• hello@ibig.id
Bio Sosmed Ampuh Pengundang Untung
Instagram Marketing, Strategi Digital, Tips Digital

Bio Sosmed Ampuh Pengundang Untung

Harleta Nityaningrum, 19/09/2019

Semua pembicaraan mengenai algoritma media sosial dan menemukan bagaimana cara mengembangkan akun Anda. Mulai dari memastikan foto terlihat begitu cantik sampai dengan jadwal ketat dalam melakukan posting di akun. Diskusi demi diskusi dilakukan untuk pastikan algoritma menguntungkan bisnis Anda. Tapi kebanyakan orang tidak banyak membicarakan hal mendasar dengan digital consultant marketing agency. Misalkan saja pentingnya memiliki bio sosial media dan foto yang baik. 

Kenapa Bio dan Foto Media Sosial Dianggap Penting?

Rasanya membuat bio media sosial tidak membutuhkan konsentrasi layaknya pemain catur profesional di pertandingan global. Akan tetapi, banyak  digital consultant marketing agency yang menemukan, justru kekuatan sosial media suatu perusahaan dimulai dengan pondasi yang kokoh. 

Ada beberapa alasan kenapa bio yang baik begitu penting. Pertama, tidak semua pengguna punya fokus dalam durasi yang lama. Anda hanya punya beberapa detik untuk mendapat perhatian seseorang dan meyakinkan pengguna untuk mengikuti akun Instagram Anda. Ketika seseorang menemukan akun Anda, mereka ingin tahu kenapa mereka harus peduli dengan jasa atau produk Anda. Bagaimana cara menentukannya? Membaca bio Anda dengan cepat.

6 Elemen Bio Sosial Media yang Baik

  1. Isi Semua Sections
    Pastikan Anda mengisi semua informasi di bio media sosial. Mengisi semua sections akan meningkatkan kemungkinan profil pengunjung mendapatkan semua detil yang mereka butuhkan seputar produk atau jasa Anda. Tergantung dari jaringan, Anda dapat menggarisbawahi pencapaian dan link ke media sosial, situs, dan sebagainya.

  2. Menggunakan Foto Profil yang Jelas
    Ya, memang, pada beberapa media sosial, foto profil sangat kecil, nyaris tidak terlihat. Tapi tak jadi alasan untuk memiliki foto resolusi kecil dengan desain asal-asalan. Pastikan foto profil memang bersih, dan selalu konsisten di semua media sosial aktif Anda.
     
  3. Ambil Keuntungan Foto header
    Porsi foto header di bio atau profil media sosial bagaikan gedung menjulang yang mencolok dan sebenarnya bisa Anda manfaatkan. Kumpulkan tim kreatif Digital Marketing Agency untuk rancang foto kemudian pajang foto yang mencerminkan karakter perusahaan Anda atau produk dan jasa terbaru Anda pada header.

    Jangan pernah melewatkan kesempatan visibilitas Berikut beberapa inti pesan yang bisa Anda pajang di header:
  • Highlight produk terbaru, entah hanya 1 produk atau paket jasa, manapun itu pamerkan.
  • Highlight konten, even, penghargaan, atau pendapatan terbaru
  • Rancang sapaan untuk momen tertentu (Lebaran, Natal, dan sebagainya)
  • Ucapan terima kasih untuk pencapaian target follower
  • Pujian untuk konsumen atau karyawan
  • Testimoni dalam bentuk foto, misalkan saja konsumen menikmati produk atau jasa Anda
  • Petunjuk untuk call to action 
  • Ceritakan tentang produk atau jasa Anda secara ringkas
  • Tunjukkan kegiatan CSR Anda

  1. Gunakan Kata Kunci
    Gunakan kata kunci di bio media sosial akan membuat perbedaan besar untuk pencarian organik. Tapi bukan berarti Anda harus menyelipkan semua kata kunci yang Anda inginkan secara asal di bio. Bisa-bisa Anda akan terdengar seperti robot, utamakan yang sesuai dengan industri Anda.

    Seperti contoh, iBiG hanya menggunakan keyword utama digital marketing agency kemudian disusul dengan ragam jasa yang disediakan. Bukannya memaksa kata kunci masuk dalam bio hingga tidak enak dibaca oleh pengguna Instagram.

  2. Sesuaikan dengan Media Sosial
    Setiap media sosial memiliki ketentuan dan atau batasan untuk bio media sosial, jadi Anda butuh menyesuaikan tiap bio, entah memperpendek atau memperpanjang. Sebagai contoh, Facebook memiliki ruang bio yang luas sehingga Anda bisa mencantumkan semua informasi mengenai produk Anda. Lain cerita dengan bio Instagram yang sangat terbatas.

  3. Sambungkan ke Situs Web
    Demi memanfaatkan bio media sosial dan profil untuk keuntungan dan mendapatkan eksposure untuk web Anda atau page tertentu, pastikan selalu cantumkan link. Jauh lebih baik lagi jika Anda memberi tahu pengguna bahwa mereka bisa langsung klik link di bio pada setiap postingan.

Pastikan 6 tips diatas sudah dilakukan demi pastikan bio media sosial Anda mampu meningkatkan minat follow bagi pengunjung yang “nyangkut”. Tentunya, kesuksesan media sosial tidak hanya terletak pada bio namun pada konsistensi dan manajemen konten itu sendiri. Anda termasuk pebisnis yang sadar akan potensi media sosial namun tidak memahami eksekusi strateginya? Hubungi saja digital marketing consutant agency, iBiG, di hello@ibig.id  dan dapatkan bantuan dari pakar pemasaran internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *