Tutorial Facebook Business Manager (2)

Tutorial beriklan di Facebook Business Manager

Facebook Business Manager paling cocok digunakan bagi Anda yang mengelola banyak akun atau platform media sosial lainnya. Seperti para digital agency marketing, misalnya. Fitur ini memberikan kemudahan untuk Anda beriklan sekaligus pada beberapa platform. 

Setelah mempelajari cara membuat akun pengelola bisnis dari Facebook, iBiG Digital akan memandu Anda bagaimana cara beriklan di Facebook Business Manager:

1. Setelah login di https://business.facebook.com/, pilih halaman tujuan Anda yang ingin di iklankan

Langkah 1 pilih halaman yang ingin di promosikan

2. Klik garis tiga di bagian pojok kiri, kemudian klik “Pengelola Iklan”

3. Klik “Buat Iklan”

Langkah 3 Buat iklan

4. Klik “buat kampanye baru”

Langkah 4 klik buat kampanye baru

Dalam membuat iklan, Anda harus memiliki goals atau tujuan iklan. Maksudnya, apa yang Anda ingin lakukan saat viewers melihat iklan milikmu? Pengelola Bisnis Facebook menawarkan berbagai tujuan iklan untuk membantu Anda mencapai tujuan bisnis. Misalnya, Anda memiliki tujuan untuk mendapatkan pembelian, Anda dapat membuat iklan yang mendorong orang untuk membeli produk Anda.

Berdasarkan gambar di atas, tujuan iklan dibagi menjadi 3, yakni:

  • Kesadaran: Tujuan yang menarik minat pada produk atau layanan Anda atau bisa dibilang memberikan brand awareness.
  • Pertimbangan: Tujuan yang membuat orang-orang mulai memikirkan bisnis Anda dan mencari informasi selengkapnya tentangnya.
  • Konversi: Tujuan yang mendorong orang yang tertarik pada bisnis Anda untuk membeli atau menggunakan produk atau layanan Anda.

Sebagai contoh selanjutnya, iBiG Digital akan memilih tujuaniklan untuk konversi dengan mengunjungi website www.ibig.id. Klik pada bagian kanan bawah kolom Konversi yaitu “Konversi”.

5. Tuliskan nama kampanye untuk bisnis Anda dan klik “Siapkan Akun Iklan”

Langkah 5 tuliskan nama kampanye

6. Masukkan info akun Anda mengenai Mata Uang dan Zona Waktu. Kemudian klik “Lanjutkan”.

“Semua tagihan iklan dan data pelaporan Anda akan dicatat dalam mata uang dan zona waktu ini. Untuk mengubahnya di masa mendatang, Anda harus membuat akun iklan baru.”

Langkah 6 lengkapi informasi untuk tagihan iklan

7. Siapkan iklan Anda. Isilah informasi tersebut berkaitan dengan tujuan beriklan. Mulai dari pemilihan pemirsa, platform untuk beriklan, hingga ke bagian anggaran. Anda juga akan menentukan kemana iklan tersebut akan membawa pemirsa. Karena tadi iBiG Digital memberikan contoh “Konversi” maka kampanye iklan tersebut akan membawa calon konsumen ke situs web iBiG Digital. Lalu, klik “Lanjutkan” pada bagian paling bawah.

Langkah ke 7 siapkan iklan

8. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman menentukan konten Iklan dan bagaimana iklan tersebut akan muncul.

9. Masukkan metode pembayaran dan klik “Lanjutkan”

Langkah 9 metode pembayaran

10. Tahapan membuat iklan selesai. Sekarang Anda tinggal menunggu approval dari Facebook. Proses ini biasanya berlangsung 1×24 jam.

 

Tahapannya terbilang cukup rumit, tapi semua bisa karena terbiasa. Tapi, kalau Anda ingin beriklan dengan lebih mudah, iBiG Digital dapat membantu Anda mempromosikan kampanye Anda. Anda tidak perlu sungkan untuk menghubungi kami di hello@ibig.id.

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *