• hello@ibig.id
Bahaya Menyembunyikan Jumlah Subscriber Youtube
Konten Digital, Strategi Digital, YouTube Marketing

Bahaya Menyembunyikan Jumlah Subscriber Youtube

Harleta Nityaningrum, 18/09/2019

Pernahkah Anda menjelajahi Youtube dan menemukan akun yang tidak menunjukkan data subscriber atau jangan-jangan Anda sendiri sedang mempertimbangkan untuk menutup data jumlah pelanggan akun Youtube bisnis Anda? Jangan buru-buru! Dengarkan terlebih dahulu penjelasan mengenai bahaya keputusan satu ini dari Digital Marketing Agency Jakarta Indonesia.

Bagaimana Cara Menyembunyikan Jumlah Subscriber Youtube

Pertama Anda temukan terlebih dahulu pengaturan di Youtube. Klik pada ikon channel di bagian kanan atas pojok. Nantinya akan ada daftar menu yang menawarkan dua fitur yaitu creator studio dan setting. Klik pada ikon berbentuk “setir kapal” pada “creator studio”. Anda akan langsung dilarikan pada laman “Overview” akun channel Youtube Anda. Pada laman ini Anda akan menemukan konfirmasi ID pengguna Youtube, status akun, bahkan pilihan menghapus channel Anda (jangan sampai salah pencet ke hapus channel, ya).

Pada laman ‘overview’ Anda akan menemukan link ke bagian ‘fitur tambahan’. Klik pada link tersebut yang akan membawa Anda ke bagian channel dari video manager Anda. Section ini menyediakan beragam pilihan yang bisa Anda otak-atik, tapi demi tujuan menyembunyikan jumlah subscriber Anda sebaiknya langsung akses tab ‘Advanced’.

Setelah Anda klik pada bagian ‘Advanced’, Youtube secara otomatis membawa Anda ke pengaturan akun utama. Scroll kebawah sampai Anda melihat fitur pilihan ‘subscriber counts’. Setting utama adalah membuka jumlah subscriber channel di publik. Tik pada box kedua jika Anda ingin membatalkan fitur perlihatkan jumlah subscriber publik.

Alasan Beberapa Pebisnis Menyembunyikan Jumlah Subs Youtube

Kini Anda sudah tahu bagaimana metode menyembunyikan jumlah subs. Beberapa pebisnis lain juga melakukan metode serupa. Setidaknya ada 2 alasan kenapa sebuah perusahaan mengambil langkah menyembunyikan jumlah subscriber mereka:

  1. Memancing Pengguna Berlangganan
    Pernahkah Anda melihat suatu toko yang sepi dan tepat di sebelahnya terdapat toko serupa, hanya saja penuh dengan pengunjung?

    Mayoritas orang akan memilih untuk mengecek toko yang penuh pengunjung dibanding toko yang sepi. Alasannya sederhana saja, secara naluriah manusia selalu ingin apa yang orang lain miliki dan merasa nyaman dengan mengikuti pilihan orang lain dibanding harus memikirkan situasi untuk diri mereka sendiri.

    Apa hubungannya dengan situasi subscriber sedikit? Demi menghindari pengguna ragu untuk ‘berlangganan’ atau subscribe ke channel bisnis mereka, langkah satu ini dilakukan.

  2. Rasa Malu
    Satu pengguna Youtube untuk bisnis membuat pernyataan berikut:

    “Saya menyembunyikan jumlah pelanggan saya karena suatu alasan simpel, saya malu. Saya tidak ingin pengguna menilai kualitas produk atau jasa saya hanya berdasarkan dari jumlah pengguna yang berlangganan ke channel saya saja. Suatu saat mungkin saya akan membuka jumlah subscriber tapi untuk saat ini saya akan tetap sembunyikan”

    Dapat disimpulkan bahwa rasa malu adalah alasan beberapa pebisnis merasa perlu menyembunyikan jumlah subscriber.

 

Apakah Bahaya Menyembunyikan Jumlah Subs Youtube Meski Jumlahnya Sedikit?
Pamer jumlah subs Youtube yang banyak, hasil usaha bekerja sama dengan Digital Marketing Agency Terbaik Jakarta Indonesia, sangat normal. Tapi, pertanyaannya sekarang adalah apakah manfaat menunjukkan jumlah Subscriber Youtuber yang sedikit?
 

  1. Jumlah Subscriber adalah Pertimbangan Utama
    Ya, angka subs yang tinggi adalah salah satu poin utama dalam menentukan apakah seseorang akan akses ke akun Anda dan berlangganan. Bagi pembuat video dan influencer yang mencari pebisnis untuk diajak kerja sama, adanya data subscriber merupakan faktor pertimbangan yang cukup besar. Apabila Anda memilih menyembunyikan data satu ini, channel bisnis Anda sudah pasti menurunkan minat pengguna.

  2. Transparansi Justru Mendorong Pengguna untuk Subscribe
    Menyembunyikan jumlah pelanggan channel Anda dari komunitas Youtube, menandakan Anda menyembunyikan sesuatu. Bisa terkesan tidak adil, tapi ketika 99.9% Youtuber memilih untuk membuka data jumlah subscriber, minoritas yang menyembunyikan data tersebut akan berkesan buruk.

    Agar Channel Anda sukses di Youtube Anda harus jadi bagian dari Youtube. Youtube adalah komunitas dan menyembunyikan apapun, termasuk jumlah subscriber yang Anda punya, sama buruknya dengan menutup akses penonton untuk komentar di video Anda. 

Kesimpulan apa yang dapat diambil? Apakah intinya membuka data subscriber Youtube sudah pasti mendorong performa akun bisnis Anda? Tidak juga. Meski Anda membuka data sekalipun, tanpa adanya konten Youtube yang tepat, maka percuma saja. Inilah kenapa Digital Marketing Agency Terbaik Jakarta Indonesia seperti iBiG diperlukan untuk membantu Anda. Tidak hanya mencapai jumlah subscriber Youtube Anda, namun juga tujuan bisnis yang telah Anda idam-idamkan. Langsung saja email ke hello@ibig.id dan konsultasikan masalah Anda dengan pakar iBiG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *