• hello@ibig.id
Konten Digital, Strategi Digital

3 Tipe Konten Terbaik Untuk Digital Marketing

Harleta Nityaningrum, 12/09/2019

Dewasa kini digital marketing agency di Jakarta bahkan Indonesia kerap menawarkan konten sebagai bagian dari pemasaran. Tawaran ini tidak dibuat tanpa alasan. Belakangan ini dunia digital menganggap konten sebagai komponen utama dalam menarik pemirsa, inilah pemicu ‘perang’ konten antar pebisnis ukuran dan industri apapun.

Meskipun, ketika Anda mulai membentuk strategi, tidaklah mudah untuk menentukan tipe pemasaran konten yang sebaiknya Anda gunakan untuk mengembangkan atau memperkuat bisnis Anda. Tapi, strategi bukan hal pertama yang harus Anda pikirkan. Ibarat perang, Anda juga harus mengetahui ‘senjata’ apa saja yang Anda miliki.

Daftar berikut akan mendiskusikan 3 jenis konten performa tinggi dan bagaimana bisnis Anda bisa memanfaatkannya untuk keuntungan berdasarkan digital marketing agency Indonesia. 

(Tidak punya banyak waktu untuk membaca? Anda dapat menghubungi pakar digital marketing agency terbaik iBiG untuk mendiskusikan tipe konten, strategi, dan konsultasi lain di hello@ibig.id) 

  1. Blogs

Blogging atau menulis blog adalah salah satu tipe pemasaran yang paling populer, terutama untuk bisnis kecil. Alasannya, blog merupakan langkah ampuh untuk meningkatkan performa SEO dan meningkatkan pengunjung organik web dari mesin pencari. Organik akan membantu Anda mendapatkan keuntungan maksimal dengan biaya minim tanpa bergantung pada iklan konten.

Faktanya, dilansir forbes, website yang memiliki blog biasanya 434% terindeks lebih cepat dibanding situs yang tidak. Artinya, lebih besar kemungkinan web tersebut muncul di halaman pertama di mesin pencari seperti Google ketika calon konsumen mencari sesuai kata kunci yang diincar. Ditambah lagi, situs dengan blog memiliki 97% link internal lebih banyak yang tentunya membantu proses optimasi mesin pencari.

Tidak hanya blogging membantu meningkatkan performa mesin pencari, tapi blog merupakan cara terbaik untuk membangun hubungan dengan pemirsa prospektif dan pelanggan Anda saat ini.Semakin berharga konten yang Anda sediakan, semakin tinggi pula target pasar yang akan mempertimbangkan merek Anda ketika mereka siap membeli.

Jika Anda ingin menggunakan blog sebagai cara meningkatkan pemasaran konten dan mengembangkan bisnis, Anda akan memerlukan rencana topik seperti apa yang akan ada di blog Anda. Lakukan riset kata kunci untuk mengetahui apa yang konsumen ketik di kolom pencarian untuk menemukan produk atau jasa yang serupa dengan bisnis Anda. Kemudian, pikirkan topik atau pertanyaan lain yang relevan dan buatlah konten blog sesuai dengan topik satu ini.

  1. Videos

Anda ingin tetap kompetitif di tengah hiruk pikuk pasar digital? Jika ya, sangat penting bagi Anda untuk temukan cara menarik perhatian target pasar dan berusaha mempertahankan perhatian mereka. Dewasa kini mayoritas konsumen menonton video dibanding jenis konten lain. Bahkan, satu dari tiga aktivitas internet dihabiskan untuk menonton konten dalam bentuk video.

Fakta yang telah dijelaskan sebelumnya membuat video marketing sebagai tipe pemasaran konten terbaik untuk menjangkau dan menarik perhatian pangsa pasar, terlepas dari industri bisnis Anda.

Sejujurnya, video adalah taktik konten marketing terbaik bagi bisnis kecil karena ROI (timbal balik investasi) yang cukup menarik dibanding taktik lain. Menurut BrightCove, salah satu merek yang mengedepankan video sebagai pemasaran konten utama, melihat adanya kenaikan 157% pengunjung organik dari search engines. Tidak hanya itu, video dapat membantu meningkatkan waktu berkunjung di situs hingga 105%. Ingat, semakin lama konsumer berada di sekeliling web, semakin besar kemungkinan perusahaan Anda memperoleh penjualan.

Ketika berbicara mengenai video konten, kita tidak bisa mengidahkan kekuatan konten video. Jika Anda ingin menguatkan kekuatan video, Anda akan membutuhkan tipe konten dan topik yang paling menarik untuk pemirsa Anda. Tentunya, keputusan ini bergantung bagaimana buyer journey bisnis Anda.

Video yang pendek informatif namun menarik dapat membantu interaksi Anda dengan konsumen. Sedangkan video tutorial produk atau jasa adalah cara terbaik untuk mempengaruhi keputusan pembelian di kalangan konsumen pada tahap pemilihan.

  1. Infografis

Infografis membantu perusahaan mengedukasi pemirsa dan menyediakan informasi bermanfaat yang dapat menambah nilai untuk konsumen dan prospek. Konten gambar dalam pemasaran membantu pemirsa visualisasi data statistik sehingga calon konsumen lebih paham kenapa produk atau jasa Anda lebih berharga dibanding pesaing. Selain itu, konsumen dapat membaca secara ringkas kinerja produk atau jasa Anda. 

Apabila bisnis Anda memilih untuk memanfaatkan teknik infografis untuk menarik dan interaksi dengan pemirsa, selalu pertimbangkan topik yang memang sesuai dengan format ini. Biasanya, informasi apapun yang dapat dipresentasikan dengan bentuk visual merupakan topik yang cocok untuk infografis. Sebab, Infografis mampu menjelaskan subjek yang rumit dalam bentuk simpel untuk membantu orang lain memahami nilai bisnis Anda atau menawarkan diagram produk Anda.

Manakah tipe konten terbaik untuk bisnis Anda? Semua kembali lagi pada jenis, kebutuhan, dan bisnis Anda. Tidak ada satu metode saja yang paling cocok untuk Anda, terkadang Anda harus mengkombinasikan ketiganya atau justru dalam beberapa waktu hanya fokus pada satu jenis saja. Umumnya, pakar dari digital marketing agency lebih memahami manakah yang harus dipilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *