meningkatkan-share-facebook

5 Cara Ampuh Meningkatkan Share di Facebook

Berapa rata-rata share konten Anda? dan bagaimana cara meningkatkan share di Facebook?

Semakin banyak orang yang membagikan konten Anda, jangkauan Anda akan semakin luas. Sehingga membuka kemungkinan peluang orang lain untuk mengenal brand Anda.

Media sosial Facebook masih sangat relevan digunakan. Sebab, media tersebut merupakan jaringan sosial terbesar dengan jumlah pengguna aktif mencapai 1,7  miliar. Di Indonesia sendiri, pengguna aktif Facebook mencapai 82 juta orang. Gak salah lagi, ini merupakan platform yang tepat untuk menjangkau calon pembeli.

Namun, Facebook memiliki algoritma untuk menampilkan konten yang relevan pada newsfeed pengguna. Algoritma ini dikenal dengan istilah Edgerank. Kehadirannya merupakan sebuah tantangan bagi pembuat konten. Sebab, algoritma ini bergantung pada interaksi pengguna terhadap konten Anda. Postingan kita bisa saja tidak muncul di newsfeed mereka karena tiap kita update mereka hanya membaca dan atau melewatinya begitu saja.

 

Baca selengkapnya terkait Edgerank Facebook:

Buat Edgerank Facebook Anda Bertambah dengan 5 Konten Ini

 

Dalam posting ini, iBiG Digital akan berbagi 5 cara ampuh meningkatkan share di Facebook:

Konten adalah raja
(Sumber: https://www.freepik.com/)

1. Gunakan Variasi Konten yang Tepat

Ketika Anda memiliki info yang menarik untuk diposting, pikirkan pula bagaimana konten tersebut disajikan. Gunakan konten yang memicu reaksi alias konten interaktif. Apakah dengan teks? Kutipan? atau video?

Sebuah studi yang dilakukan oleh BuzzSumo menemukan hasil yang menarik tentang jenis postingan apa yang paling interaktif di Facebook. Berikut ini urutannya:

  1. Pertanyaan
  2. Gambar
  3. Video
  4. Link
  5. Giveaway
  6. Kupon/Diskon

Giveaway = Boosting the Share 

Anda bisa melejitkan share dengan mengadakan kontes. Pasti sudah tak heran dong kalau ada midnight sale up to 70% tempat tersebut menjadi ramai? Di tambah lagi sekarang e-commerce suka mengadakan challange seperti Harbolnas, 12.12 Shoppee Birthday Sale, dan lain lainnya dengan reward bonus-bonus. Kebayang yang ikut sampai berapa ribu orang?

Jadi, buat kontes Anda sendiri dengan penawaran yang menarik. Berikan persyaratan kontes berdasarkan tujuan Anda. Misalnya tujuan Anda menaikkan share. Jadikan share sebagai salah satu syarat mengikuti giveaway. Tapi pastikan aturan yang Anda gunakan dengan selaras dengan Facebook contest rules.

2. Bagikan Lebih Banyak Video

Tahukah Anda video menjadi konten yang paling sering di share?

Menurut penelitian dari Buzzsumo*, rata-rata postingan video yang dibagikan ke Facebook menghasilkan lebih dari 200 share dan mendapatkan sekitar 951,48 interaksi secara keseluruhan. Tapi yang perlu diingat, upload video langsung di Facebook. Jangan membagikan dari link.

Soalnya, penelitian tersebut juga menemukan bahwa video yang di share dari YouTube tidak berhasil mendapatkan 100 share. Mereka juga hanya menghasilkan rata-rata sekitar 140 interaksi.

 

3. Konten Visual itu Penting

Sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa orang lebih menyukai konten bergambar ketimbang teks. Anda bisa membuat  konten visual seperti:

  1. infografis,
  2. custom images,
  3. video tutorial

 

4. Memilih Waktu yang Tepat

Untuk mengetahui waktu yang tepat membagikan konten, Anda perlu melakukan riset audience. Ketahuilah kapan pendengar Anda akan membuka media sosial  mereka. Jadi, ketika mereka berada di waktu istirahatnya dan membuka sosmed, muncullah postingan Anda.

5. Rumus SEP = Sederhana-Elegan-Padat

Jangan membuat konten yang terlalu bertele-tele. Buat konten yang sederhana dan langsung to the point saja. Tetapi buat tampilannya juga elegan, eye catching-lah.

Konten juga harus padat informasi. Bukan cuma singkat saja, minimal ada nilai yang bisa dibagikan. Sehingga orang akan terdorong untuk mengklik tombol share.

 

Buat yang sudah berbisnis di Facebook, sudahkah Anda menerapkan cara-cara di atas? Kalau Anda masih membutuhkan bantuan untuk mempromosikan konten di Facebook, Anda bisa konsultasikan langsung kepada iBiG Digital.

(Sumber*: http://buzzsumo.com/blog/facebook-share-data-every-publisher-needs-know/)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *