• hello@ibig.id
Konten Marketing Sekedar Tipu Daya Digital Marketing Agency?
Konten Digital, Strategi Digital

Konten Marketing Sekedar Tipu Daya Digital Marketing Agency?

Harleta Nityaningrum, 13/09/2019

Sebagai pemilik bisnis atau kepala pemasaran suatu perusahaan, paling tidak Anda pasti pernah mendapat tawaran konten dari digital marketing agency di Jakarta atau bahkan seluruh Indonesia. Semua meyakinkan Anda bahwa konten dari agensi tersebut pasti terbaik, orisinil, dan beragam janji manis lain. Terlalu banyak tawaran bisa saja membuat Anda mundur sejenak dan berpikir apakah ini sekedar tipu-tipu belaka?

Kenapa Perusahaan Butuh Konten?

Sudah punya web bukannya tinggal tunggu konsumen datang saja? Kenapa harus capek-capek memasang konten di web di luar produk atau jasa Anda? Demi menjawab pertanyaan kenapa perusahaan butuh konten, Anda harus tahu terlebih dahulu apa beberapa manfaat konten bagi pemasaran digital Anda.

 

  • Membuat Konten yang Baik Menghemat Waktu Untuk Membawa Prospek
    Leads merupakan istilah untuk orang yang berminat untuk membeli produk Anda, mirip dengan prospek. Nah, Cobalah minta tim Anda mencari data bagaimana konten membawa leads terbaru, dijamin statistik menunjukkan konten sangat penting untuk leads.

    Usaha skala kecil sangat membutuhkan generator leads yang cepat karena pengunjung web yang tinggi tidak ada artinya bila Sales tidak terbentuk. Marketing content tidak hanya baik untuk membangun leads, namun juga biaya terjangkau.

    Meskipun konten marketing memakan biaya 62% lebih sedikit dibanding pemasaran tradisional. Dilansir oleh Demand Metric pemasaran konten mampu meningkatkan lead hingga 3 kali lipat. Biaya konten marketing yang terjangkau membuat strategi konten pemasaran berguna bagi perusahaan skala kecil.

    Perlu diingat bahwa pemasaran konten memakan banyak waktu, dan bisa saja hasilnya baru terlihat di kemudian hari setelah semua kerja keras Anda. Hal ini sangat benar ketika menyangkut SEO. Meskipun, saat bicara mengenai pembuatan konten berkualitas, usaha kecil sekalipun bisa berdampak besar. Berdasarkan data yang dikumpulkan social media examiner, lebih dari 81% dari pemasar menemukan adanya kenaikan trafik dengan investasi setidaknya 6 jam dalam seminggu khusus untuk konten media sosial.

    Tingkat Pentingnya konten marketing mudah dilihat ketika Anda mempertimbangkan timbal balik keuntungan atau ROI. Berhubung konten cukup murah dan cukup efektif, banyak binsis kecil melihat peningkatan ROI yang mengundang decak kagum. Betapa tidak? Dalam beberapa kasus, usaha konten memberikan leads 3 kali lebih banyak dibanding iklan search tanpa konten.

    Kunci untuk memaksimalkan konten ROI adalah strategi yang mempertimbangkan target pasar. Jangan pernah membuat konten sekedar bikin saja. Anda harus mempertimbangkan nilai setiap konten. Pastikan semua konten strategis di topik pilihan, tipe aset yang diproduksi dan metode promosi Anda.

 

    1. Konten Mempertontonkan Keahlian Anda Dalam Suatu Bidang
      Mari jujur saja, Anda tidak begitu peduli dengan teknis pengerjaan. Anda hanya butuh tahu apakah bisnis Anda diurus oleh tim ahli yang tahu dalam dan luar industri. Inilah jawaban lain kenapa content marketing cukup penting. Dengan konten yang tepat merek Anda dapat mendemonstrasikan keahlian di bidangnya seraya menyelipkan informasi berharga yang mendorong pembaca memutuskan untuk membeli.

      Setiap kali Anda mempublikasikan artikel blog terbaru Anda sedang membuktikkan pada prospek dan konsumen seberapa banyak Anda tahu tentang industri ini dan tantangan yang sedang mereka hadapi. Sehingga, saat tiba waktu untuk membeli, konsumen akan ingat merek yang telah lebih dahulu memberikan informasi yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan masalah, solusi, dan alternatif penyelesaian problematika. 

      Misalkan saja, ada 2 jenis web. Satu website sering mempublikasikan konten edukatif secara dan konsisten, sedangkan web yang lain tidak. Besar kemungkinan, Anda akan memilih untuk membeli dari perusahaan yang sudah menunjukkan pengetahuan dan keahlian mengenai produk dan jasa terkait.

      Dengan demikian, Anda lebih tenang telah mengetahui bahwa produk atau jasa yang diperoleh dibuat oleh tim ahli yang mampu menjawab setiap pertanyaan dan menyelesaikan masalah yang mungkin muncul.

 

  • Membangun Hubungan dengan Konsumen? Publikasikan Konten yang Baik
    Anda masih belum paham kenapa konten dalam pemasaran sedemikian penting? Pikirkan bagaimana pemasaran konten mampu membangun hubungan dengan konsumen.

    Sebelumnya, kita telah membahas bagaimana konten adalah bagian dari membangun kepercayaan dan membangun reputasi bisnis positif. Dengan demikian akan membantu Anda meningkatkan jumlah konsumen dan menjangkau prospek baru.

    Bagaimana dengan pelanggan yang sudah setia dengan perusahaan Anda? Bila bisnis Anda masih dalam skala kecil, pelanggan setia bagaikan roti dan selai. Berdasarkan data dari BIA Kelsey, 61% mengatakan setengah dari keuntungan berasal dari pelanggan setia. Lebih jelas lagi, Marketing Tech Blog melaporkan bahwa konsumen yang setia, bernilai, rata-rata 10 kali lebih besar sejak pembelian pertama.

    Cukup jelas bahwa pelanggan setia merupakan aspek penting dalam setiap bisnis. Jika penjualan terus berulang memberikan porsi signifikan dari total keuntungan perusahaan, maka Anda harus menemukan cara membangun hubungan dengan konsumen Anda saat ini.

    Disinilah content marketing akan menjadi pahlawan Anda. Memberikan konten yang sangat bagus tidak hanya berhenti pada prospek menjadi konsumen saja. Konten yang memberikan nilai berdasarkan kebutuhan konsumen akan membantu meningkatkan brand loyalty dengan menguatkan hubungan dengan konsumen. Inilah yang mendorong pembelian berulang dan mengembangkan kekuatan merek Anda.

    Namun, jenis konten seperti apa yang terbaik untuk membangun hubungan dengan konsumen? Aset konten seperti video tutorial dan konten visual yang informatif mampu membantu konsumen Anda menikmati produk atau jasa. Semakin banyak nilai yang diperoleh konsumen, semakin tinggi kemungkinan konsumen akan kembali untuk membeli produk Anda.

  • Prospek dan Konsumen Anda Butuh Konten yang Baik
    Alasan terpenting mengapa konten begitu penting dalam dunia marketing adalah kebutuhan konsumen dan leads akan konten Anda. Statistik menunjukkan penggunna menghabiskan 20% waktunya untuk membaca konten.

    Kenapa tidak Anda berikan apa yang konsumen dan lead inginkan? Jika Anda ingin pemasaran konten lebih efektif, jangan pernah mengindahkan data yang telah Anda kumpulkan dari pengunjung Anda. Kumpulkan data dari journey maps, user feedback, vanity metrics, dan customer persona. Informasi tersebut akan sangat vital untuk perencanaan konten Anda. Entah untuk topik ringan atau edukatif, gunakan konten untuk menunjukkan siapa brand Anda. 

 

Jadi tipu-tipu digital marketing agency atau bukan?
Dengan adanya manfaat yang telah disebutkan diatas, maka dapat terlihat bahwa konten marketing bukan sekedar tipu-tipu digital marketing agency belaka. Apabila Anda ingin buktikan pentingnya konten marketing di aksi nyata, mulailah dari sekarang. Meski tidak tahu cara membuat konten strategi yang tepat atau tidak memiliki data, agensi seperti iBiG siap membantu Anda. Hubungi hello@ibig.id untuk konsultasi dengan pakar digital demi penuhi kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *