• hello@ibig.id
3 Tips Optimalkan Facebook Ads dari Digital Marketing Agency
Facebook Marketing

3 Tips Optimalkan Facebook Ads dari Digital Marketing Agency

Harleta Nityaningrum, 23/09/2019

Anda sudah tahu cara beriklan di Facebook, tapi entah atas dasar dan alasan apa, performa iklan Anda tidak seberapa. Sebetulnya Digital Marketing Agency sering menemui fenomena tak menyenangkan dimana biaya yang Anda keluarkan seolah tak sepadan. Padahal, dengan teknik yang tepat, Anda dapat melakukan optimasi untuk Ads yang dipasang supaya hasilnya maksimal.

Apakah pengertian Optimasi untuk Ads?

Saya yakin Anda sudah memiliki bayangan apa yang akan dibahas ketika membaca kata ‘optimasi’. Namun, demi keamanan dan kenyamanan dalam memahami artikel ini, mari bersama samakan pemahaman mengenai optimasi untuk ads. 

Optimasi untuk ads berarti usaha Anda untuk memastikan iklan memang berkontribusi pada tujuan bisnis Anda. Entah dari segi branding, conversion, dan berbagai goal iklan lainnya. Sukses atau tidaknya hasil optimasi iklan facebook Anda ditujukkan pada peningkatan sejak pertama kali Anda berusaha lakukan optimasi dengan hasil setelahnya. 

3 Tips Optimalkan Facebook Ads

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa optimasi Facebook Ads merupakan Tekankan pada kata “peningkatan”, karena satu kata ini membedakan iklan yang memang di optimasi dengan iklan yang tidak diberikan perlakuan apapun. Nah bagaimana caranya? Mari simak 3 tips berikut ini:

  1. Optimasi likes dan shares iklan Facebook
    Jumlah jempol (likes) dan shares kerap kali jadi acuan utama dalam menilai performa iklan Facebook. Ketika Anda melihat jumlah kedua aspek ini dibawah pesaing Anda, rasanya konten yang Anda sediakan seolah tidak menarik. Padahal tidak selamanya demikian.

    Ketika menyetel iklan untuk kampanye, Anda mendapat 2 pilihan otomatis: create new ads for every ad set and campaign”. Kerap kali, pilihan kedua, yakni “Use Existing Post” jarang dilihat oleh pemasang iklan. Padahal, justru, inilah salah satu cara paling efektif untuk optimalkan jumlah likes dan shares.

    Pilihan “Use Existing Post” memberikan kesempatan untuk mengumpulkan semua kampanye likes dan shares pada satu iklan. Apabila Anda sedang berpikir bagaimana beberapa pemasang iklan berhasil mengumpulkan ratusan atau bahkan ribuan likes pada kampanye Facebook mereka, mungkin tips inilah yang digunakan.

    Anda ingin cara lebih mudah dalam memasang iklan dari varian post yang sudah ada? Cobalah posting terlebih dahulu konten yang ingin Anda iklankan pada laman fanpage bisnis. Selanjutnya, Anda bisa memilih konten tersebut tiap kali menyetel iklan baru. Termasuk bila Anda sedang melakukan A/B test.

  2. Teknik ‘Pasang Cabut Analisa’
    Seringkali, menilai suatu performa iklan dapat memakan waktu beberapa hari sebelum Anda punya data kampanye yang cukup untuk basis metode optimasi iklan. Terlebih bila Anda hanya memiliki biaya minim, peningkatan performa iklan membutuhkan waktu lebih lama lagi. Faktor satu ini membuat ‘teknik pasang cabut analisa’ merupakan teknik yang cukup efektif.

    Bagaimana cara melakukan teknik ‘pasang cabut analisa’?
    – Ketika Anda menyetel kampanye baru, masukkan anggaran (budget) harian atau lifetime yang melebihi anggaran yang Anda rencanakan.

    – Jangan buru-buru, berhubung Anda menyetel budget melebihi uang yang Anda rencanakan, jangan sampai Anda memilih accelerated delivery. Sesuai namanya, pilihan ini berarti Anda meminta Facebook mengirimkan iklan dan menghabiskan biaya Anda secepat mungkin. Padahal Anda butuh kualitas dibanding kuantitas.

    – Setelah iklan Anda mencapai paling tidak impresi (melihat) 10.000 keatas, Anda bisa evaluasi apa yang bisa dilakukan supaya performanya lebih baik.

    – Ulangi dari awal hingga Anda menemukan setelan iklan yang paling cocok untuk tujuan bisnis Anda.

    Harap diingat, Facebook memerlukan setidaknya 24 jam untuk approval dan refresh data apabila Anda melakukan perubahan apapun. Jadi, sediakan waktu untuk menunggu iklan Anda benar-benar mulai berjalan kembali.

  3. Optimasi Jadwal Iklan Anda
    Umumnya setelan iklan berjalan 24 jam setiap harinya. Iklan Anda terus menyala terlepas dari kapan dan hari apa. Berdasarkan pengamatan Digital Marketing Agency terbaik, selalu ada hari dan jam tertentu, dimana konsumen setia Anda merespon baik konten Anda dibanding waktu lain.

    Untuk melihat waktu terbaik untuk conversion dengan CPA (Click per Ads) atau memakan biaya terendah, Anda bisa ke Facebook Ads Manager Report dan gunakan menu untuk filter kampanye berdasarkan hari. Selanjutnya, Anda bisa memasang kampanye berdasarkan waktu terbaik dari data yang Anda dapatkan.

3 tips yang telah disebutkan hanyalah beberapa dari banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk pastikan iklan Facebook Anda memiliki performa optimal. Apabila Anda belum menemukan jawaban dari permasalahan periklanan Facebook Anda, jangan khawatir. Pakar Digital Marketing Agency terbaik di Indonesia, iBiG, memberi kesempatan konsultasi gratis yang bisa Anda ambil. Email ke hello@ibig.id untuk lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *