019

Apakah Anda ingin mencapai potensial konsumen lebih banyak melalui Youtube? Pernahkan Anda berpikir fitur apa yang bisa Anda manfaatkan demi mengembangkan bisnis Anda? Apakah benar youtube live yang akhir-akhir ini jadi pembicaraan bisa jadi kesempatan baru Anda? Bagaimana caranya?

Ya, youtube live adalah fitur Youtube yang dirilis pada tahun 2008 terus menanjaki tangga kepopuleran. Biasanya fitur ini dimanfaatkan oleh anak muda dan youtuber demi mendapat perhatian lebih dari publik. Padahal, sebetulnya dari segi bisnis, Fitur Youtube Live bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pundi-pundi keuntungan lebih. 

Kenapa pebisnis harus mempertimbangkan potensi Youtube Live?

Pertama, Penonton lebih banyak
YouTube Live menawarkan kelebihan dibanding tipe media sosial live lain seperti facebook live. Salah satunya, siaran ulang youtube yang live lebih mudah ditemukan, sehingga kemungkinan mendapat penonton jauh lebih besar. Pada Facebook, setelah beberapa waktu, konten siaran langsung tersebut akan sulit ditemukan. 

Pada Youtube, video siaran langsung termasuk bagian dari folder simpanan dan dapat diputar ulang, terutama bila Anda mengorganisir Youtube live dalam daftar putar. Ditambah lagi Youtube seri live dapat mengundang keinginan penonton supaya menjadi konsumen. Tingkat efektivitasnya sama dengan Facebook live hanya dengan kemungkinan ditonton lebih besar. 

Kedua, relevansi lebih tinggi

Faktor algoritma sistem video live youtube ternyata mengundang lebih banyak penonton pula dibanding facebook live. Hal ini dikarenakan Youtube menampilkan video Anda pada pengguna yang memang berminat di bidang Anda. Sehingga pengguna yang tidak tahu mengenai produk Anda sekalipun akan lebih mungkin untuk mengunjungi siaran langsung Anda.

Katakan seseorang menonton siaran langsung dengan topik yang sama dengan Anda. Youtube akan lebih mungkin menawarkan Youtube live (siaran langsung) ke pengguna tersebut. Ditambah lagi ketika Anda melakukan siaran langsung di Youtube, pengguna yang berlangganan akan menerima email notifikasi. Terutama bila pengguna menyalakan sistem notifikasi siaran langsung di telefon genggam. Notifikasi inilah yang meningkatkan kemungkinan pengguna mengunjungi siaran langsung Anda. 

Ketiga, pola pikir menonton

Penonton Youtube memiliki pola pikir dibanding sosial media lain. Pengguna Youtube mengunjungi situs ini dengan tujuan menonton video, terlepas dari waktu yang diluangkan, entah 5 menit atau 2 jam. Pada sosial media seperti Facebook, pengguna lebih tertarik dalam interaksi dan mengobrol bersama, meski Yotuube sekalipun juga memiliki fitur super chat.

Ketiga, Tawaran Pendapatan Meningkat

Video YouTube Live video juga menawarkan pendapatan tambahan dimana sosial media lain tidak tawarkan. Pada Youtube, semua penyedia video mendapatkan kesempatan uang tambahan lewat superchat dan menyambung pada website pada deskripsi video. Apa maksudnya?

Anda bisa menambahkan kartu display pada video siaran langsung Youtube yang muncul dan menyambung pada web atau video lain pada Youtube. Apabila Anda memenuhi semua persyaratan, Anda bisa menghubungkan kartu pada web untuk mendapatkan umpan balik langsung ketika Anda melakukan siaran langsung. Sehingga kemungkinan pengguna langsung membeli produk di web dari menonton siaran langsung semakin langsung. 

Keempat, Video Live bisa Dibuat Menjadi Konten Bisnis

Setelah video hasil siaran langsung menjadi video biasa, Anda bisa edit ulang dengan memotongnya menjadi beberapa bagian. Hapus saja bagian yang tidak Anda inginkan dan tonjolkan spesifikasi untuk siaran langsung yang tidak relevan dengan penonton. 

Video Youtube Live bisa Meningkatkan Kualitas Channel Anda

Beberapa orang hanya fokus menggunakan teknik email marketing untuk mencari pengunjung web bisnis, padahal, teknik pemasaran email untuk mengundang penonton di Youtube sama-sama menguntungkan. Hal ini dikarenakan Anda yang gemar mengirim email berisi pemberitahuan jadwal siaran langsung Anda, kemudian pengguna beneran datang menonton siaran langsung Anda, Youtube akan menghitungnya sebagai session. 

Umumnya, Youtube live berdurasi lebih panjang dibanding video biasa. Waktu tonton pengguna yang Anda undang lewat email akan meningkatkan reputasi channel Youtube Anda. Dengan reputasi tinggi, Youtube akan lebih sering muncul di rekomendasi pengguna Anda. 

Youtube live merupakan kesempatan yang diberikan untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda tergantung bagaimana Anda menggunakannya. Tentunya, Anda tetap menyediakan siaran langsung berkualitas supaya tidak salah sasaran. Cara termudah untuk memastikan Anda tidak melakukan kesalahan tersebut adalah dengan menggunakan jasa Agency Digital Marketing seperti iBiG yang memiliki pakar professional yang siap membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *