• hello@ibig.id
Cara Iklan Youtube Jitu Ala Digital Marketing Terbaik
Strategi Digital, YouTube Marketing

Cara Iklan Youtube Jitu Ala Digital Marketing Terbaik

Harleta Nityaningrum, 23/08/2019

Tidak ada formula sihir ajaib untuk kampanye iklan youtube yang sukses. Tapi, bukan berarti tidak ada jalan. Mengingat beberapa digital marketing terbaik telah melalui rangkaian eksperimen demi menemukan taktik dan strategi terbaik di masa lalu, pastilah ada beberapa hal yang dapat dipelajari dan diimplementasikan untuk kasus Anda dengan sedikit modifikasi. Apa sajakah poin pelajaran yang pernah ada?

  1. Buat channel Youtube yang dinamis
    Anda ingin beriklan di platform berlogo merah putih? Semua dimulai dari membuat akun channel Youtube. Tentunya dengan desain berbeda dari saluran atau channel Youtube personal. Youtube yang mewakili bisnis harus mampu memberikan nuansa merek yang tidak sekedar “jualan” saja.

    Video demonstrasi produk, review produk, video yang menjawab Frequent Asked Question (pertanyaan yang sering ditanya), dan behind the scene hanyalah beberapa contoh tipe konten video yang bisa Anda tayangkan pada akun Anda. Untuk pastikan channel Anda memberikan impresi yang bagus, video harus terorganisir, interaktif dan informatif dalam bidang yang berkaitan dengan bisnis.
     
  2. Gunakan remarketing untuk “menggaet” pelanggan lama
    Anda bisa memasarkan penonton Youtube Ads (atau mungkin channel pengunjung) dengan tambahan Youtube Ads atau Display Ads.

    Video ads tidak harus langsung menuju poin yang cuma Anda gunakan sekali dan kemudian Anda berharap yang terbaik. Daripada membuang kerja keras untuk video yang cuma dipakai sekali, Anda bisa follow up dan reengage dengan pengguna yang masuk dalam daftar pemasaran website.

    Pemirsa yang familiar dengan brand dan produk lebih mungkin re-engage  dengan iklan dibanding mereka yang menemukan konten Youtube Anda. Orang yang termasuk kategori re-marketing adalah mereka pernah melihat beberapa video demonstrasi produk Anda ketika mencari produk yang tepat untuk mereka.

    Mengingatkan konsumen lama melalui remarketing dapat mendorong pemirsa untuk ke website dan melakukan pembelian. 
     
  3. Jangan Pernah Berhenti Mencari Cara Optimasi Performa
    Manajemen akun yang sukses membutuhkan perhatian khusus setiap hari, jam, menit, bahkan detik. Ketika mencari jalan untuk meningkatkan performa, selalu optimasi target pasar sebelum mulai optimasi konten.

    Asal membuat iklan tanpa ada target yang jelas hanya membuang waktu. Memang Anda bisa membuat perubahan kapan saja Anda mau tapi tetap saja Anda akan membuang energi untuk mengatur ulang strategi hanya karena tidak adanya target yang pasti.

    Dalam kasus yang sama, dengan menciptakan video yang pemirsa Anda minati kemudian melapisinya dengan iklan kampanye adalah ide yang bagus. Dengan adanya kampanye iklan, Anda bisa mencoba berbagai target pemirsa dan parameter berbeda. Cara ini memudahkan Anda mengetahui pemirsa seperti apa yang paling menguntungkan.

    Berhubung iklan Youtube membebaskan Anda mencoba berbagai format, Anda bisa mencoba varian ragam video iklan. Sebagai contoh, mungkin iklan terbaik Anda sebelumnya berfokus pada pria, bisa jadi ini saatnya mencoba alternatif baru dimana iklan video Anda berfokus pada wanita.
     
  4. Simpan faktor metrik yang menentukan kesuksesan
    Dibanding bergantung pada jumlah penonton atau tingginya klik dalam evaluasi performa iklan, Anda harus berfokus pada performa pemasaran internet di Youtube. Anda jangan memperlakukan iklan Youtube dan iklan melalui mesin pencari sebagai satu kesatuan mengingat pemirsa Youtube sedikit unik.

    Pengguna tidak mampir ke Youtube untuk sekedar menonton iklan pada video dan segera klik ke web pengiklan untuk membeli sesuatu. Biasanya pengguna akan menyerap pesan dan jika memang cukup menarik mereka akan melakukan pencarian tambahan nantinya.

    Menurut Digital Marketing Agency terbaik iBiG, demi mengukur kesuksesan iklan Anda harus melihat jumlah penonton dan durasi tonton untuk memastikan pengguna memang menonton video Anda. Kemudian perhatikan earned actions atau apa yang dilakukan pengguna setelah menonton video Anda.

    Apakah pengguna nonton koleksi video Anda setelah menonton iklan? Apakah pengguna berlangganan, membagi atau menyukai video Anda? Apakah penggunaan memang menonton sampai akhir?

    Pertanyaan seperti itulah yang dapat menjawab video dan kampanye seperti apa yang memang menguntungkan Anda. Selain itu, Anda dapat membandingkan dampak iklan Youtube pada pengunjung web atau tingkat minat pencarian orang mengenai brand di Youtube. 

 

Iklan Youtube dan Manfaatnya untuk Performa SEO

Belakangan, Google and YouTube mulai berfokus untuk membuat sistem video yang langsung menunjukkan respon pemirsa. Hanya saja, perilaku dan tipe pemirsa yang tidak langsung mengambil aksi beli langsung sulit untuk diketahui.

Sulit memang jika pola pikir Anda akan susah untuk analisa video Youtube. Anda besar kemungkinan frustasi dan asumsi strategi iklan menggunakan konten video tidak akan pernah cocok untuk bisnis Anda. Bisa saja, konten video bisa memberikan kesuksesan, tapi tidak dengan cara yang Anda bayangkan.
Seperti yang Anda perkirakan, dalam menggunakan iklan Youtube untuk pemasaran membutuhkan pengalaman tangan pertama dibanding iklan SEM dan display, tapi waktu yang dihabiskan cenderung menghasilkan iklan dengan performa yang lebih baik. Memiliki strategi Youtube terstruktur dan terencana akan meningkatkan merek dan membantu Anda promosikan produk Anda.

Beberapa bisnis mungkin sangat diuntungkan dalam menggunakan Youtube Ads. Anda sebetulnya bisa saja sukses dalam menggunakan iklan Youtube hanya belum tahu cara dan tidak memiliki pengalaman. Inilah kenapa bekerja sama dengan digital marketing agency terbaik akan sangat membantu Anda mengatasi kebingungan dalam berkutat pada Youtube Ads.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *