• hello@ibig.id
Kelebihan Youtube Lite Dengan Youtube Biasa
YouTube Marketing

Kelebihan Youtube Lite Dengan Youtube Biasa

ibig, 19/07/2019

Dewasa kini, Tidak dapat dibantah bahwa Youtube salah satu platform yang paling populer. Siapa saja,  dari profesional sampai amatir bisa menayangkan video mereka di platform Youtube selama tidak melanggar kebijakan Youtube. Saking populernya, Yotube merilis Youtube Lite dengan segala kelebihannya, apa itu Yotube Lite atau Go?

Definisi dan Kelebihan Youtube Lite

Sekilas, Youtube terlihat sempurna tanpa celah. Padahal sebenarnya, ada satu bagian dari Youtube yang menyusahkan pengguna. Ada populasi yang besar tak mampu akses Youtube dengan lancar. Salah satu alasannya adalah masalah kecepatan internet dan biaya yang mahal. Ya Youtube bisa makan kuota banyak. 

Youtube sadar banyak sekali dari bagian dari komunitasnya tidak bisa menggunakan Youtube secara penuh. Demi mengatasi masalah ini, versi terbaru bernama Youtube Lite atau biasa dikenal dengan Youtube Lite. Pada dasarnya, Youtube Go memudahkan pengguna dalam menggunakan berbagai fitur Youtube tanpa khawatir kalau kuota internet Anda cepat habis. 

Apa itu saja kelebihan Youtube Go?

Jadi, kalau Anda ingin tahu detail lebih dalam antara Youtube dan Youtube Go. Ini dia perbedaannya yang mencengangkan:

Features

Anda pasti sudah mengenal fitur aplikasi Youtube. Setidaknya ada 5 bagian yang disediakan: Laman utama, Trending, berlangganan, kotak masuk dan library. 

Similar videos adalah fitur yang memperbolehkan Anda menonton video yang sebelumnya telah ditonton akan muncul di laman utama sedangkan video paling populer akan muncul di trending. 

Video yang dipublikasikan oleh channel yang berlangganan akan muncul di bawah tombol berlangganan. Sedangkan video yang pernah Anda bagikan, notifikasi, atau pesan, akan muncul di kotak masuk. Video yang di download akan tersimpan di Library tab yang tersedia di bagian “ Available Offline”.Pengaturan Creator atau pembuat video akan berada di bagian channel untuk pengguna yang  membuat video untuk dipublikasikan di Youtube. 

Berhubung Youtube Lite bertujuan menekan aplikasi supaya tidak terlalu berat, maka hanya ada 2 fitur pilihan yaitu laman utama dan unduh. Laman utama sama dengan Youtube biasa dan bagian penyimpanan akan menunjukkan semua video yang sudah Anda download untuk ditonton tanpa internet. 

Video Offline 

Baik di aplikasi Youtube ataupun Yotuube Go, pengguna dapat menyimpan video yang sudah di unduh untuk di tonton kapan saja. Sebelumnya, Youtube Go mendukung fitur untuk unduh video dalam kualitas yang berbeda, tapi kini Youtube sendiri sudah menerapkan fitur yang sama. 

Bedanya, Youtube Lite akan mengingatkan Anda tentang sisa ruang memori yang ada di telefon pintar Anda sehingga Anda bisa memilih kualitas video yang akan di unduh sesuai keinginan. Tentunya hal ini membantu Anda mengurus telepon genggam dengan lebih baik. 

Preview

Judul menggambarkan hal menarik dan bermakna tapi ketika  Anda klik, konten yang ditampilkan jauh berbeda. Hal ini yang dinamakan click bait. Bila Anda gemar menggunakan Youtube, Anda pasti sering bertemu dengan banyak konten clickbait yang cukup mengganggu. 

Demi mengatasi masalah satu ini, Youtube Go menyediakan opsi untuk menonton preview video yang ingin Anda mainkan atau unduh. Anda jadi tahu apakah suatu video berisi konten yang layak untuk waktu Anda. Youtube web juga menyediakan fitur preview, tapi tidak seperti Youtube Lite.  Di web, Anda hanya bisa melihat sebagian kecil suatu video ketika Anda menaruh pointer pada thumbnail video.

Sharing

Kedua platform memberikan opsi berbeda untuk pengguna dalam hal berbagi video. Pada Youtube Anda bisa membagikan video pada teman di kontak Gmail, Bluetooth, Messenger, dan Hangout. Pengguna juga dapat menyimpan video dan membagikan video lewat Google Drive. 

Sedangkan untuk YouTube Go, pengguna bisa membagikan video langsung melalui wifi dan bluetooth. Hal terbaik tentang fitur ini adalah Anda dapat membagikan video tanpa koneksi internet. 

Jujur saja, sangat aneh bila mengatakan kelebihan Youtube Lite menjadikannya versi terbaik. Tentu, Youtube Go memiliki beberapa kekurangan major seperti koneksi TV, mode Incognito, terjemahan, dan play otomatis. Tapi pada akhirnya keunggulan Youtube Lite terletak pada hemat internet dan memori. Ingin mencoba Youtube Lite? Coba semua fitur yang telah dijelaskan dengan video di bawah ini:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *