Instagram Story

Panduan Lengkap Cara Posting Instagram Story

Apakah Anda ingin mendapatkan respon yang positif dan menjangkau banyak orang? Jadilah lebih dekat dengan followers Anda. Salah satunya dengan menggunakan fitur Instagram Story.

Berbagi kisah melalui stories di Instagram menjadi cara tersendiri untuk komunikasi yang lebih personal dengan calon pelanggan Anda. Meskipun konten yang Anda bagikan hanya bertahan selama 24 jam. Sekarang Anda dapat menyimpannya di fitur highlight atau sorotan cerita.

Archive and highlights instagram

Ada pula fitur Archive atau arsip cerita. Jadi, ketika Anda ingin membagikan kembali cerita yang pernah di posting alias flashback, tidak perlu repot mencari gambarnya di file handphone. Instagram sudah mengurutkan arsip berdasarkan tanggal postingan.

 

instagramsnapchat

Kontroversi Instagram Story

Sejak 2016 lalu, Instagram merilis fitur Story. Saat itu aplikasi Snapchat sedang naik daun. Masih ingat dengan aplikasi Snapchat? Fix Anda masih muda.

Beberapa tahun lalu, aplikasi Snapchat digandrungi para remaja dan kepopulerannya hampir menyaingi Instagram. Sebab, Snapchat memungkinkan penggunanya untuk berbagi kisah secara langsung. Biasanya selebriti dan remaja lainnya membagikan aktivitas mereka berupa video. Seperti vlogging, dengan durasi yang pendek, hanya beberapa detik. Atau mereka hanya menggunakan filter menggemaskan yang tersedia di snapchat.

Nah, kehadiran Instagram Story membuat orang-orang memandang sebelah mata. Instagram dituding mencontek fitur Snapchat secara mentah-mentah. Oleh karena itu, dulu ketika orang mengunggah di Instagram story mereka menyebutnya dengan “Snapgram”. Yap “Gram” diambil dari nama Instagram.

Sayangnya, Snapchat mengalami kemunduran pertumbuhan. Banyak pengguna yang lebih aktif di Instagram Stories. Akhirnya, dia ditinggalkan.

Bagi Anda pengguna baru di Instagram, atau yang baru akan mencoba fitur stories, iBiG Digital akan berbagi cara membuat Instagram Story.

 

Cara Membuat Instagram Story

Sebenarnya, ada dua langkah memposting Snapgram yakni melalui galeri handphone langsung dan dari aplikasi Instagram:

Upload dari Galeri

# 1. Langsung dari galeri

Buka galeri di smartphone Anda, temukan fitur “Share” atau “Bagikan”. Ingat, setiap tipe handphone yang berbeda akan berbeda pula tempat fitur share. Setelah itu pilih “Stories”. Secara otomatis Anda akan diarahkan ke fitur Story di Instagram.

LANGKAH 2 MEMBUAT INSTAGRAM STORY

#2. Melalui Aplikasi

Setelah Anda membuka Instagram Anda, klik gambar kamera di bagian kiri atas. Atau swipe (geser) ke kanan saat Anda berada di timeline.

Kemudian Anda akan masuk di tampilan Instagram Story, ada beberapa alat yang bisa Anda gunakan:

fitur instastory

  1. Tombol lingkaran di bagian tengah untuk mengambil gambar. Klik sekali untuk foto. Tahan bagian tersebut untuk video.
  2. Tombol putar untuk mengganti kamera depan
  3. Filter, gunakan untuk membuat animasi lucu di yang fit di wajah Anda.
  4. Ada fitur yang bisa Anda ekslporasi. Seperti Teks, Langsung, Normal, Boomerang, Superzoom, Fokus, Mundur, dan Hands-free.
  5. Anda juga bisa upload konten dari Galeri, tinggal swipe ke atas. atau klik gambar
  6. Tombol pengaturan dapat digunakan untuk mengontrol cerita Anda. Tentukan orang yang boleh melihat cerita Anda dan membagikannya.

Setelah selesai merekam, ada fitur pelengkap yang dapat Anda gunakan untuk mendukung stories. Swipe up atau geser ke atas untuk memunculkan fitur tambahan.

fitur tambahan instastory

a. Lokasi, Anda bisa menandai lokasi tempat Anda

b. Mention, Anda bisa menandai akun Instagram kawan atau akun bisnis online

c. Tagar, berikan hashtag yang tepat

d. Jam

e. Jajak pendapat, Anda bisa membuat polling dengan pertanyaan tertutup

f. Gif, animasi yang dapat mendukung konten Anda.

g. Pertanyaan, ajukan pertanyaan atau minta pendapat mereka.

h. Hitung mundur, fitur ini baru saja di rilis akhir tahun 2018 lalu untuk countdown tahun baru 2019. Sekarang bisa anda gunakan untuk menghitung mundur party yang Anda selenggarakan. 😀

i. Rate Sticker, Anda bisa bertanya pendapat followers tentang betapa mereka menyukai konten yang Anda bagikan.

j. Temperatur

k. Kamera depan, hasilnya akan ada foto close up wajah anda berbentuuk lingkaran

l. Sticker, scroll down atau swipe ke kanan dan ke kiri, anda akan menemukan berbagai sticker yang lucu.

 

Setelah selesai berekspolarasi dengan fitur dari Instagram, Tekan tombol ‘Send to’ untuk mengirim ke orang tertentu, cerita Anda, atau teman dekat. Anda bisa saja langsung mengirimnya melalui menu yang sejajar dengan ‘send to’.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *