• hello@ibig.id
Instagram vs Facebook Ads Manakah yang Lebih Nampol?
Facebook Marketing, Instagram Marketing, Strategi Digital, Tips Digital

Instagram vs Facebook Ads Manakah yang Lebih Nampol?

Harleta Nityaningrum, 25/09/2019

Ketika menyangkut platform media sosial yang paling interaktif, Facebook dan Instagram bersaing untuk posisi pertama. Bagaimana tidak? Facebook dan Instagram adalah sosial media yang menghubungkan kita dengan teman maupun keluarga melalui foto, berita, dan video. Namun inti yang tak tergantikan dari kedua media sosial milik mark, menurut digital marketing agency terbaik di Indonesia, adalah faktor ‘kesegaran’ dan ‘personal’.

Berita kecelakaan, kemenangan, dan semacamnya disajikan segar mungkin sudah biasa. Lain cerita dengan berita mengenai teman dan keluarga. Kecuali salah satu dari mereka adalah figur terkenal, kecil kemungkinan Anda mendapat kabar terakhirnya dalam hitungan detik. Inilah faktor daya tarik utama baik Instagram maupun Facebook.

Dari segi pengguna, keduanya sama-sama tidak mau kalah. Facebook memiliki 1.4 milyar pengguna aktif dengan 655 dari total pengguna menggunakan aplikasi mobile. Instagram sendiri berhasil meraih 75 miliar pengguna aktif harian dengan 47% dari mereka akses akun instagram menggunakan aplikasi mobile. Dapat disimpulkan bahwa keduanya saling balap membalap demi menunjukkan kebolehannya.

Namun, pertanyaan yang muncul di kepala adalah, kenapa Instagram jauh lebih menghasilkan dibanding fanpage Facebook atau bagaimana menjangkau pengguna Facebook yang berpotensi tertarik pada produk atau jasa Anda. Entah melalui langkah organik atau iklan berbayar. Berdasarkan pengamatan Digital marketing agency terbaik, memang fitur periklanan Facebook dan Instagram sedikit mirip, dan keduanya mampu memberi Anda kesempatan untuk berhubungan dengan konsumen. Tapi, manakah yang lebih nampol dan memberi untung?

Mana yang Lebih Menguntungkan Instagram atau Facebook?

Sebelum memutuskan manakah yang lebih baik Facebook atau Instagram, ada 3 elemen yang harus Anda tahu:

  1. Tujuan
  2. Targeting 
  3. Jenis Iklan
  4. Algoritma


Pertama, Targeting.

Anda harus tahu terlebih dahulu menentukan apa tujuan Anda memanfaatkan salah satu dari sosial media ini untuk bisnis Anda. Apakah Anda mengincar penjualan? Merek? Platform iklan akan membantu Anda mencapai tujuan selama visi Anda jelas. 

Kedua, Targeting.
Baik Instagram ataupun Facebook, keduanya mengenali target produk atau jasa Anda berdasarkan ketertarikan, usia, demografis, lokasi, dan relevansi yang spesifik. Hal ini menjelaskan kenapa Anda mungkin melihat merek dan produk yang mirip dengan iklan yang pernah Anda minati sebelumnya.

Meskipun, penting bagi Anda untuk terus memantau Facebook yang dibuat untuk opsi target iklan. Anda harus memberi perhatian ekstra supaya tak salah target pasar iklan.

Ketiga, Jenis Iklan

Baik Facebook maupun Instagram sama-sama menawarkan 2 jenis iklan yaitu iklan berbentuk carousel dan story

Iklan Carousel tergolong iklan yang paling sering muncul. Desain yang clean dengan format yang menarik perhatian. Terdapat 2 jenis carousel, Tipe carousel yang hanya memperbolehkan satu foto dan ada tipe yang memperbolehkan lebih dari satu foto dalam satu iklan. Umumnya Anda menemukan iklan carousel pada timeline, sehingga kecil kemungkinan pengguna melewatkan iklan Anda.

Iklan story ads sebenarnya relatif baru tapi telah menunjukkan popularitas. Karakteristik story yang ringkas dan interaktif membuat banyak pengguna menggemari fitur baru Facebook dan Instagram satu ini. Bahkan, pada iklan story Anda, terdapat pilihan swipe up untuk menuju ke web langsung untuk melihat produk atau web. 

Algoritma
Algoritma adalah bagaimana suatu program bekerja. Dalam pembahasan kali ini adalah algoritma yang menjelaskan bagaimana iklan sosial media menentukan pengguna manakah yang cocok untuk produk atau jasa Anda. Caranya adalah algoritma Instagram memperhatikan interaksi pengguna dengan setiap postingan.

Facebook memiliki algoritma yang serupa. Hal inilah yang membuat iklan Instagram dan Facebook begitu menarik minat pengguna. Anda ingin selalu update dengan event dan aktivitas terakhir dengan orang-orang yang memiliki minat serupa, baik komunitas maupun individu. Hal ini menjelaskan baik Facebook ataupun Instagram hanya menunjukkan konten yang paling mungkin diminati oleh pengguna.

Jadi Facebook atau Instagram?

Menimbang 4 fakta yang telah dijelaskan sebelumnya, tentu Anda sudah lebih paham cara kerja Facebook dan Instagram. Digital Marketing Agency terbaik Indonesia sebetulnya tidak akan menyatakan satu sosial media jauh lebih baik dibanding yang lain. Karena kembali lagi, tidak ada sosial media yang dapat menguntungkan semua perusahaan. Anda harus menentukan sendiri sosial media manakah yang terbaik berdasarkan data yang ada. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *