Facebook-Marketing-cara-promosi-di-Facebook

Lakukan 4 Strategi Jitu Facebook Marketing

Media sosial Facebook menjadi lebih dari sekedar menghubungkan kerabat yang jauh. Tetapi jejaring sosial ini juga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Saking banyaknya pengguna aktif, para marketer menyasar Facebook untuk mempromosikan bisnisnya. Namun, bagaimana cara promosi di Facebook?

Anda harus tahu, Facebook Marketing cukup ampuh dilakukan. Mereka lebih memudahkan kita untuk beriklan dibanding media sosial lainnya. Anda bisa membuat target audience langsung menggunakan sistem dari Facebook. Secara otomatis mereka akan memfilter siapa saja yang akan melihat iklan Anda.

Untuk memaksimalkan promosi yang Anda lakukan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Sehingga iklan Anda akan benar-benar terhubung dengan pelanggan yang spesifik diantara jutaan orang pengguna Facebook. Simak 4 strategi yang dapat Anda lakukan untuk promosi di Facebook:

Kenali Kompetitor Anda
(Sumber: https://pixabay.com)

 

1. Pelajari Apa yang Kompetitor Lakukan

Lakukan riset untuk menemukan saingan Anda di Facebook. Temukan mereka di kolom pencarian. Lihat fanpage yang paling banyak di sukai oleh teman-teman Anda. Anda bisa mempelajari:

  • Apa kampanye yang sedang mereka lakukan?
  • Bagaimana post yang meraih banyak like?
  • Identifikasi gaya posting mereka dan buatlah keunikan Anda sendiri!
  • Seberapa sering mereka melakukan update postingan?
  • Bagaimana cara mereka menampilkan “brand”nya?

Lakukan riset lebih dalam sehingga Anda dapat menemukan inspirasi lainnya dan kekurangan dari kompetitor. Jadi, Anda bisa menentukan apa yang menjadi nilai lebih dalam bisnis kita.

konten eye catching
(Sumber: https://www.pexels.com)

2. Konten Visual yang Eye Catching

“Dari mata turun ke hati”

Yap, begitulah kira-kira yang biasa terjadi ketika customer membeli barang kita. Kalau secara visual menarik, mereka pasti akan menyempatkan diri untuk “kepo” atau bahkan langsung membelinya. Apalagi, biasanya para wanita suka khilaf belanja dengan alasan “habis lucu barangnya”.

See? Betapa pentingnya sebuah tampilan. Tidak perlu hal yang terlalu berlebihan, kuncinya buat konten yang enak dilihat. Lihat jenis konten yang cocok untuk promosi Facebook di sini.

Pastikan kualitas konten terjaga saat Anda menunggahnya di Facebook. Jangan ada gambar yang corrupt atau pecah-pecah. Gunakan resolusi yang tinggi. Kemudian lengkapi profil mulai dari nama perusahaan hingga keterangan deskripsi. Anda tidak mau bukan halaman bisnis Anda terlihat tidak profesional?

Target Audience
(Sumber: https://www.pexels.com)

3. Tentukan Target Audience

Untuk beriklan di Facebook, Anda dapat memilih orang yang disasar by system. Pada saat membuat halaman penggemar Anda akan dibawa untuk mengisi data Audience.

Mengapa Anda harus menentukan pendengar Anda? Tentu saja karena setiap orang memiliki perbedaan yang khas, tidak semua orang akan cocok dengan produk dan jasa Anda. Terlalu sulit bila Anda berusaha masuk di semua kalangan.

Karena menentukan target pendengar akan berpengaruh dengan bentuk konten yang akan Anda bagikan. Kalau Anda memaksa untuk memuaskan semua orang, yang terjadi adalah konten yang Anda buat tidak akan maksimal.

Contohnya begini, Anda menjual jasa digital marketing dan menyasar semua kalangan pada kategori pekerjaan. Yang kerja sebagai pengusaha disasar, admin online shop disasar, advertiser, pelajar disasar, ibu rumah tangga, wanita karir, karyawan negeri maupun swasta, guru, pedagang asongan, pilot, masinis, nahkoda kapal juga dijadikan target.

Kemudian konten yang sering Anda buat seputar dunia digital dan marketing seperti SEO, Copywriting, SEO, dan lain sebagainya.

Bagaimana Anda membuat konten untuk mereka? Mana diantara mereka yang akan paling maksimal merespon postingan Anda? Advertiser, admin online shop dan pengusaha mungkin akan paling banyak memberikan reaksi dibandingkan profesi lainnya.

Terlalu luas target yang Anda tetapkan, maka akan semakin sulit menenatukan goals.

optimasi website
(Sumber: https://www.pixabay.com)

4. Optimasi Website di Facebook

Anda belum membuat website perusahaan? Segera buat website tersebut. Hal ini akan memudahkan Anda dijumpai calon pelanggan saat mereka berselancar di Google dan kawanannya.

Lakukan optimasi website Agar ketika di share ke Facebook, kontennya relevan dengan judul. Gambarnya tidak asal mucul dengan kualitas rendah. Untuk mengoptimasinya lakukan meta data. Kalau Anda menggunakan WordPress, gunakan plugin Yoast SEO.

Apabila Anda belum memahami ranah ini, konsultasi saja dengan iBig Digital. Kami akan membantu Anda untuk mempromosikan bisnis dalam ranah Digital Marketing.

Jadi, apakah Anda telah menerapkan strategi facebook marketing? Silakan berbagi pengalaman Anda melalui kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *