• hello@ibig.id
Tips Menjaga Minat Follower Instagram
Instagram Marketing, Konten Digital, Strategi Digital

Tips Menjaga Minat Follower Instagram

Harleta Nityaningrum, 20/09/2019

Beberapa tahun kebelakang, Instagram telah berevolusi dari satu tempat untuk memajang foto makanan belaka menjadi salah satu pendorong merek terkuat di dunia. Berkat pengguna internet dan bisnis online yang melimpah ruah, membuat pengguna Instagram membanjiri feeds atau laman dengan konten bernuansa “jualan”. Faktanya, dilansir dari Forrester dan beberapa Digital Marketing Agency Indonesia, Instagram memiliki engagement rate tertinggi antar merek dan konsumen dibanding media sosial besar lain.

Media sosial dimana penggguna ingin bersahabat dengan ‘penjual’ rasanya seperti mimpi menjadi nyata. Namun, jangan sampai kesempatan satu ini di sia-siakan. Penggemar produk atau jasa Anda berharap Anda memperlakukan instagram seperti halnya mereka memperlakukan instagram pribadi mereka. Instagram bisnis Anda diharapkan untuk menyediakan foto indah nan menarik, berkomentar di posting orang lain, dan menarik minat mereka.

Apabila Anda tidak yakin bagaimana cara mempertahankan minat follower Anda selain rajin komentar dan menyukai postingan Instagram mereka, Anda berada di artikel yang tepat. Berikut beberapa metode menarik yang pastinya menarik perhatian follower Instagram mereka.

  1. Bekerja sama dengan influencer Jika Anda butuh
    Jika Anda ingin meningkatkan visibilitas, pertimbangkan untuk kerja sama dengan influencer Instagram dan akun-akun semacamnya. Dewasa kini, influencer media sosial diperlakukan layaknya seleb profesional modern.

    Kolaborasi dengan influencer sangat membantu Anda meningkatkan jangkauan pemirsa, kesadaran merek, dan pengguna konsumen menunjukkan perhatian pada trend.

    Salah satu aspek terpenting untuk kerjasama sukses dengan influencer adalah memilih mereka yang memang cocok dengan brand Anda. Selalu pikirkan terlebih dahulu siapa pemirsa Anda, jika ingin menemukan influencer yang tidak hanya memiliki follower milyaran, namun juga kemungkinan besar berminat dengan produk atau jasa Anda.

    Influencer terbaik untuk strategi pemasaran melalui Instagram adalah orang yang “nyambung” dengan target pemirsa dan mendorong minat di antar komunitas.

    Menjangkau komunitas besar hanya bernilai jual jika terjadi reaksi tertentu dari komunitas tersebut. Anda harus melihat secara keseluruhan, bukan sekedar jumlah pengikut dan berharap yang terbaik dari puluhan influencer yang kemungkinan memberikan interaksi dengan postingan Anda.

    Berdasarkan analisis Digital Marketing Agency terbaik bekerjasamalah dengan mereka yang memiliki follower dengan minat tinggi pada perusahaan Anda. Dengan demikian, lebih besar kemungkinan produk atau jasa Anda dapat terlibat pada percakapan, dibanding harus membangun dari awal.

  2. Gunakan Teknik Regram
    Salah satu cara terbaik untuk berinteraksi dengan follower Instagram adalah dengan menyediakan konten yang berkaitan erat dengan pengguna. Regram atau mem-posting ulang dari akun Instagram orang lain untuk diri Anda sendiri tanpa menghilangkan kredibilitas adalah cara termudah dan paling efektif untuk berinteraksi dengan pengguna.

    Pengguna yang Anda re-gram akan merasa dapat pengenalan dan eksposur luas dari jaringan mereka. Sebagai suatu brand, Anda membuktikan pada pemirsa bahwa jasa atau produk Anda memberi perhatian pada konsumen sampai Anda bisa memposting ulang konten mereka.

    Bayangkan sebagai pengguna, jika salah satu brand favorit Anda menyukai foto dan membagikan ke halaman mereka, pasti Anda akan sangat senang. Layaknya hubungan simbiosis mutualisme, dimana keduanya mendapat untung, dan bisa saja Anda menemukan ambassador diantara fan biasa. Ditambah lagi, dengan melakukan re-gramming Anda menghemat biaya dan waktu untuk membuat konten Instagram Anda.

    Melihat beberapa foto hasil regram meningkatkan kemungkinan fan yang lain ingin mendapat perlakuan serupa. Akibatnya, mereka akan berusaha membagikan konten tentang produk atau jasa Anda, sehingga menciptakan user generated content (UGC) yang sangat menguntungkan Anda.
     
  3. Tulis Caption Instagram yang Menimbulkan Diskusi
    Sebagian besar merek memperlakukan Instagram layaknya batu di tepi sungai, sedangkan foto diperlakukan layaknya berlian. Ya, memang Instagram adalah media sosial yang mengedepankan visual, dimana tentunya foto sangatlah penting. Akan tetapi, caption adalah aset bernilai yang bisa Anda manfaatkan untuk menarik interaksi follower.

    Caption yang bagus, percaya atau tidak, mungkin bukan sekedar beberapa kata. Digital Marketing Terbaik, iBiG, menyarankan untuk bercerita, menanyakan situasi, atau menggunakan emoji dan hastag yang sesuai dengan pemirsa Anda. Luangkan waktu untuk menulis caption Intagram sempurna yang mampu memainkan imajinasi dan membantu follower merasa relevan dengan konten yang Anda buat.

    Kunci terbaik dalam membuat caption adalah menemukan bahasa yang konsisten. Buat pekerjaan menulis caption menjadi lebih mudah dengan membuat pola bahasa yang sama. Misalkan saja, selalu cantumkan caption dengan urutan tanggal, waktu, kemudian call to action. Selain follower Anda dapat asosiasikan penulisan caption dengan merek Anda, penulisan bahasa yang konsisten akan menghindarkan Anda dari writer stuck.

Menjaga jumlah follower tidak selalu semudah membalik telapak tangan bila Anda kurang pengalaman. Hanya pakar yang telah berdedikasi untuk eksperimen demi temukan strategi terbaik untuk Instagram. Untung saja, konsultasi dengan pakar untuk temukan langkah terbaik menjadi lebih mudah dengan Digital Marketing Agency Terbaik, iBiG. Cukup hubungi hello@ibig.id dan temukan solusi permasalahan Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *