YOUTUBE UNTUK BISNIS

Yakin masih gak mau buka channel YouTube untuk Bisnis?

Masih menggunakan cara lama dalam melakukan marketing? Sebaiknya Anda mencoba jalur promosi lewat video sharing. Teknik marketing memang seperti amoeba, dapat membelah diri dan tak memiliki bentuk. Seringkali bentuknya menyesuaikan wadahnya. Ya, strategi marketing juga perlu menyesuaikan diri dengan perkembangan digital.

Nah, salah satu teknik yang paling efektif untuk menyebarkan informasi adalah melalui promosi video. Saat ini media social yang menyediakan layanan video sharing sangat banyak termasuk social media yang dulunya tidak menyediakn ruang berbagi video sekarang sudah memberikan tempat untuk berbagi video. Youtube adalah pelopor video sharing yang memiliki milyaran pengguna aktif maupun pengguna yang tidak memiliki akun tapi juga menonton konten yang ada.

Dengan jutaan konten video dan jutaan pengguna yang dimilikinya, YouTube menjadi salah satu media promosi yang harus diperhitungkan oleh para pebisnis. Lalu kenapa para entrepreneur harus mulai menggunakan YouTube dalam hal marketing atau pemasarannya.

 

Penghasilan YouTuber yang Fantastis

Selain menggunakan YouTube sebagai media promosi untuk produk yang dijual, Anda juga membangun channel YT yang dapat memberikan Anda penghasilan tersendiri dari video yang Anda buat.

Bahkan banyak orang biasa yang memuat akun YouTube untuk mem’branding’ dirinya sendiri. Menjual kehidupan, keahlian, dan pemikirannya yang bisa jadi pro dan kontra di masyarakat. Awalnya mungkin mereka hanya iseng untuk berbagi. Tapi, lama kelamaan viwers mereka bisa bertambah kalau mereka konsisten dan membuat konten yang berkualitas atau berpotensi viral.

Banyak sekali sekarang Youtuber dari Indonesia yang sukses sehingga mendapatkan penghasilan yang cukup luar biasa. Banyak orang yang ingin menjadi youtuber karena pendapatannya yang besar. Penghasilan dari Youtuber salah satunya diperoleh dari iklan adsense.

Saat menjadi YouTuber di awal-awal memang penghasilan Anda tidak akan terasa, paling-paling hanya bisa buat selebrasi traktir pecel ayam untuk keluarga inti. Bersabarlah, memang tidak akan semudah untuk membalikkan telapak tangan mendapatkan 1.000 views pertama. Tapi, setelah Anda “pecah telor” akan lebih mudah untuk mendapat 1 juta views apalagi 10 juta.

Ini dia YouTuber Indonesia yang memiliki pendapatan fantastis dikutip dari Tunai Kita:

#1. Atta Halilintar

Atta Halilintar merupakan anak pertama dari keluarga Gen Halilintar. Dikenal sejak 2015 awal kemunculan keluarga Gen Halilintar. Konten yang disajikan kebanyakan berisi tentang video prank dan video collab dengan YouTuber Indonesia lainnya.

Jumlah subcribers Atta mencapai 12 juta subscribers dan viewers dalam satu video mencapai 5 juta. Tidak heran bila YouTuber Indonesia yang dijuluki King of YouTube Indonesia ini, mendapat penghasilan mencapai Rp 332 juta hingga Rp 5 miliar per bulannya. Februari lalu, Atta Halilintar dan Ria Ricis berhasil mendapatkan Diamond Play Button, wadidaw, sungguh pencapaian yang luar biasa!

#2. Ria Ricis

Queen of YouTube Indonesia diberikan kepada Ria Ricis, pasalnya Ricis mempunyai jumlah subscribers yang tidak jauh berbeda dengan Atta Halilintar. Ada 11 juta subscribers dengan penghasilan per bulan mencapai Rp 300 juta hingga Rp 3 miliar.

Awalnya, Ria Ricis menyajikan konten video yang berisi tentang mainan squishy, tak heran viewers dan subcribers Ricis kebanyakan anak-anak yang juga menyukai squishy.

#3 Raditya Dika

Sebelum merambah ke dunia YouTube, Raditya Dika merupakan seorang penulis dan stand up comedian Indonesia. Awalnya, Radit hanya menyajikan konten komedi saja, tetapi belum lama ini channel YouTube-nya berkembang menjadi konten yang berbau misteri, yakni paranormal experience.

Selain paranormal experience, Radit juga membuat konten vlog dan juga video kolaborasi dengan YouTuber lainnya. Penghasilan yang didapat oleh Radit sebagai seorang YouTuber, yakni mencapai Rp 100 juta hingga Rp 1,5 miliar, dengan jumlah subscribers sebanyak 6,1 juta subscribers.

Kenali Istilah CPM dan RPM

Jika Anda serius untuk mengelola YouTube yang menghasilkan pundi-pundi, Anda harus memahami beberapa istilah untuk menghitung “bayaran” di YT.

CPM

CPM adalah singkatan dari Cost per Mille. Istilah ini diadaptasi dari bahasa Latin yang secara harafiah berarti per seribu. Terkait monetisasi video di YouTube Anda, ada rumus yang dipakai untuk menentukan berapa pendapatan Anda yaitu:

Pendapatan= CPM x (total impresi/ 1000)

Jadi, kita membagi jumlah atau total banyaknya tayangan dengan angka 1000, karena harga CPM berlaku 1$ per 1000 tayangan. Contohny begini, jika kita anggap 1$ sejumlah 10.000 Rupiah:

1000 views/ $1 = 10 ribu rupiah

10.000 views/ $10 = 100 ribu rupiah

100.000 views/ $100 = 1 juta rupiah

1.000.000 views/ $1000 = 10 juta rupiah

10.000.000 views/ $10,000 = 100 juta rupiah

Jumlah uang yang dibayarkan juga dapat naik bila sedang hari raya semacam natal atau lebaran. Jumlah dapat dipengaruhi oleh waktu, konten dan gender dari visitor. Total uangnya juga bervariatif sebenarnya, mulai dari 50 cents hingga 10$ per thousand impressions. Pada Google AdSense, impression adalah jumlah halaman yang mengandung unit iklan yang tampil. Terakhir, bagi negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai native language, CPM-nya lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak.

RPM

RPM adalah singkatan dari Revenue per thousand impressions. Dalam hal ini, YouTube mengambil potongan sejumlah 45% pendapatan iklan yang dihasilkan lewat saluran YouTube Anda dari keseluruhan total RPM. Rumusnya adalah:

Pendapatan = Penghasilan÷Monetized playback video x 1000

YouTube: Tidak semudah dulu Ferguso!

Per Januari 2019, Youtube mengatur ulang peraturan monetisasi video. Mereka mengharuskan durasi total video selama 4.000 jam dan dengan 1.000 subscriber dalam 12 bulan terakhir, ini ditujukan bagi suatu channel agar bisa masuk ke dalam YouTube Partner Program.

Benefit yang didapat dengan tergabung dalam program ini adalah sebuah Channel dapat memasukkan link ke website di akhir video. Selain itu, channel tersebut dapat memasang iklannya di video mereka yang mana saja.

Melalui artikel ini, kami telah memberikan sebuah panduan menarik untuk Anda simak jika Anda ingin menghasilkan pendapatan uang dari YouTube channel Anda.

Bagaimana, pasti Anda tertarik untuk menjadi YouTuber juga bukan? Membangun YouTube untuk perusahaan Anda juga akan membantu surplus bisnis.

Konten ini adalah bentuk komitmen kami sebagai digital agency di Indonesia berkualitas internasional yang memiliki misi untuk membantu Anda sukses secara online. Selain artikel ini, Anda dapat juga mengetahui fenomena elsagate yang harus diwaspadai pengguna youtube di Indonesia dan kontroversi trending youtube Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *